Lagu "Shape of You" Dituding Plagiat, Ed Sheeran Hadiri Sidang Plagiasi

Selasa, 8 Maret 2022 | 19:40:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Lagu "Shape Of You" Dituding Plagiat, Ed Sheeran Hadiri Sidang Plagiasi

Ed Sheeran (Instagram.com/teddysphotos)

Ladiestory.id - Musisi sekaligus penyanyi Ed Sheeran beberapa waktu lalu sempat menjadi pembicaraan publik. Dirinya menjadi pembicaraan usai digugat oleh seorang musisi mengenai pelanggaran hak cipta.

Lagu bertajuk "Shape of You" miliknya digugat oleh penulis lagu Sami Chokri dan Ross O’Donoghue meniru lagu bertajuk "Oh Why".

Kedua penulis lagu yang menggugat Ed Sheeran mengaku telah menulis lagu "Oh Why" terlebih dahulu tepatnya pada 2015 lalu sebelum lagu Ed dirilis.

Keduanya meminta Ed Sheeran mengganti kerugian yakni denda pelanggaran hak cipta serta royalti lain yang didapat dari lagu "Shape of You".

Ed Sheeran yang tak merasa meniru lagu tersebut pun hadir langsung sebagai saksi di pengadilan.  Tampak gagah, musisi 31 tahun tersebut tampil dengan setelan tuksedo hitam dan siap menjawab semua pertanyaan hakim di pengadilan.

Dalam sidang tersebut, Ed Sheeran membantah semua klaim tudingan pada dirinya soal mencuri hak cipta milik musisi lain. Menurut Ed Sheeran, tuntutan tersebut hanyalah dalih yang sengaja dibuat untuk memanfaatkan popularitasnya saja.

Hal itu senada dengan pernyataan kuasa hukum Ed Sheeran bahwa kliennya tak pernah mendengarkan lagu "Oh Why" milik Sami Chokri.

Sementara itu, saat ini Ed bukanlah satu-satunya musisi yang tengah dituding melanggar hak cipta. Dua penyanyi perempuan, yakni Dua Lipa dan Olivia Rodrigo, belum lama ini turut dikabarkan meniru karya milik orang lain.