L’Oreal Ciptakan Aplikator Makeup untuk Penyandang Disabilitas

Selasa, 10 Januari 2023 | 14:20:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

L’oreal Ciptakan Aplikator Makeup Untuk Penyandang Disabilitas

Hapta, Aplikator Makeup untuk Penyandang Disabilitas. (Special)

Ladiestory.id - Brand L’Oreal baru-baru ini meluncurkan sebuah gawai kecantikan yang berfungsi sebagai aplikator makeup. Alat ini dikhususkan bagi para penyandang disabilitas. Produk yang diberi nama Hapta itu diluncurkan di Las Vegas, Amerika Serikat pada acara teknologi CES yang digelar baru-baru ini. 

Produk tersebut dirancang dengan bentuk ramping yang menggunakan sensor gerak dan terdapat lempengan magnet yang berfungsi untuk menempelkan makeup. Alat tersebut bergerak dengan gerakan fleksi dan dapat berputar 360 derajat dan 180 derajat.

Hapta, Aplikator Makeup untuk Penyandang Disabilitas. (Special)

L’Oreal berinisiatif menciptakan alat tersebut karena dorongan dari dunia industri kosmetik untuk mengembangkan produk yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas. 

"Teknologi kecantikan merevolusi cara kami dalam mengembangkan produk dan layanan kecantikan dan memungkinan personalisasi lebih jauh lagi,” ungkap Françoise Lehmann, presiden merek global Lancôme, dikutip dari berbagai sumber, Selasa (10/1/2023).

“Dengan Hapta, kami melangkah lebih jauh dengan membuat kecantikan lebih mudah diakses karena semua orang harus memiliki akses yang sama," sambungnya. 

Hapta, Aplikator Makeup untuk Penyandang Disabilitas. (Special)

Upaya yang dilakukan L’Oreal sebagian besar berfokus pada pembuatan produk yang ergonomis, seperti kuas makeup yang bisa ditekuk dan lebih mudah digenggam, serta pelembap yang mudah dibuka bagi mereka penyandang disabilitas.

Melansir berbagai sumber, alat tersebut diperuntukkan untuk 50 juta orang di seluruh dunia yang memiliki keterbatasan dalam keterampilan motorik, termasuk bagi mereka yang menderita kelumpuhan otak atau menderita penyakit stroke.

Alat kecantikan tersebut akan diujicobakan dengan aplikator lipstik dari L’Oreal dan Lancome yang diluncurkan pada akhir tahun ini.

Hapta, Aplikator Makeup untuk Penyandang Disabilitas. (Special)

L’Oreal menerima bantuan dari Verily, anak perusahaan Google, yang berspesialisasi dalam ilmu kehidupan untuk mengembangkan alat tersebut. 

Verily sebelumnya telah menciptakan berbagai macam teknologi futuristik, di antaranya sepatu pintar yang dapat mendeteksi jatuh, serta lensa kontak yang dapat memeriksa kadar glukosa darah bagi penderita diabetes. Menggunakan teknologi dari Verily, Hapta dirancang untuk dapat menstabilkan peralatan makeup baru difabel.