Lakukan 7 Hal Ini pada Anak agar Tak Jadi Toxic Parent

Kamis, 15 September 2022 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Lakukan 7 Hal Ini Pada Anak Agar Tak Jadi Toxic Parent

Ilustrasi orang tua marah kepada anak. (Special)

Ladiestory.id - Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, tak terkecuali orang tua dan anak. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Tapi, dari kesalahan itu kamu bisa belajar tentang bagaimana menjadi orang tua yang penuh cinta, sehingga anak terhindari dari kerusakan secara psikologi yang mana membutuhkan pemulihan cukup lama.

Jika pernah memiliki pengalaman buruk dalam kontrol pengasuhan orang tua yang toxic, jadikan itu pelajaran hidup paling penting. Kamu bisa menata ulang pola pikirmu, lalu menjadikan hal itu sebagai panduan untuk menjadi orang tua yang bijaksana dalam merawat dan membesarkan anak.

Untuk membantumu terhindar dari toxic parent, sebaiknya cermati beberapa catatan berikut. Beberapa catatan ini bisa menjadi pengingat yang nyata untuk siapapun agar peduli pada kesehatan mental anak di masa yang akan datang.

Jangan Biarkan Ego Kuasai Dirimu

anak (Pinterest)

Jika bertengkar dengan anak, jangan biarkan ego menguasai diri terlepas apakah sebagai orang tua, kamu salah atau benar. Cobalah untuk mengingatkan diri sendiri tentang peran sebagai orang tua, karena membiarkan pertengkaran berlarut-larut hanya karena ingin menang. Hal itu tidak akan sehat untuk anak atau hubunganmu dengan mereka.

Berpikirlah sebelum Memberi Kritik

anak (Pinterest)

Banyak orang tua mengkritik anaknya karena mereka ingin dianggap sebagai orang tua terbaik, tanpa menyadari bagaimana perasaan anak terhadap dirinya sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu berpikir terlebih dahulu sebelum memberikan kritikan kepada anak, karena sebenarnya, anak menjadikan orang tua sebagai tempat belajar.

anak (Pinterest)

Salah satu kebiasaan dari banyak orang tua yang toxic adalah menuntut anak. Ketika mereka sedang kesal tentang sesuatu, ingatkan diri bahwa dalam hubungan dengan anak, orang tua bukanlah pusat perhatian. Anak juga tidak memiliki kedewasaan atau keterampilan untuk menjadikan orang tuanya sebagai pusat perhatian mereka.

Penuhi Hidupnya dengan Energi Positif

Mengajarkan anak magic word. (Special)

Membesarkan anak bisa sangat sulit dan terkadang membuat orang tua kehilangan kesabaran. Penting untuk memberi tahu anak bahwa orang tuanya menyesal. Ingatkan mereka bahwa mereka sangat dicintai. Jelaskan juga kepada mereka mengapa orang tuanya kehilangan kesabaran.

Berikan Contoh yang Baik untuk Anak

Mengajarkan anak magic word. (Special)

Pengalaman anak dimasa kecil membuatnya menjadi siapa mereka saat ini. Selama masa kanak-kanak, anak mampu menyerap segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya. Berikan pengalaman dan contoh yang baik untuk anak, agar kelak dirinya dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Jangan Rendahkan Harga Diri Anak

anak (Pinterest)

Pahamilah bahwa segala bentuk pelecehan dan kekerasan yang dilakukan pada anak merupakan racun yang dapat menghancurkan dirinya dan itu wajib kamu hentikan. Jangan sampai kamu membuat harga diri anak rendah atau memanipulasi pikirannya dengan tujuan untuk mengendalikan emosi anak.

Perlakukan Anak dengan Baik

anak (Pinterest)

Dengan segala pengalaman pengasuhan yang dialami anak, izinkan anak untuk mengingat dan mengenang orang tuanya sebagai orang yang sangat mencintai sang anak. Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan memeluk anak ketika ia sedih dan sendiri. Ucapkan juga kata-kata penyemangat dan penghibur agar dirinya tidak merasa sendiri.

s