Ampuh Atasi Hipertensi, Yuk Konsumsi 7 Makanan Ini!

Sabtu, 22 Januari 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Ampuh Atasi Hipertensi, Yuk Konsumsi 7 Makanan Ini!

Ilustrasi orang hipertensi. (special)

Ladiestory.id - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang tak boleh diabaikan. Gejala hipertensi akan muncul setelah tekanan darah tinggi cukup parah.

Jika diabaikan maka jantung akan bekerja terlalu keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya bagi tubuh dan bisa menimbulkan komplikasi kesehatan.

Menjalani gaya hidup sehat, dan mengurangi asupan garam merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya hipertensi. Selain itu, Kamu juga bisa konsumsi beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Penasaran makanan apa saja, Ladies? Berikut Ladiestory.id telah merangkum jenis makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Mentimun

Ilustrasi mentimun. (spesial)

Mengonsumsi buah mentimun terbukti ampuh untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Buah mentimun diperkaya dengan kandungan kalium yang dapat membantu mengatur jumlah kadar garam (natrium) yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu, mentimun juga kaya vitamin C, antioksidan dan nutrisi lain yang dapat mengontrol tekanan darah.

2. Sayuran Hijau

Ilustrasi sayuran hijau. (special)

Kandungan postasium yang terdapat di dalam sayuran hijau dapat membantu ginjal dalam proses mengeluarkan zat garam (natrium) melalui urine. Hal tersebut bisa membantu menurunkan tekanan darah. Beberapa sayuran hijau yang mengandung postasium tinggi yang bisa Kamu konsumsi, antara lain bayam, selada, sawi, lobak hijau, dan kubis.

3. Buah Bit

Ilustrasi buah bit. (special)

Buah bit efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Buah bit memiliki kandungan oksida nitrat yang bisa membantu proses pembukaan pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian membuktikan dengan rutin mengonsumsi buah bit, dapat menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu 24 jam. Kamu bisa mengonsumsi buah bit dengan cara dikukus atau dibuat jus.

4. Yoghurt dan Susu Skim

Ilustrasi yoghurt. (special)

Yoghurt dan susu skim merupakan sumber kalsium yang rendah lemak dan sangat baik untuk tubuh. Nutrisi tersebut berperan penting untuk menurunkan tekanan darah. Para peneliti memaparkan, jika seseorang mengonsumsi yoghurt minimal lima porsi dalam seminggu, maka akan mengalami pengurangan 20 persen risiko terkena tekanan darah tinggi.

Kamu bisa memilih yoghurt yang tidak mengandung gula, dan mencampurnya dengan buah atau kacang-kacangan. Namun, jika Kamu kurang menyukai rasa yoghurt, Kamu bisa menggantinya dengan susu skim.

5. Wortel

Ilustrasi wortel. (special)

Tak hanya bagus untuk kesehatan mata, ternyata mengonsumsi wortel juga dapat mencegah hipertensi atau darah tinggi. Kandungan senyawa fenolik yang ada pada wortel dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Hal tersebut dapat mengatasi dan mencegah tekanan darah tinggi agar tidak semakin memburuk.

Wortel dapat diolah dan dinikmati dengan berbagai cara. Tapi sebaiknya, konsumsi wortel dalam keadaan mentah, segar, dan bersih. Mengonsumsi wortel mentah, membuat Kamu mendapatkan nutrisi yang lebih optimal dibandingkan dengan wortel yang sudah dimasak.

6. Buah Delima

Ilustrasi delima. (special)

Buah delima dapat dikonsumsi secara langsung, atau dapat juga dijadikan jus. Buah delima juga efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi kesehatan menyimpulkan bahwa, dengan mengonsumsi jus delima satu gelas setiap hari selama empat minggu, terbukti dapat menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek.

7. Kacang Pistachio

Ilustrasi Kacang pistachio. (special)

Kacang pistachio merupakan jenis kacang yang bebas kolesetrol serta mengandung serat, protein dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Kacang pistachio juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.