Resep Banoffee Oreo, Dessert Asal Inggris dari Olahan Pisang

Kamis, 2 September 2021 | 03:20:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Resep Banoffee Oreo, Dessert Asal Inggris dari Olahan Pisang

Foto: kompas

Banoffee merupakan sebuah makanan penutup asal Inggris yang berasal dari pisang, krim, dan gula. Dibuat pertama kalinya oleh Ian Downing dan Nigel Mackenzie dari Restoran The Hungry Monk di Jevington, Sussex Timur, Inggris.

Asal Usul Banofee

Resep Banofee Oreo
merdeka

Dilansir dari wikipedia, mereka mengklaim telah mengembangkan makanan penutup pada tahun 1971 dengan mengubah resep Amerika yang tidak dapat diandalkan untuk "Blum's Coffee Toffee Pie" dengan toffee lembut yang dibuat dengan merebus sekaleng susu kental yang belum dibuka selama beberapa jam.

Setelah mencoba berbagai perubahan termasuk penambahan apel atau jeruk mandarin, Mackenzie menyarankan pisang dan Dowding kemudian mengatakan bahwa "langsung kami tahu kami telah melakukannya dengan benar".

Mackenzie menyarankan nama "Banoffi Pie", dan hidangan tersebut terbukti sangat populer di kalangan pelanggan mereka sehingga mereka "tidak bisa''.

Resepnya digunakan oleh banyak restoran lain di seluruh dunia. Di tahun 1984, beberapa supermarket mulai menjualnya sebagai pai Amerika, menjadikan Nigel Mackenzie menawarkan hadiah £10.000 kepada siapa saja yang bisa menyangkal klaim mereka sebagai penemu Inggris.

Kata "Banoffee" pada bahasa Inggris dan dipakai dalam menggambarkan makanan atau produk apa saja yang mempunyai rasa atau aroma pisang dan toffee. Sebuah resep bagi pai, mengenakan dasar remah biskuit, kerap dicetak pada kaleng susu kental Nestlé.

Resep Banoffee

Resep Banofee Oreo
cooking.nytimes

Di Indonesia, Banoffee sendiri sekarang menjadi dessert yang cukup terkenal. Kombinasi antara biskuit, dulce de leche/ caramel, whipped cream dan pisang menjadi kenikmatan tersendiri untuk pencinta makanan manis.

Cara memasak Banoffee tergolong mudah. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya sangat mudah dijumpai. Tertarik untuk mencoba? Berikut ini resep Banoffee.

Bahan Utama

100 gr whipping cream

20 gr icing sugar atau gula halus

10 gr mentega, sudah dicairkan

50 gr oreo crumb

100 gr pisang, tingkat kematangannya medium

5 gr stoberi

1 buah lemon

Bahan Karamel

200 gr gula pasir

75 gr cooking cream

Bahan Topping

Resep Banofee Oreo
Foto: Youtube Tasyi Athasyia

10 gr bubuk oreo

5 gr stroberi

20 gr biskuit

5 gr cokelat bubuk

Langkah Langkah

1. Langkah pertama yaitu membuat karamel. Panaskan gula pasir dan cooking cream. Masak di atas api kecil dan jangan begitu kerap diaduk agar tidak gosong. Jika tekstur karamel telah lengket dan warnanya menjadi coklat, angkat dan sisihkan.

2. Selanjutnya membuat whipped cream. Sediakan wadah dan mixer guna membuat whipped cream.

3. Tambahkan cream kocok dan mixer secara perlahan, kemudian bila sudah mulai kaku masukkan icing sugar dan kocok kembali hingga cream kaku.

4. Beri sedikit juice lemon, hal ini berfungsi supaya foam pada whipped cream tidak mudah kempis dan dapat bertahan lama. Bila sudah, kocok lagi dengan mixer hingga tekstur cream kaku.

5. Potong pisang ukuran setengah sentimeter dan remahkan oreo pada wadah terpisah. Sisihkan.

6. Lelehkan mentega, tunggu hingga dingin. Aduk rata dengan remahan oreo. Lalu padatkan oreo dengan cairan mentega sampai teksturnya kaku.

7. Berikutnya mulai plating. Sediakan mangkung, beri remahan oreo yang telah dicampurkan dengan mentega pada area bawah mangkuk. Padatkan sampai ke seluruh permukaan mangkuk.

8. Sesudah itu berikan whipped cream di atasnya, tambahkan irisan pisang dan terakhir siram dengan saus karamelnya.

Jadi penasaran bagaimana rasa dari dessert banoffee ini, kan? Maka dari itu, buatlah di rumah dengan resep yang tertera di atas.

Berita Terkait