Lalui Banyak Porses, Inilah Perjanalan Karier Lyodra Ginting

Rabu, 29 Desember 2021 | 15:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Lalui Banyak Porses, Inilah Perjanalan Karier Lyodra Ginting

Lyodra Ginting. Instagram.com/Lyodraofficial

Ladiestory.id - Lyodra Margaretha Ginting atau akrab disapa Lyodra merupakan seorang penyanyi muda kebanggaan Indonesia. Dirinya adalah pemenang kompetisi tarik suara bergengsi yakni Indonesian Idol ke-10.

Perjanalan Karier Lyodra Ginting

Pelantun "Pesan Terakhir" itu tidak meraih karier secara instan. Justru sebuah proses terjadi dalam karier Lyodra. Terbukti bahkan popularitas seorang Lyodra Ginting semakin melambung kian tahunnya.

1. Kecil-Kecil Cabe Rawit

perjalanan karier Lyodra. (Special)

Sejatinya perjalanan karier Lyodra telah dimulai sejak dirinya duduk di bangku SD. Sebab Lyodra Ginting telah menuai banyak prestasi meski usianya masih belia.

Ketika kelas 4 SD sewaktu berumur 10 tahun, Lyodra mengikuti lomba Porseni antar SD di Medan. Waktu itu, dirinya sudah mendapat juara pertama.

Selain itu, Lyodra juga pernah mengikuti kompetisi suara anak Indonesia yang diadakan oleh salah satu perusakaan. Dirinya kembali berhasil menyabet juara untuk tingkat kota dan mewakili maju ke tinkat nasional. Meski tidak mendapat juara satu, namun setidaknya Lyodra mendapatkan juara harapan 1.

"Sampai 2013 ya lomba di Kota Medan, Kirana. Dia juara 1 di Medan dan mewakili di tingkat nasional di Jakarta. Dan di Jakarta juara harapan 1. Itu ajang terbesar pencapaian di 2013," kata Ibu Lyodra dilansir dari berbagai sumber.

2. Peserta IMB

perjalanan karier Lyodra. (Special)

 

Nama Lyodra mulai diketahui masyarakat sewaktu dirinya mengikuti ajang pencarian bakat yakni IMB atau Indonesia Mencari Bakat tahun 2014. Kala itu, Lyodra tidak keluar sebagai juara.

Dirinya harus tereliminasi pada babak 6 besar. Namun siapa sangka, suara indahnya membuat Lyodra dikontrak oleh label rekaman Gut Records di bawah naungan musisi Erwin Gutawa.

Di Gut Records, Lyodra Ginting bergabung dengan sebuah proyek yang bernama bernama 'Di Atas Rata-Rata'. Proyek Di Atas Rata-Rata adalah sebuah proyek Gita Gutawa dan Erwin Gutawa untuk mengembangkan anak-anak yang memiliki bakat menyanyi.

Kala itu, Lyodra adalah salah satu anak yang menjadi generasi kedua yang tergabung Di Atas Rata-Rata generasi kedua. Lyodra bersama keenam personil lainnya menggelar konser Di Atas Rata-Rata dengan tajuk "Di Atas Rata-Rata 2: Bikin Konser".

3. Juarai Kompetisi Internasional Italia

perjalanan karier Lyodra. (Special)

 

Usai tergabung dalam proyek Gita Gutawa, perjalanan karier Lyodra tidak terhenti sampai disitu. Pada tahun 2017, Lyodra Ginting mengikkuti ajang Festival Sanremo Junior di Italia.

Kala itu, dirinya membawakan lagu berjudul "Dear Dream" dari Gita Gutawa. Menyanyika lagu ini, Lyodra Ginting berhasil membawa pulang juara pertama dan mampu mengalahkan 22 peserta dari 18 negara.

Berkat kompetisi ini, perjalanan karier Lyodra semakin memuncak. Terbukti dengan usianya yang masih dini, dirinya mampu memenangkan AMI Awards kategori Artis Solo Perempuan Anak-Anak Terbaik 2017.

4. Juara Indonesian Idol 2020

perjalanan karier Lyodra. (Special)

 

Bisa dikatakan, Indonesian Idol 2020 yang menjadi puncak perjalanan karier Lyodra. Sebab dirinya berhasil menjadi juara pertama dan mengalahkan Tiara Anugrah di ajang salah satu bergengsi di Indonesia.

Bahkan Lyodra Ginting dinobatkan sebagai juara termuda. Sebab ketika menang masih berusia 16 tahun 8 bulan 15 hari.

5. Memenangkan Best Album of The Year

perjalanan karier Lyodra. (Special)

 

Meski usianya masih muda, namun perjalanan karier Lyodra terus meningkat. Terakhir pada 2021, Lyodra Ginting menyabet penghargaan bergengsi di Indonesian Music Award 2021. Dirinya berhasil memenangkan kategori Best ALbum of The Year.