6 Makanan yang Tidak Boleh Dimasak dengan Air Fryer

Senin, 11 April 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

6 Makanan Yang Tidak Boleh Dimasak Dengan Air Fryer

Menghemat Minyak Goreng (Special)

Ladiestory.id - Harga minyak goreng yang melambung tinggi, membuat Kamu harus memutar otak untuk menghematnya. Tak dapat dipungkiri, minyak goreng merupakan bahan pokok yang sangat penting. Sebenarnya, ada beragam cara untuk menghemat minyak goreng, salah satunya yaitu merubah kebiasaan menggoreng makanan dan diganti dengan dikukus ataupun dipanggang.

Sebagian orang saat ini memilih untuk beralih menggunakan air fryer sebagai alternatif dari menggoreng makanan menggunakan minyak. Air fryer merupakan suatu alat memasak yang memiliki bentuk menyerupai oven namun dikhususkan untuk menggoreng makanan.

Ketika menggunakan air fryer, Kamu bisa menggoreng tanpa menggunakan minyak atau menggunakan sedikit minyak. Namun, tidak semua makanan bisa digoreng menggunakan air fryer ya. Karena selain makanan tersebut tidak bisa matang sempurna, mudah hancur juga bisa merusak gizi yang terkandung dalam makanan.

Ladiestory.id telah merangkum beberapa makanan yang tidak bisa dimasak dengan air fryer. Yuk simak!

Nasi

Foto: Okezone

Air fryer tidak memiliki fungsi yang sama seperti magic com. Sehingga air fryer tidak bisa digunakan untuk memasak nasi. Karena air fryer memiliki suhu yang lebih rendah dibandingkan magic com sehingga tidak dapat membuat nasi menjadi matang.

Jika Kamu memasak nasi menggunakan air fryer, maka nasi yang dihasilkan akan tetap keras dan penuh air. Beras membutuhkan banyak air agar dapat berubah menjadi nasi ketika dimasak. Oleh karena itu, jangan coba-coba memasak nasi di air fryer ya, karena air fryer tidak cocok untuk memasak nasi.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau (Special)

Idealnya, dalam satu porsi makanan perlu ditambahkan dengan sayuran hijau agar kebutuhan nutrisi harian bisa tercukupi. Namun, jangan menggunakan air fryer untuk memasak sayuran hijau. Sayuran hijau yang dimasak menggunakan air fryer akan menjadi lembek bahkan hancur.

Udara panas yang dihasilkan oleh air fryer akan membuat sayuran hijau menjadi cepat hancur. Selain itu, bisa dipastikan juga kandungan nutrisi yang ada dalam makanan akan hilang. Sebaiknya Kamu memasak sayuran dengan cara merebusnya atau menumisnya dengan sedikit minyak. 

Makanan dari Adonan Basah

Ilustrasi gorengan. (Special)

Gorengan yang berasal dari adonan basah juga tidak bisa dimasak menggunakan air fryer. Adonan yang basah tersebut jika dimasak di dalam air fryer tidak akan menjadi hidangan yang menggugah selera justru adonan akan menempel di bagian dalam air fryer.

Air fryer tidak cocok untuk digunakan memasak jenis makanan ini, namun Kamu bisa menggunakan air fryer untuk menghangatkannya. Untuk memasak makanan yang berasal dari adonan basah, maka Kamu tetap harus menggorengnya dalam minyak panas. Agar diperoleh makanan yang renyah dan matang sempurna.

Burger

Makan (Special)

Sebaiknya Kamu tidak menggunakan air fryer untuk memasak burger. Karena jika Kamu memasak semua bagian burger dengan menggunakan air fryer maka akan membuatnya hancur. Hidangan burger yang menggugah selera tidak akan Kamu dapatkan.

Yang akan Kamu dapatkan adalah burger yang hancur dan memiliki penampilan buruk sehingga Kamu akan kehilangan selera untuk menyantapnya. Kamu bisa gunakan wajan anti lengket untuk memasak burger. 

Roti Panggang

Ilustrasi roti tawar. (Special)

Air fryer juga tidak sama cara kerjanya dengan toaster atau pemanggang roti. Kamu tidak bisa menggunakan air fryer untuk memanggang roti.

Jika Kamu tetap memaksa menggunakan air fryer untuk memanggang roti, maka Kamu tidak akan mendapatkan roti panggang melainkan remahan roti. Udara panas yang dihasilkan oleh air fryer akan membuat roti cepat hancur dan menjadi remahan.

Keju Batangan

Foto: Ladiestory.id

Air fryer juga tidak cocok digunakan untuk melelehkan keju. Udara panas dalam air fryer akan membuat keju cepat meleleh dan lengket di wadah air fryer. Lelehan keju yang menempel tersebut akan sulit untuk dibersihkan dan akan membuat wadah menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, jika Kamu ingin memasak saus keju atau melelehkan keju, sebaiknya gunakan wajan anti lengket ya.