Liburan Anti Ribet, Ini 5 Alasan Lakukan Konsep Minimalist Traveling

Sabtu, 24 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Liburan Anti Ribet, Ini 5 Alasan Lakukan Konsep Minimalist Traveling

Ilustrasi traveling ke luar negeri ( youmatter )

Ladiestory.id - Liburan menjadi tujuan utama bagi seseorang untuk menyegarkan pikiran dan membuat tubuh menjadi rileks setelah menjalankan padatnya aktivitas sehari-hari. Tak hanya solo traveling, liburan bersama keluarga pun akan memberikan suasana yang seru dan menyenangkan apabila sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari.

Agar suasana liburan dapat terhindar dari rasa stres, maka kamu dapat mencoba konsep minimalist traveling, yaitu untuk menyiapkan agenda liburan dengan cukup membawa barang-barang seminimal mungkin serta mencegahmu untuk tidak ribet dan lebih mengutamakan makna dari liburan yang kamu jalani. Berikut lima alasan untuk kamu perlu mencoba minimalist traveling.

Anti Repot

Ilustrasi traveling. (Special)

Tujuan utama melakukan minimalist traveling ialah supaya perjalanan liburan menjadi sederhana, simple, dan mudah tanpa repot membawa banyak barang yang tidak sepenuhnya dibutuhkan. Dengan tidak membawa barang terlalu banyak saat liburan, maka kamu akan merasa lebih nyaman dan leluasa. Apalagi bagi kamu yang memiliki banyak list destinasi tujuan, kamu tak perlu menggotong koper dan banyak barang saat liburan.

Lebih Efisien

Ilustrasi melakukan traveling. (Special)

Memiliki tujuan liburan ke berbagai tempat tentunya akan membuatmu merencanakan tempat penginapan, akomodasi, anggaran, hingga barang-barang yang perlu dipersiapkan untuk beberapa waktu ke depan. Walaupun hal ini sangat penting agar membuat liburan menjadi lebih terencana, namun kamu tidak perlu terlalu pusing untuk mempersiapkannya.

Dengan mempersiapkan minimalist traveling, kamu akan dibuat lebih simpel dan mudah untuk mengatur segalanya, misalnya dengan membuat liburanmu menjadi seminimal mungkin mulai dari mempersiapkan barang, anggaran hingga penginapan. Hal ini pun tentunya akan membuatmu lebih hemat dan efisien.

Berkreasi dengan Barang Multifungsi

Ilustrasi packing pakaian. (special)

Jika kamu ingin menikmati liburan yang seru dan menyenangkan, tentunya kamu tidak ingin melupakan kebutuhan apapun, bukan? Jika kamu terlalu membawa banyak barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, hal ini akan membuatmu menjadi repot. Usahakan untuk membawa barang seperlunya saja saat liburan.

Pilihlah barang-barang multifungsi agar kamu bisa menggunakannya berkali-kali. Misalnya, cukup bawa outfit yang bisa digunakan beberapa kali ataupun bisa dijadikan sebagai aksesori penunjang agar foto liburanmu tetap maksimal. Bawa skincare multifungsi seperlunya dan tidak perlu terlalu banyak.

Hemat Biaya

Ilustrasi uang. (Special)

Minimalist traveling juga mengajarkan untuk dapat mengelola keuangan seminimal mungkin. Saat hendak merencanakan liburan, kamu bisa menentukan jumlah hari dan akomodasi penginapan yang sesuai dengan anggaran keuangan liburanmu.

Tidak perlu menginap di hotel mewah untuk beristirahat, kamu bisa mencari hotel atau penginapan dengan harga miring untuk meminimalkan keuangan agar lebih hemat. Tujuan dari liburan itu sendiri adalah untuk membuat mood dan pikiran menjadi tenang bukan hanya untuk sekedar pamer di media sosial.

Lebih Fokus

Ilustrasi traveling. (Special)

Minimalist traveling juga akan mengajarkanmu untuk lebih fokus mempersiapkan kebutuhan apa saja yang perlu kamu bawa saat liburanmu nantinya. Tak perlu menyiapkan sesuatu yang besar, kamu akan lebih fokus untuk menerapkan hal-hal sederhana yang tidak membuatmu kewalahan saat berlibur.

Dengan demikian, kamu akan lebih fokus untuk mencari pengalaman dibandingkan dengan gengsi dan mengalihkan pikiran yang melelahkan salah satunya karena terlalu banyak membawa barang bawaan.

Nah, Ladies itulah lima alasan yang bisa kamu coba untuk menerapkan konsep minimalist traveling. Bagi kamu yang ingin menikmati suasana berlibur yang nyaman, kamu juga bisa mencoba konsep liburan simpel tersebut.