Lawan Penyakit Gula, Hindari 5 Penyebab Diabetes Tipe 2 yang Tanpa Sadar Telah Menjadi Rutinitas

Senin, 18 November 2019 | 07:34:18

LS Health

Penulis : LS Health

Lawan Penyakit Gula, Hindari 5 Penyebab Diabetes Tipe 2 yang Tanpa Sadar Telah Menjadi Rutinitas

Menurut catatan yang diterbitkan Kementerian Kesehatan, Indonesia menduduki posisi ke 7 untuk prevalensi penderita diabetes tertinggi di dunia tahun 2015, dengan estimasi orang dengan diabetes sebanyak 10 juta jiwa. Angka tersebut patutnya menjadi warning untuk kita agar lebih meningkatkan kesadaran terhadap perilaku dan gaya hidup, supaya kita tidak turut menderita penyakit yang bisa menyebabkan kematian itu, Ladies. Upaya untuk melawan penyakit ini juga dilakukan dunia dengan menjadikan tanggal 14 November sebagai peringatan Hari Diabetes Sedunia tiap tahunnya. Seperti yang kita tahu, diabetes adalah penyakit dengan risiko komplikasi kebutaan, gagal ginjal, amputasi, serangan jantung, stroke, dan yang paling parah adalah kematian. Ternyata, penyakit ini juga tidak hanya memiliki faktor risiko obesitas dan riwayat keluarga saja, tetapi gaya hidup yang buruk dan menjadi kebiasaan juga menjadi faktor munculnya penyakit ini di dalam tubuh kita. Berikut 5 penyebab diabetes tipe 2 yang tanpa sadar telah menjadi rutinitas kita sehari-hari.

1. Terbiasa mengonsumsi minuman manis

Terbiasa mengonsumsi minuman manis
sumber: freepik.com

 

Jika kamu terbiasa mengonsumsi minuman manis yang apalagi buatan pabrik alias tidak dibuat sendiri di rumah, seperti soda, es teh manis, dan minuman kemasan rasa buah, sebaiknya kamu harus mulai menghentikan kebiasaanmu ini, Ladies. Sebab, semua minuman tersebut adalah sekadar minuman gula tanpa gizi yang tentu tidak baik jika dikonsumsi oleh tubuh. Selanjutnya, gantilah minuman-minuman manis itu dengan air putih, susu rendah lemak, 100 persen jus buah tanpa gula, dan kopi tanpa gula. Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi kopi, baik yang berkafein maupun yang tidak, dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

2. Terlalu sering tidur larut malam

Terlalu sering begadang
sumber: freepik.com

 

Rutinitas begadang atau tidur larut malam akan mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuhmu, Ladies. Hal itu tentu dapat memicu munculnya beragam penyakit yang akan menyerang tubuh, salah satunya adalah penyakit diabetes. Sebuah studi di Korea yang ditemukan oleh Nan Hee Kim, MD, yang dilansir dari situs The Healthy menyebutkan, bahwa orang yang begadang hingga dini hari akan mendapat risiko diabetes lebih besar ketimbang mereka yang tidur lebih awal. Jika kondisi tersebut dipicu oleh kebiasaan kita yang gemar menatap layar ponsel atau televisi menjelang tidur, maka kita akan terpapar cahaya buatan dari layar yang menyebabkan sensitivitas insulin menjadi rendah, serta memperburuk regulasi gula darah di dalam tubuh dan menyebabkan timbulnya penyakit diabetes.

3. Membiarkan depresi dan stres terjadi tanpa berupaya menyembuhkannya

Membiarkan depresi
sumber: freepik.com

 

Ketika depresi menyerang, biasanya kita akan malas melakukan aktivitas fisik, apalagi berolahraga. Kita juga akan mempermudah segala urusan dan menggantinya dengan yang serba instan. Misalnya saja, memilih untuk makan junk food atau makanan siap saji yang bisa dipesan dan diantar dengan menggunakan aplikasi online. Tentu, perilaku tersebut membuat kita kehilangan aktivitas fisik yang seharusnya dilakukan agar terbebas dari risiko diabetes. Tak cuma depresi, stres yang tak kunjung reda juga menjadi penyebab munculnya penyakit mematikan ini. Seorang psikolog Dr. Deborah Serani, PsyD, mengatakan, “Stres bisa meningkatkan kadar gula darah, detak jantung, tekanan darah, dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.” Sebab itu, yuk kita hindari stres, Ladies!

4. Melewatkan sarapan setiap hari

Melewatkan sarapan
sumber: freepik.com

 

Sarapan adalah rutinitas penting yang sebaiknya kamu lakukan mulai dari sekarang. Salah seorang pendidik diabetes di Cleveland Clinic Diabetes Center, Ellen Calogeras, RD, LD, CDE, menyatakan bahwa menghindari makan pagi akan menjadi bumerang untuk kita, sebab dapat memicu munculnya diabetes tipe 2 di dalam tubuh. Ketika kita melewatkan sarapan dan memilih untuk tidak mengonsumsi apapun hingga waktu makan siang tiba, tubuh akan merasakan kelaparan hebat yang tentu dapat memicu reaksi berantai dan dapat mengganggu kadar insulin serta kadar gula darah di dalam tubuh. Sebab itu, luangkanlah waktu sebisa mungkin untuk sarapan ya, Ladies, dengan mengonsumsi makanan ringan yang menyehatkan, seperti telur, buah segar, yogurt, dan roti gandum.

5. Terlalu sering menghabiskan waktu untuk duduk dan menonton televisi saja

Terlalu sering menonton tv
Caption

 

Kebiasaan duduk dan hanya menonton televisi juga dapat menyebabkan hadirnya penyakit diabetes dalam tubuh kita lho, Ladies. Sebuah studi dari University of Pittsburgh menemukan, bahwa setiap jam yang kita habiskan hanya untuk menonton televisi tanpa melakukan aktivitas apapun akan meningkatkan risiko diabetes sebanyak 3,4 persen. Eric Sternlicht, PhD, seorang profesor kinesiologi dari Chapman University mengatakan, “Terlalu banyak duduk dapat menyebabkan penyimpanan lemak visceral, yang dapat meningkatkan lingkar pinggang,”. Artinya, berat perut yang lebih besar dapat menaikkan risiko terkena diabetes karena mengurangi sensitivitas insulin di dalam tubuh.

Diabetes adalah salah satu penyakit yang dapat memaksa penderitanya minum obat seumur hidup atau menggantungkan hidup pada suntikan insulin di setiap harinya, jika tidak menghindari segala pantangannya. Kamu tentu tidak mau kan, kalau harus menderita penyakit yang bisa mematikan ini? Yuk, kita mulai gaya hidup sehat!

Berita Terkait