Lash Lift Bahayakah? Ini Dia Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Bahan Alami

Selasa, 22 Februari 2022 | 21:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Lash Lift Bahayakah? Ini Dia Cara Memanjangkan Bulu Mata Dengan Bahan Alami

Lash Lift (Special)

Ladiestory.id - Ternyata selain lash extension, ada istilah yang hampir sama untuk memanjangkan bulu mata, yakni dengan cara lash lift. Lash lift merupakan cara yang biasa orang gunakan untuk membuat bulu mata lentik dan tampak tebal.

Perawatan kecantikan ini dibuat menggunakan bahan alami. Lalu, bagaimana proses penggunaannya? Adakah bahayanya untuk kesehatan? Yuk, simak pembahasannya dibawah ini.

Bagaimana cara proses pemasangan lash lift?

Lash Lift (Special)

Lash lift tidak bisa dilakukan dengan sembarang orang, melainkan hanya tenaga ahli yang sudah terlatih di klinik atau pusat kecantikan yang boleh melakukannya. Cara penggunaan lash lift dilakukan dengan kandungan keratin yang dioleskan pada bulu mata bagian atas.

Pertama, wajah harus dalam keadaan bersih tanpa ada make up yang menempel. Biasanya make up bisa saja menggumpal di bagian bulu mata, maka dari itu, bersihkan wajah agar bula mata siap untuk dilakukan lash lift.

Selanjutnya, pada bagian kelopak mata akan ditempelkan silikon perekat yang tebal. Lalu, bulu mata akan disisir perlahan agar terpisah dan tidak menggumpal. Selain itu, proses menyisir bulu mata ini juga bertujuan untuk mengangkat bulu mata menempel ke bagian atas mata yang telah diberi silikon perekat. Barulah bulu mata diolesi dengan krim khusus yang mengandung bahan keratin.

Tak sampai disitu, bulu mata juga diolesi dengan maskara khusus untuk membuatnya tampak hitam, tebal, dan bervolume. Sama halnya seperti eyelash extension, ada beberapa pilihan jenis kelentikan yang bisa Anda pilih. Biasannya ada yang dengan ukuran small, medium, large, atau super large.

Untuk proses menempelkan dan mendiamkan bulu mata akan berjalan selama 30 sampai 40 menit pada tiap satu mata. Selama proses pengerjaan ini, mata harus berada dalam kondisi tertutup rapat. Hal ini dilakukan untuk menghindari krim pelentik masuk dan mengiritasi mata.

Setelah didiamkan dan ditempelkan, bulu mata akan dioleskan krim untuk melepaskannya dari silikon. Hasil akhir dari lash lift bisa membuat bulu mata Anda akan terlihat lebih lentik dan bervolume. Lash lift bisa bertahan sekitar 6-8 minggu.

Apakah menggunakan lash lift aman?

Ahli bedah oculoplastic di Wills Eye Hospital di Amerika Serikat mengatakan bahwa karena kamu menggunakan bahan kimia untuk proses lash lift mata, pasti ada kemungkinan risiko alergi. Ini karena pada dasarnya kulit setiap orang akan bereaksi secara berbeda-beda.

Kamu pun juga rentan terhadap pengembangan risiko dermatitis (kondisi kulit yang menyebabkan kemerahan, bengkak, dan bahkan lecet) dan peradangan, terutama jika keratin masuk ke mata atau di kulit di sekitarnya. Para ahli belum bisa menentukan apakah krim pelentik ini aman 100 persen atau tidak. Hal ini dijelaskan oleh seorang dokter optometri di The Ohio State University College of Optometry.

Jika kamu tidak bisa menggunakan cara-cara seperti itu, kamu bisa coba cara melentikkan dan memanjangkan bulu mata alami seperti berikut ini.

Memakai minyak zaitun

Ilustrasi Minyak Kamelia. (Special)

Oleskan beberapa tetes minyak zaitun langsung di pangkal bulu mata setiap malam  atau teteskan minyak zaitun ke kapas atau cotton bud dan tepuk-tepuk lembut pada bulu mata Anda. Biarkan selama lima menit  dan bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap malam selama empat minggu.

Memakai teh hijau

Ilustrasi teh hijau. (Special)

Teh hijau memiliki kandungan kafein yang dapat mempercepat pertumbuhan bulu mata. Kamu bisa seduh teh hijau dan biarkan mendingin. Kemudian usapkan teh hijau langsung pada bulu mata kamu dengan kapas atau cotton bud.

Pakai lidah buaya

Foto: Kupastuntas

Lidah buaya dikenal dapat membuat rambut menjadi tebal, tidak terkecuali bulu mata. Selain tebal, vitamin dalam lidah buaya juga menjadikan bulu mata kuat. Hanya dengan membuat lidah buaya menjadi gel dan mengoleskannya ke bulu mata akan membuat bulu mata menjadi lebih panjang. Lakukan rutin sebelum tidur.