Resep Kue Lumpang, Makanan Khas Palembang yang Lembut dan Kenyal

Minggu, 3 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Resep Kue Lumpang, Makanan Khas Palembang yang Lembut dan Kenyal

Foto: rri

Ladiestory.id - Dikutip dari wikipedia, Kue Lumpang atau Lompang merupakan jajanan tradisional khas suku Palembang yang berasal dari wilayah Sumatra Selatan.

Dalam membuat resep kue lumpang bahan kue utamanya yaitu tepung beras. Menggunakan tepung beras menjadikan tekstur kue ini menjadi sangat kenyal dan lembut, ditambah rasa gurih dari taburan kelapa parut. Tidak bisa dibayangkan betapa enaknya jajanan tradisinonal satu ini.

Sejarah Kue Lumpang

Sejarah kue lumpang bermula dari sosok pedagang menjual kue manis ini dengan cara berkeliling. Nama kue ini diberi nama lumpang sebab bentuknya yang mirip dengan wadah guna menumbuk padi.

Nah, kue lumpang pun berbentuk bulat dan mempunyai cekungan di tengah. Tidak heran nama kue tradisional ini diberi nama kue lumpang sebab mirip dengan tempat guna menumbuk padi.

foto : cookandrecipe
Foto: cookandrecipe

Kue ini tergolong ke dalam golongan kue basah maupun kue kukus yang berasal dari tepung beras, tepung kanji, santan, daun suji ataupun daun pandan, gula jawa, dan diberi taburan parutan kelapa.

Pada adat suku Palembang, Kue Lumpang sering disajikan dalam prosesi upacara-upacara adat budaya Palembang, ataupun pada momen perayaan hari raya layaknya Lebaran, Imlek, dan lain sebagainya.

Untuk para masyarakat Tionghoa-Palembang (etnis Cina-Indonesia di Palembang), kue ini lebih sering dikenali dengan sebutan kue Kasui atau Kaswi dan sering disajikan dalam prosesi pertunangan maupun perkawinan adat Tionghoa-Palembang.

Umumnya Kue Lumpang mempunyai 3 macam jenis varian utama, yaitu Kue Lumpang yang berwarna hijau (sering kali dikenali dengan istilah Kue Ijo), berwarna putih (berbahan dasar gula pasir), dan yang berwarna coklat (berbahan dasar gula jawa). Kue ini berasal dan menyebar dari Palembang sampai dikenali di beragam daerah terutama daerah-daerah di wilayah dekat Sumatra Selatan, layaknya di Bangka dan Belitung.

Disebabkan oleh pengaruh Palembang yang kuat utamanya pada masa kejayaan Sriwijaya pada sekitar abad ke-7, jajanan tradisional yang satu ini pun hingga dikenali di negara-negara kawasan maritim Asia Tenggara, khususnya di Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Tapi, lama kelaman kue lumpang kalah populer dengan kue modern zaman sekarang. Walau begitu kue lumpang masih memiliki penggemar sampai sekarang.

Resep Kue Lumpang

Tak perlu jauh-jauh ke Palembang, berikut resep kue lumpang yang bisa dicoba di rumah.

Bahan

foto : klikdokter
Foto: Ladiestory.id
  • 25 Gr Tepung Beras
  • 100 Gr Tepung Sagu
  • 75 mL Air Pandan
  • 75 Gr Gula Pasir
  • Sejumput Garam
  • 200 mL Santan kental
  • Pewarna hijau secukupnya
  • 1/2 Butir Kelapa Parut (untuk taburan - kukus terlebih dahulu dan beri garam sedikit)

Langkah pembuatan

Foto: Ladiestory.id

1. Masukkan semua bahan kecuali kelapa parut. Aduk sampai merata.

2. Usai merata, saring dan sisihkan.

3. Siapkan panci kukus, masukan air dan masak sampai mendidih.

4. Siapkan dahulu cetakan kue lumpang, oleskan cetakan dengan beri sedikit minyak.

5. Masukan adonan ke dalam cetakan, kukus hingga 20 menit dengan api sedang.

6. Bila ingin membentuk bulat kecil ditengah, ketika adonan telah setengah matang, tusukan sumpit pada bagian tengah kue.

7. Usai matang, keluarkan kue dari cetakan.

8. Taburkan kelapa parut dan siap dihidangkan.

Mudah sekali bukan membuatnya? Kamu bisa membuat Kue Lumpang sendiri di rumah karena masih masa pandemi.

Berita Terkait