7 Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba

Jumat, 15 Oktober 2021 | 09:17:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

7 Makanan Khas Jawa Timur Yang Wajib Dicoba

Foto: tokopedia

Ladiestory.id - Jalan-jalan ke Pulau Jawa bagian timur sangat disayangkan jika tidak mencoba berbagai wisata kuliner dan aneka macam makanan khas Jawa Timur.

Pulau Jawa yang memiliki 6 provinsi khususnya makanan khas Jawa Tengah, rata-rata memiliki kuliner khas dengan cita rasa yang manis.

Namun, beda halnya dengan makanan khas Jawa Timur, Cita rasa yang dibangun adalah rasa gurih dan pedas sehingga dapat menggugah selera.

Walaupun cenderung pedas, tapi untuk rasanya masih dalam batas wajar dan justru bikin nagih. Maka, ketika berencana berkunjung ke Jawa Timur, jangan lewatkan makanan khas ini. 

Makanan Khas Jawa Timur

Sebenarnya untuk makanan khas dari Jawa Timur yang paling terkenal adalah rawon. Ciri khas utama rawon adalah warna kuah yang hitam pekat sehingga terbuat dari bumbu kluwek.

Selain itu, rawon cocok jika dihidangkan dengan nasi putih dan pelengkap seperti telur asin serta kerupuk udang.

Bukan hanya rawon saja, berikut berbagai makanan khas Jawa Timur yang juga layak dicoba. 

1. Lontong Kupang

Foto: idntimes

Lontong kupang sebagai makanan mudah ditemukan di daerah Surabaya, Pasuruan, sampai dengan Sidoarjo. Bahan dasar utama dari makanan ini adalah kupang putih, itu adalah sejenis hewan laut yang menyerupai kerang. Kupang putih dimasak dengan aneka macam bumbu lalu dihidangkan dengan lontong.

2. Pecel Madiun

makanan khas jawa timur
Foto: travel.tempo

Dari berbagai macam pecel yang paling terkenal adalah pecel Madiun. Pecel atau nasi pecel terdiri dari aneka macam sayuran yang direbus kemudian disiram dengan bumbu sambel kacang. Biasanya untuk menambah rasa nikmat, pecel dipadukan dengan peyek kacang.

3. Soto Lamongan

Foto: genpi

Jika dilihat dari tampilannya, soto Lamongan mirip dengan soto pada umumnya. Namu, soto ini tetap memiliki perbedaan pada koya khasnya, yakni bubuk gurih yang terbuat dari bawang putih dan kerupuk udang.

4. Bakso Malang

Foto: kompas

Bakso merupakan makanan yang dekat dengan kota Malang. Namun tidak dapat dipungkiri jika bakso Malang mudah dijumpai di berbagai daerah, namun rasanya akan lebih nikmat ketika dirasakan langsung dari tempat asalnya. 

5. Rujak Cingur

Foto: brisik

Salah satu makanan khas Surabaya yang nikmat dan bikin ketagihan. Namun perlu dipahami jika cingur adalah daging pada mulut sapi yang kemudian direbus lalu dicampur dengan irisan tempe, tahu, lontong, sayuran, timun, nanas, dan disiram dengan bumbu kacang yang diberi petis.

6. Bebek Sinjay

makanan khas jawa timur
Foto: idntimes

Makanan yang dapat dikunjungi di daerah Bangkalan, Madura biasanya hal ini dapat dilakukan dengan kebanyakan olahan bebek lainnya, Bebek sinjay memiliki tekstur daging yang sangat empuk dan tidak amis.

7. Pecel Semanggi

makanan khas jawa timur
Foto: surabayarollcake

Bukan hanya di daerah Madiun, Surabaya memiliki pecel khas yang tak kalah terkenal, yakni pecel semanggi. Bahan utama dari pecel ini adalah daun semanggi yang dinikmati dengan sambal pedas.

Itu dia makanan khas Jawa Timur yang wajib dicoba saat berkunjung ke sana. Tertarik mencoba yang mana?