Lagu “Seven” dari Jungkook BTS Dituduh Plagiat, Ini Klarifikasi Agensi

Kamis, 24 Agustus 2023 | 01:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Lagu “Seven” Dari Jungkook Bts Dituduh Plagiat, Ini Klarifikasi Agensi

Jungkook. (Instagram/bts.bighitofficial)

Ladiestory.id - Lagu “Seven” dari Jungkook BTS dituduh plagiat lagu “Time of Mask” dari Fin.K.L yang diproduksi oleh Yang Joon-young dan dirilis pada tahun 2000 silam. Lagu “Time of Mask” dari Fin.K.L merupakan lagu B-Side dari album ‘SPECIAL’. Tuduhan ini pertama kali datang dari laporan media lokal Korea yang memberitakan hal tersebut.

Menanggapi tuduhan tersebut, BigHit Music selaku agensi yang menaungi BTS pun buka suara. Pihak agensi dengan tegas membantah tuduhan tersebut. Agensi menjelaskan bahwa lagu “Seven” dari Jungkook BTS sama sekali tidak melanggar hak cipta.

“Kami ingin memberitahu Anda bahwa klaim pelanggaran hak cipta terkait ‘Seven’ Jungkook, tidaklah benar,” kata BigHit Music, melansir Soompi, Selasa (22/8/2023).

BigHit Music menegaskan bahwa lagu “Seven” tersebut dibuat melalui kolaborasi dengan lima komposer asing, yakni ditulis oleh Andrew Watt, Jon Bellion, Henry Walter, Theron Makiel Thomas, dan Latto.

Seven - Jungkook BTS. (Special)

 

Agensi menjelaskan bahwa lagu “Seven” merupakan ciptaan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan lagu di album domestik dari 24 tahun lalu seperti yang telah dituduhkan oleh beberapa pihak.

"Itu adalah klaim sepihak yang tidak memenuhi kriteria apa pun seperti kesamaan substansial dan prinsip dalam menentukan plagiarisme," ujar BigHit Music.

Seperti diketahui, pemilik nama asli Jeon Jung-kook itu telah secara resmi merilis single barunya yang berjudul “Seven” pada 14 Juli 2023 lalu. Sejak perilisannya, lagu “Seven” telah memecahkan beberapa rekor baru dan berhasil menduduki banyak dari puncak tangga lalu termasuk di antaranya adalah Billboard, Spotify, Official Charts.

Bahkan hingga kini, lagu tersebut masih bertahan di peringkat pertama Billboard Global 200 selama lima minggu berturut-turut ini.