Kenalan dengan LinkedIn, Aplikasi yang Dapat Bantu Kamu Cari Kerja

Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:30:00

Kenalan Dengan Linkedin, Aplikasi Yang Dapat Bantu Kamu Cari Kerja

Ilustrasi aplikasi LinkedIn. (Special)

Ladiestory.id - LinkedIn merupakan jaringan sosial untuk komunitas bisnis, baik pencari kerja maupun pemberi lowongan atau perusahaan. Situs ini didirikan pada 2002, yang ditujukan sebagai wadah bagi para profesional untuk terhubung dengan kolega, membantu meningkatkan jumlah koneksi bisnis, membangun jaringan dalam industri, mendiskusikan ide bisnis, mencari pekerjaan, dan mencari karyawan baru.

Para pengguna dapat membuat profil profesional seperti resume yang memungkinkan anggota situs lain mempelajari tentang latar belakang bisnis, keahlian, dan grup atau organisasi tempat mereka bergabung.

Manfaat membuat profil LinkedIn yang lengkap, yaitu membantu terhubung dengan peluang yang menampilkan kisah profesional unik melalui pengalaman, keterampilan, dan pendidikan. Selain itu, LinkedIn juga bisa mengatur acara offline, bergabung dengan grup dan komunitas, menulis artikel, mem-posting foto dan video.

Berikut ini beberapa keunggulan dan fungsi dari membuat akun LinkedIn.

Jaringan Pekerjaan Luas

Ilustrasi pekerjaan. (Special)

Alasan pertama kamu harus membuat akun LinkedIn adalah platform ini memiliki jaringan yang luas. Kamu juga dapat mencari papan pekerjaan, bahkan melamar pekerjaan di sini dengan mudah. Aplikasi ini menyediakan fitur menarik, seperti kata kunci yang dapat membantumu mencari pekerjaan sesuai dengan yang kamu minati.

Selain itu, apabila kamu terhubung dengan rekan kerja dan manajer, kamu bisa mengaktifkan tombol I'm Interested, yang akan memberi tahu perekrut bahwa kamu terbuka untuk mendengar peluang baru.

LinkedIn juga menyediakan versi premium, yang dapat membantumu mengakses lebih banyak informasi tentang lowongan kerja, mengirim pesan langsung ke perekrut, melihat bagaimana kamu dibandingkan dengan pelamar lain melalui wawasan, dan juga dapat akses instan ke prediksi gaji.

Membangun Branding

Self Branding (Special)

Pada saat ini, membangun branding sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini berkaitan dengan bagaimana kamu menonjol dari orang lain di industrimu? Apa yang membuatmu layak mendapat posisi tersebut? Mengapa seseorang harus membayarmu lima digit?

Untuk melakukannya, kamu bisa mengunggah profil profesionalmu serta menulis ringkasan yang menekankan kekuatanmu dan menunjukkan kepribadianmu. Saat perekrut membaca dengan teliti profilmu, mereka dapat memperoleh pemahaman yang kuat tentang siapa kamu dan keterampilan berharga apa yang kamu miliki.

Mengasah Kemampuan

Ilustrasi Professional Branding. (Special)

Di LinkedIn, kamu dapat mengirim pertemanan atau mengikuti influencer untuk mendapatkan insight dan ilmu baru tentang cara mereka membangun jaringan pertemanan di dunia pekerjaan. Selain itu, adanya LinkedIn Learning yang memiliki lebih dari 16 ribu kursus juga bisa membantumu mempelajari bidang pekerjaan untuk memperdalam ilmu, serta memperluas pengetahuan.

Memperluas Koneksi

Ilustrasi Koneksi (Special)

LinkedIn membantumu berkoneksi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan atau bekerja di bidang yang sama denganmu. Selain itu, di sini kamu juga bisa menemukan teman lama yang mungkin ingin kamu ajak kerja sama. Hal ini berguna karena menjalin koneksi merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan seseorang.

Meneliti Perusahaan dan Karyawan

Ilustrasi pekerja kantoran. (Special)

Selain dapat mengakses lowongan dari papan pekerjaan, kamu juga dapat melihat pembaruan informasi perusahaan, berita dan wawasan perusahan, serta karyawan saat ini dengan mudah. Sehingga, kamu bisa meneliti lowongan dan perusahaan mana yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

s