Sering Muncul di K-Drama, Ini 5 Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Rabu, 22 Juni 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sering Muncul Di K-Drama, Ini 5 Makanan Korea Yang Populer Di Indonesia

Ilustrasi orang korea sedang makan. (guide.michelin.com)

Ladiestory.id - Masyarakat Indonesia sedang dilanda dengan demam Korea atau Hallyu wave. Hal ini dibuktikan dengan masyarakat Indonesia yang senang dengan budaya Negeri Ginseng, seperti variety show, K-Pop, hingga kuliner.

Sekarang, mulai banyak makanan Korea yang dijual di Indonesia. Kebanyakan makanan Korea yang populer di Indonesia kerap muncul di K-Drama. Apa saja?

Tteokbokki

Ilustrasi tteokbokki. (Special)

Tteokbokki merupakan salah satu makanan khas Korea Selatan. Makanan ini terbuat dari kue beras dan memiliki citra rasa yang pedas. Biasanya, tteokboki disajikan dengan beberapa makanan pelengkap lainnya, seperti fish cake, telur rebus, daun bawang, hingga taburan biji wijen.

Selain populer di negeri asalnya, makanan yang khas berwarna merah ini cukup terkenal di Indonesia. Bahkan, tteokbokki kini telah dikemas sebagai makanan instan yang dijual di supermarket agar lebih mudah untuk dinikmati.

Kimchi

Ilustrasi kimchi. (Special)

Makanan khas Korea Selatan berwarna merah lainnya adalah kimchi. Kimchi merupakan makanan bercita rasa pedas dan masam sebab perlu proses fermentasi selama paling tidak satu minggu. 

Biasanya, kimchi menjadi side dish atau lauk pendamping yang wajib dihidangkan saat makan. Bahkan, orang Korea Selatan kerap membuatnya dalam porsi yang banyak dan disimpan di kulkas.

Kimbab

Ilustrasi kimbab. (Special)

Makanan khas Korea Selatan yang populer di Indonesia lainnya adalah kimbap. Dari penampilannya, makanan tersebut serupa dengan makanan khas dari Jepang, yakni sushi.

Kimbab merupakan makanan berbahan dasar nasi yang digulung dengan rumput laut kering. Di dalam kimbap diberi isian beberapa sayur dan daging sesuai selera.

Makanan yang satu ini kerap muncul di berbagai drama Korea. Salah satu scene yang kerap memunculkan kimbap adalah adegan piknik atau menjadi bekal dalam perjalanan. Pasalnya, kimbab cenderug praktis dan mudah dibuat.

Korean Garlic Bread

Korean garlic bread. (Special)

Mungkin banyak yang tidak tahu asal muasal makanan garlic bread. Roti yang satu ini sempat viral di berbagai media sosial hingga banyak orang yang menjualnya.

Rupanya, garlic bread merupakan salah satu makanan khas Korea Selatan. Sebelum menjadi tren di Indonesia, garlic bread terlebih dahulu populer di Korea Selatan. Usut punya usut, roti ini terinspirasi dari garlic bread milik Eropa. Lalu, akhirnya Negeri Ginseng memodifikasi roti tersebut hingga menjadi makanan khasnya.

Sama seperti namanya, garlic bread merupakan roti yang diolesi dengan mentega, lalu diberi taburan bawang putih cincang dan dipanggang sampai kering. Korea Selatan memodifikasi resep ini dengan ditambah adonan cream cheese. Kemudian garlic bread ala Korea Selatan juga dibalut dengan telur lalu dipanggang. Sehingga, Korean garlic bread ini memiliki rasa yang semakin gurih.

Eomuk atau Odeng

Ilustrasi odeng. (Special)

Odeng juga menjadi salah satu makanan khas Korea Selatan yang kerap muncul di drama Korea. Odeng merupakan makanan berbahan dasar ikan. Jika dibandingkan dengan makanan Indonesia, rasa odeng hampir serupa dengan pempek. Namun, bentuk dari kedua makanan ini berbeda. Pasalnya, odeng memiliki bentuk panjang dan tipis yang ditusuk seperti sate.

Biasanya, odeng dijajakan saat musim dingin. Pasalnya, kuah yang panas bisa membantu menghangatkan tubuh di musim dingin. 

Di Korea Selatan, makanan ini biasanya dijual oleh pedagang kaki lima. Sementara di Indonesia, odeng kerap dijadikan menu dalam restoran yang menjajakan makanan khas Korea.

Apakah Kamu sudah mencicipi semua makanan khas Korea di atas, Ladies?

s