5 Makanan Khas Salatiga yang Enak dan Menggugah Selera

Selasa, 21 September 2021 | 07:24:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Makanan Khas Salatiga yang Enak dan Menggugah Selera

Foto: semarangpos

Bila Kamu melakukan perjalanan antara Semarang-Solo atau sebaliknya, cobalah untuk singgah ke daerah Salatiga untuk beristirahat dan menikmati sajian kuliner khas daerah tersebut. Berikut 5 makanan khas Salatiga yang enak dan dapat menggugah selera makan kamu.

Makanan Khas Salatiga yang Enak 

Satu yang tidak boleh ditinggalkan saat kamu berkunjung ke Salatiga, adalah mencicipi makanan khasnya. Cobalah melipir ke rumah makan di sana dan cicipi daftar makanan khas Salatiga berikut:

1. Opor Bebek

Foto: idntimes

Biasanya sajian opor menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Namun, daerah Salatiga memiliki ciri khas sendiri yaitu menggunakan daging bebek yang dimasak menjadi opor yang lezat dan nikmat.

Opor bebek Salatiga diracik dengan rempah pilihan dan dimasak menggunakan tungku, menjadikan sajian kuliner yang satu memiliki rasa yang khas.

Bila kamu tertarik mencobanya, bisa datang ke warung makan Mak Yah yang terkenal kelezatannya di Jl. Raya Kota Salatiga dan buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

2. Sate Sapi Suruh

Foto: semarangpos

Kuliner khas Salatiga yang satu ini merupakan makanan legendaris daerah tersebut. Bagaimana tidak? Makanan ini sudah ada sejak tahun 1987 dan sampai kini masih diburu para wisatawan yang ingin mencicipi sate sapi suruh ini.

Keunikan sate sapi suruh ini terletak pada potongan daging yang besar-besar dan memiliki tekstur yang empuk. Sate ini disajikan dengan bumbu kacang, kecap manis, jeruk nipis dan irisan bawang. Rasanya pasti lezat dan nikmat, dengan harga Rp30.000 per 10 tusuk kamu sudah dapat menikmati kelezatannya.

3. Gudeg Koyor

Foto: lifestyle.okezone.

Selama ini kita mengenal gudeg sebagai makanan khas Jogja, tapi ternyata kota Salatiga juga memiliki sajian kuliner gudeg sebagai salah satu makanan khasnya, yaitu gudeg koyor.

Gudeg koyor adalah makanan yang dibuat dengan bahan utama otot sapi ditambah bumbu pilihan dan santan yang dimasak seperti gulai Padang yang berwarna kuning pekat. Rasanya kenyal, gurih dan nikmat. 

Untuk di daerah Salatiga sendiri, tempat makan yang terkenal menyajikan gudeg koyor yang lezat adalah Reksa Bu Jono, yang berada di Jln. Progo, Kutowinangun, Kota Salatiga. Warung ini buka dari pukul 08.00 pagi hingga 16.00 WIB.

4. Soto Esto

Foto: travel.tribunnews

Hampir setiap daerah memiliki sajian kuliner soto, begitu pula dengan daerah Salatiga yang juga memiliki soto esto sebagai salah satu makanan khasnya.

Yang menjadi ciri khas dari soto Salatiga ini adalah kuah kaldunya yang bening dengan warna kekuningan dan dicampur santan. Cara penyajiannya adalah dengan mie beras, irisan daging ayam, tauge serta kerupuk karak sebagai toppingnya.

Soto esto cocok disantap bersama nasi. Biasanya para pedagang soto esto menambahkan sate telur puyuh atau sate kerang sebagai lauknya.

Bila  kamu tergoda ingin mencicipinya, bisa singgah ke warung soto di Jln. Langensuko No. 4, Salatiga. Warung ini buka dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 24.00 WIB.

5. Gecok Kambing

Foto: travel.kompas

Kuliner khas daerah Salatiga lainnya yang tak kalah nikmatnya dengan makanan lainnya adalah gecok kambing. Makanan ini hampir sama dengan tongseng dan bercita rasa gurih.

Makanan yang satu ini disajikan dengan bahan utama potongan daging kambing yang dimasak bersama bumbu pilihan, lada, kuah santan dan kelapa sangrai, yang membuat makanan ini mempunyai rasa yang khas dan lezat. 

Banyaknya aneka bumbu yang digunakan dalam memasak gecok kambing menjadikan makanan ini tidak bau prengus, namun mengeluarkan aroma khas yang nikmat dan lezat.

Itulah 5 makanan khas Salatiga yang nikmat, enak dan menggugah selera. Tertarik untuk mecicipi makanan khas Salatiga yang mana?

Berita Terkait