Mahasiswa Baru Wajib Tahu, Ini Tips Bangun Relasi di Perkuliahan

Senin, 29 Agustus 2022 | 00:01:00

Mahasiswa Baru Wajib Tahu, Ini Tips Bangun Relasi Di Perkuliahan

Ilustrsi pergaulan saat kuliah. (Special)

Ladiestory.id - Tak seperti sekolah, saat kamu menjadi mahasiswa, kamu harus bisa membangun relasi dengan banyak orang. Namun, apa itu relasi?

Relasi merupakan suatu hubungan atau kaitan antara kamu dengan orang lain. Hubungan ini akan membawa atau mengarahkan kamu dengan berbagai info yang mudah untuk kamu dapatkan. Sebagai mahasiswa, penting untuk membangun relasi dengan banyak orang. Dengan ini, kamu bisa mengetahui informasi mengenai info kuliah atau bahkan pekerjaan.

Berikut tips bangun relasi di Perkuliahan untuk mahasiswa!

Mengikuti Kegiatan Kampus

Ilustrasi meningkatkan skill di perkuliahan. (Special)

 

Kampus memang menjadi ajang tempat kegiatan-kegiatan positif yang dapat kamu ikuti. Lewat kegiatan ini, kamu akan melatih disiplin, public speaking, atau kemampuan lainnya yang dapat kamu kembangkan.

Dengan organisasi, kamu juga akan dilatih untuk memegang tanggung jawab untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Organisasi biasanya memiliki masa jabatan. Jika kamu hanya ingin mengikuti kegiatan dengan jangka waktu pendek, kamu bisa mengikuti Kepanitiaan yang biasanya diadakan tiap tahunnya.

Kegiatan lain yang dapat kamu ikuti adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Dengan mengikuti kegiatan ini, kamu juga akan menambah relasi dan wawasan. UKM biasanya menjadi wadah untuk kegiatan yang kamu sukai.

LinkedIn 

Ilustrasi aplikasi LinkedIn. (Special)

Sebagai mahasiswa baru, penting untuk mendaftarkan diri untuk membuat akun di aplikasi ini. Lewat aplikasi ini, kamu akan mendapatkan informasi perusahaan yang kamu impikan setelah lulus.

Selain itu, berbagai kegiatan atau skill yang kamu miliki bisa dimasukkan dalam akun LinkedIn kamu. Hal ini bertujuan untuk bekal kamu melamar pekerjaan atau magang.

LinkedIn ini juga akan bantu kamu menambah relasi baik dari dalam kampus hingga teman di luar kampus.

Volunteer

Ilustrasi ikut volunteer WFH Foto: Ladiestory.id

Kegiatan ini sama halnya seperti kepanitiaan. Biasanya, jangka waktunya pendek sekitar 3 hingga 6 bulan. Namun, yang membedakan adalah, volunteer biasanya dilakukan di luar kampus. Perusahaan atau lembaga di luar kampus yang akan membuka lowongan volunteer. Lewat kegiatan ini, kamu juga bisa membangun dan memperluas jaringan sosial. Berkat relasi yang didapatkan, kamu akan mendapat info kegiatan lainnya lewat banyak orang.

Intern atau Magang

Ilustrasi perempuan menjalani program magang. (Special)

Biasanya, kegiatan magang dibuka pada perusahaan. Dengan magang, kamu bisa meningkatkan skill dan relasi yang luas. Menariknya, lewat magang, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Pengalaman magang akan menjadi poin yang baik saat kamu melamar pekerjaan nantinya.

Jalin Hubungan Baik dengan Banyak Orang

Skill Masuk Dunia Perkuliahan. (Special)

Cara ini bisa kamu lakukan lewat interaksi atau komunikasi pada teman-teman yang kamu temui di kampus. Kamu juga bisa untuk saling support dalam hal belajar. Dengan ini, kamu bisa membangun relasi baik teman seangkatan ataupun kakak tingkat.