Tak Perlu Repot, 6 Langkah Detox Wajah di Rumah agar Kulit Sehat

Rabu, 15 Desember 2021 | 07:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Tak Perlu Repot, 6 Langkah Detox Wajah Di Rumah Agar Kulit Sehat

Ilustrasi perawatan wajah. (Spesial)

Ladiestory.id - Pernahkah Kamu mendambakan punya kulit wajah yang sehat, halus dan glowing? Meski sibuk beraktivitas seharian di dalam atau di luar rumah, Kamu harus tetap menyempatkan diri untuk menjaga dan merawat kulit wajah agar tetap sehat.

6 Langkah Detox Wajah di Rumah

Perawatan wajah tak harus selalu mahal, Kamu bisa melakukan detox wajah di rumah dengan bahan yang ada. Detox wajah berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengangkat kotoran di kulit wajah. Berikut beberapa cara detox wajah yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Cara wajib pertama yang harus Kamu lakukan agar mendapatkkan kulit yang sehat serta glowing adalah dengan membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari. Sebaiknya Kamu mencuci wajah setiap pagi dan malam menjelang tidur. Kebiasaan rutin mencuci wajah harus dilakukan secara teratur agar mendapatkan hasil yang lebih optimal. Jangan lupa untuk menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

2. Gunakan Pelembap dan Serum secara Teratur

Setelah membersihkan wajah dengan facial foam yang sesuai dengan jenis kulit, Kamu juga harus menggunakan pelembap dan serum secara teratur. Penggunaan pelembap dan serum berfungsi untuk membuat wajah terhidrasi. Gunakan pelembap setiap pagi dan malam hari menjelang tidur. Selain pelembap dan serum, Kamu juga bisa menggunakan face oil agar kulit lebih halus dan lembut.

3. Lakukan Facial

Ilustrasi memakai masker buah. (Spesial)

Facial tidak harus dilakukan di salon ternama, di rumah kamu juga bisa melakukan facial. Selain bisa menghemat bujet, facial juga bermanfaat untuk kulit wajahmu. Sebelum melakukan facial di rumah, Kamu bisa melakukan scrubbing pada wajahmu lebih dulu dengan face scrub yang dijual di toko kecantikan atau supermarket. Hal ini bertujuan agar sel-sel kulit mati di wajah bisa terangkat dan pori-pori kulit bisa bernapas dengan baik.

Setelah proses scrubbing selesai, Kamu bisa membersihkan bekas-bekas komedo menggunakan pore pack. Namun, di area wajah tertentu Kamu perlu menggunakan alat khusus untuk mencabut komedo.

Tahapan terakhir setelah selesai membersihkan komedo, Kamu bisa menggunakan masker wajah. Fungsi utama penggunaan masker wajah adalah membersihkan kulit dari debu dan kotoran, melancarkan sirkulasi peredaran di kulit wajah, melembapkan dan menyegarkan kulit, serta membuat kulit tampak lebih cerah dan lembut. Kamu bisa menggunakan masker dengan bahan alami yang ada di rumah, misalkan masker buah-buahan.

4. Steam Wajah

Cara lain untuk mendetoks kulit adalah dengan melakukan steam wajah secara teratur. Steam wajah berfungsi untuk mengeluarkan racun dari dalam kulit serta membuka pori-pori wajah. Steam wajah juga bisa dilakukan di rumah dengan cara sederhana. Kamu hanya perlu mencelupkan kain atau handuk bersih ke dalam air hangat kemudian menempelkannya pada wajah. Tunggu beberapa saat, lalu angkat dan keringkan handuk.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Ilustrasi minum air putih. (Ladiestory.id)

Mengonsumsi air putih ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam, lo. Meminum 8 gelas air, atau setara dengan dua liter air putih berfungsi untuk mencegah hilangnya cairan tubuh. Selain itu, sebaiknya Kamu hindari minuman yang mengandung gula dan kafein yang tinggi.

6. Konsumsi Makanan yang Sehat

Ilustrasi makanan sehat. (Spesial)

Pola makanan yang sehat menjadi salah satu kunci agar kulit tetap terjaga kesehatannya. Mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin sangat dianjurkan untuk Kamu yang ingin memiliki wajah yang lembut, sehat dan cerah. Hindari makanan yang berminyak serta makanan yang mengandung tinggi gula, garam dan lemak.