Ladies, Ketahui Manfaat Air Beras untuk Rambut

Kamis, 11 April 2024 | 10:07:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ladies, Ketahui Manfaat Air Beras Untuk Rambut

Ilustrasi Air Beras. (Spesial)

Ladiestory.id - Air beras diketahui sudah banyak digunakan untuk kecantikan, bahkan telah menjadi budaya Asia.

Air beras adalah air hasil rebusan atau rendaman beras. Air beras banyak mengandung pati, serta nutrisi lainnya, yakni inositol, vitamin E, vitamin B, magnesium, serat, zinc, dan manganese.

Kandungan Air Beras yang Baik untuk Rambut

Ilustrasi Air Beras. (Spesial)

 

Tidak hanya untuk kecantikan kulit semata, vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam air beras juga dipercaya menjaga kesehatan rambut. Antara lainnya:

  • Vitamin E: Vitamin E kaya akan jenis antioksidan yang disebut tokotrienol. Telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang menderita alopecia, yaitu penyakit yang menyebabkan rambut rontok.
  • Magnesium: Magnesium adalah mineral utama yang penting untuk banyak fungsi tubuh Anda. Studi terhadap wanita dengan rambut menipis menemukan bahwa suplementasi magnesium oral meningkatkan pertumbuhan rambut mereka setelah 90 hingga 180 hari.
  • Vitamin B: Biotin adalah salah satu vitamin B yang paling erat hubungannya dengan pertumbuhan rambut. Kekurangan biotin dikaitkan dengan kerontokan rambut, karena biotin merupakan komponen penting dalam produksi keratin, yang penting dalam pertumbuhan rambut dan kuku yang sehat.
  • Zinc: Rambut rontok bisa menjadi efek samping dari kekurangan zinc. Ini penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut. Suplementasi seng efektif dalam mengurangi kerontokan rambut pada orang yang kekurangan zinc.

Apakah Air Beras Baik untuk Rambut?

Ilustrasi Air Beras. (Spesial)

 

Ada banyak bukti anekdotal bahwa air beras dapat membantu pertumbuhan rambut. Dilansir dari radiance by webMD, Masyarakat Huangluo, Tiongkok menggunakannya sebagai bagian dari perawatan rambut mereka, dan mereka juga memenangkan gelar Guinness Book of World Records sebagai ‘Desa dengan Rambut Terpanjang di Dunia’.

Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan air beras untuk pertumbuhan rambut. Meskipun mengandung banyak vitamin dan mineral yang berhubungan dengan kesehatan rambut, sebagian besar penelitian mengenai vitamin dan mineral tersebut dilakukan pada orang yang kekurangan vitamin dan mineral, bukan pada mereka yang kadarnya normal.

Selain itu, sebagian besar penelitian mengamati hasil dari mengonsumsi vitamin dan mineral melalui mulut, bukan mengaplikasikannya pada rambut.

Efek Samping Air Beras untuk Rambut

Ilustrasi Air Beras. (Spesial)

 

Air beras tidak memiliki risiko signifikan terkait penggunaannya, jadi aman untuk dicoba. Namun, beberapa orang harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencobanya. Ada pun yang perlu berkonsultasi terlebih dahulu adalah individu yang mengidap:

  • Eksim: Orang dengan eksim atau dermatitis atopik mengalami peradangan dan gatal-gatal karena kulit mereka tidak dapat mempertahankan lapisan kelembaban yang memadai. Meskipun kamu mungkin tidak mengalami masalah dalam menggunakan air beras jika kamu menderita eksim, sebaiknya uji area kecil terlebih dahulu atau bicarakan dengan dokter kulitmu.
  • Rambut rontok: Jika kamu mengalami rambut rontok yang sangat parah, sebaiknya jangan mencoba air beras sebagai pengobatan pertama. Bicarakan dengan dokter terlebih dahulu karena banyak penyebab rambut rontok telah menyetujui pengobatan yang efektif.