Macam-Macam Pola Dasar Baju Wanita dan Tips Membuatnya

Senin, 28 Juni 2021 | 15:01:48

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Macam-Macam Pola Dasar Baju Wanita Dan Tips Membuatnya

Foto: Ladiestory.id

Menjahit baju sendiri mungkin tergolong kegiatan yang sulit bagi pemula. Pasalnya, menjahit membutuhkan keterampilan, ketelitian, dan kesabaran. Belum lagi, para penjahit harus membuat pola dasar terlebih dahulu sebelum memulai menjahit.

Bagi sebagian orang mendengar pola dasar baju terdengar sukar dan rumit. Di tambah pula banyak model baju yang beredar dipasaran, khususnya model baju wanita. Nah, berikut ini macam-macam pola dasar baju wanita yang perlu diketahui.

Macam-Macam Pola Dasar Baju Wanita

Foto: Ladistory.id

Tren fashion baju wanita mengalami banyak perkembangan dari waktu ke waktu. Jenis dan model baju wanita pun beragam. Mulai dari kemeja, celana, rok, gaun, jumpsuit, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, pola dasar baju dibagi menjadi beberapa bagian, yakni pola dasar atas, pola dasar bawah, pola dasar, lengan, dan pola dasar atas dan bawah. Pola-pola tersebut ditentukan dengan model baju yang akan dibuat.

Agar lebih mudah dipahami, berikut ini penjelasan tentang macam-macam pola dasar baju wanita.

1. Pola dasar atas

Sama seperti namanya, pola dasar ini diperuntukkan untuk membuat atasan baju wanita, seperti kemeja, kaos, blouse, dan berbagai jenis atasan lain. Ukuran yang digunakan untuk membuat pola ini berfokus pada ukuran dari bahu hingga pinggang. Pola ini memiliki dua bagian, yakni pola dasar atas bagian depan dan bagian belakang.

2.  Pola dasar bawah

Berbeda dengan pola dasar atas, pola dasar bawah digunakan untuk membuat bawahan wanita, seperti celana ataupun rok. Sama seperti pola dasar atas, pola dasar bawah juga terdiri atas dua bagian. Ukuran pola dasar ini berfokus dari pinggang ke bawah, biasanya sampai mata kaki.

3. Pola dasar lengan

Untuk membuat baju wanita berlengan, kamu perlu membuat pola dasar lengan. Pola dasar ini fokus pada ukuran pundak hingga ke tangan. Panjang-pendeknya lengan tergantung dengan baju yang ingin dibuat.

4. Pola dasar atas dan bawah

Pola dasar atas dan bawah sejatinya merupakan gabungan dari pola dasar atas dan pola dasar bawah. Guna dari pola dasar ini saat harus membuat baju terusan, seperti gamis, gaun, jumpsuit, dsb.

 Tips Membuat Pola Dasar

Foto: Ladistory.id

Pada dasarnya, pola dasar baju dapat dihitung menggunakan rumus, namun bagi kamu yang masih kesulitan dalam membuat pola dasar, kamu bisa mencoba menjiplak baju yang sudah jadi. Berikut tips sederhana membuat pola dasar.

  • Gunakan baju lama yang masih dapat dipakai.
  • Bukalah setengah bagian jahitan baju tersebut.
  • Ambil bagian-bagian yang diperlukan, seperti bagian depan, bagian belakang, lengan, dan kerah jika ada.
  • Biarkan setengah bagian lainnya tetap utuh agar dapat dijadikan referensi menjahit.
  • Setrika bagian yang sudah dilepas jahitannya agar mudah dijiplak
  • Tempelkan potongan baju tersebut di atas kertas.
  • Lalu, gambarlah pola mengikuti pinggiran kain menggunakan pensil, spidol, atau bolpoin.

Demikian ulasan tentang macam-macam pola dasar baju wanita dan tips membuatnya. Semoga bermanfaat.