Patahkan Kutukan 7 Tahun, Begini Lika-liku Karier TWICE

Jumat, 15 Juli 2022 | 10:00:00

Patahkan Kutukan 7 Tahun, Begini Lika-Liku Karier Twice

Foto member Twice. (Spesial)

Ladiestory.id - Jika kamu seorang penggemar K-Pop, pasti sudah nggak asing dengan istilah 'Kutukan 7 Tahun'. Istilah  ini biasanya diberikan kepada grup K-Pop yang tidak bisa bertahan di waktu tersebut. Entah karena bubar atau kehilangan beberapa anggotanya.

Tahun 2022 adalah masanya bagi beberapa grup K-Pop generasi 3  mencapai usia 7 tahun. Beberapa grup seperti CLC, Gfriend, dan April mengumumkan pembubaran mendekati tahun ketujuh mereka. Lalu ada Oh My Girl yang mengumumkan salah satu anggotanya yaitu Jiho, memutuskan keluar dari grup.

Meskipun demikian ada beberapa grup seperti Seventeen, BTS, Red Velvet, dan Mamamoo yang berhasil melewati 'Kutukan 7 Tahun', dengan personil yang lengkap. 

TWICE menjadi grup K-Pop lainnya yang berhasil melewati ‘Kutukan 7 Tahun’. Melansir dari Soompi, Selasa (12/07/2022), seorang perwakilan dari JYP Entertainment menyebutkan bahwa seluruh member Twice memperbarui kontrak mereka.

Potret member Twice. (Spesial)

Untuk mencapai pada titik ini, tentunya sudah banyak hal yang dilalui oleh TWICE. Bahkan sejak awal debut perjalan karier mereka tidaklah mulus

Tahun 2014 JYP Entertainment memang sudah memiliki rencana untuk mendebutkan girlband baru. Beberapa trainee dirumorkan akan mengisi posisi dalam grup yang bernama 6MIX. Namun akhirnya pada Februari 2015 Park Jin-young, pendiri JYP mengumumkan bahwa susunan grup ditentukan melalui program survival bernama SIXTEEN yang ditayangkan oleh Mnet dan diisi oleh 16 trainee JYP. 

Potret trainee yang mengikuti survival SIXTEEN. (Spesial)

Pada episode terakhir terpilih 7 anggota debut yaitu Nayeon, Jeongyeon, Jihyo, Sana, Mina, Dahyun dan Chaeyoung. Lalu secara mengejutkan JYP menambahkan 2 member yaitu Tzuyu dan Momo, yang sebelumnya sudah tereliminasi. Pemilihan 2 member ini sempat menjadi kontroversi.

Akhirnya Twice debut di tahun 2015 yang ditandai dengan merilis album ‘The Story Begins’ dengan lagu ‘Like OHH-AHH’ sebagai lagu utama. Lagu debut TWICE ini berhasil ditonton hingga 50 juta kali di Youtube, dan mendapat predikat sebagai MV debut paling banyak ditonton menggeser popularitas 2NE1 dengan MV-nya “Fire” pada saat itu. 

Twice debut dengan lagu 'Like OHH-AHH'. (Spesial)

Kesuksesan Twice terus berlanjut pada 2015. TWICE mendapatkan nominasi sebagai kategori Artist of the Year dan Best New Female Artist dalam acara Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2015. Akhirnya TWICE berhasil menyabet penghargaan sebagai Best New Female Artist di usia debut yang baru 2 bulan.

Tahun 2016 TWICE kembali merilis album yang bertajuk Page Two dengan lagu utama ‘Cheer Up’. TWICE kembali meraih kesuksesannya dengan musik video ‘Cheer Up’ menjadi lagu dengan jumlah penonton terbanyak dan berhasil menduduki peringkat 1 di Gaon Digital Chart, serta peringkat 3 di Billboard World Digital Songs Chart. TWICE juga mendapatkan first win mereka melalui program musik Mnet M!Countdown.

Dalam salah satu wawancara TWICE dengan "Cosmopolitan" beberapa waktu lalu, Jihyo mengungkapkan bahwa kemenangan pertama TWICE di acara musik adalah salah satu momen yang berkesan.

Pada momen bersejarah itu salah satu anggota sedang sakit dan dilarikan ke ruang gawat darurat. Saat itu merupakan masa sulit bagi para anggota. Meskipun mereka menangis setiap hari, para anggota terus saling menghibur disamping perjuangan mereka. Jihyo menyebutkan bahwa bagi dirinya dan anggota lain, piala tersebut adalah harapan bagi masa depan mereka.

Terbukti, harapan yang disimpan TWICE itu menjadi kenyataan. Sejak debut hingga sekarang, TWICE sudah menjual lebih dari 10 juta album. Selain itu grup jebolan survival SIXTEEN ini, menjadi grup K-Pop pertama yang mengadakan tur dome Jepang. Dan menjadi grup wanita pertama yang video musiknya melampaui 100 juta penayangan di Youtube. 

Menjelang pembaruan kontrak, banyak rumor tentang TWICE yang beredar. Salah satunya dari media Taiwan, CTWANT menyebutkan di awal tahun lalu, bahwa TWICE memang akan memperpanjang kontrak mereka. Namun hanya lima tahun, dan Tzuyu-anggota yang berasal dari Taiwan, disebutkan hanya memperpanjang kontrak selama tiga tahun saja. 

Keputusan ini diambil Tzuyu lantaran dia ingin mengembangkan karier solonya. Seperti yang telah lama diketahui, anggota termuda TWICE itu sangat populer di Taiwan. Bahkan kepopulerannya lebih besar dibandingkan di Korea. 

Pada awal tahun ini, TWICE sukses menggelar konser stadion pertama mereka di Amerika Serikat untuk tur dunia keempat mereka, "III". Bulan lalu, Nayeon menjadi anggota TWICE pertama yang melakukan debut solonya melalui perilisan mini albumnya “IM NAYEON,” dengan lagu andalan "POP!". Album anggota tertua Twice ini mendapatkan respon yang baik. Terlihat dari prestasi yang diraihnya dengan mencapai peringkat 5 Billboard Artist 100. Membuat Nayeon menjadi penyanyi solo K-Pop perempuan pertama yang mendapatkan prestasi tersebut sepanjang sejarah.