Ladiestory.id - MICAM Milano, pameran alas kaki internasional terkemuka, dan MIPEL, pameran internasional untuk produk kulit dan aksesori mode, berpartisipasi dalam inisiatif penting di Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan kedua ajang dagang unggulan tersebut di pasar Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.
Keduanya hadir dalam format teaser event yang menjadi bagian dari rangkaian BTN Indonesia Fashion Week (IFW) 2025, dengan misi mempresentasikan peluang industri serta tren terkini kepada publik Indonesia. Inisiatif ini sekaligus membuka potensi kolaborasi dan peluang bisnis baru di pasar Indonesia yang dinilai sangat menjanjikan.
Acara resmi dibuka oleh Duta Besar Italia untuk Indonesia, H.E. Roberto Colamine, didampingi oleh Komisaris Dagang Italia dari Italian Trade Agency, Dr. Paolo Pinto, serta Ketua Indonesia Fashion Week, Ibu Poppy Dharsono.
Dalam kesempatan tersebut, Dr. Matteo Scarparo dari pihak Italia memberikan presentasi komprehensif mengenai MICAM dan MIPEL kepada para pelaku industri lokal, mulai dari sektor retail, grosir (wholesale), e-commerce, hingga manufaktur alas kaki dan aksesori kulit.
Turut hadir pula perwakilan dari sekolah mode ternama Arsutoria School, yaitu Dr. Matteo Pasca dan Dr. Valentino Parlato, yang menyampaikan tren terkini di industri fashion global serta mengumumkan program beasiswa khusus bagi mahasiswa Indonesia berbakat di bidang desain, untuk mengikuti pelatihan intensif di Milan, Italia.
Duta Besar H.E. Roberto Colamine menyampaikan bahwa partisipasi MICAM dan MIPEL di Indonesia merupakan langkah penting untuk menjalin hubungan langsung dengan industri fashion lokal. Ia menyoroti besarnya potensi sektor alas kaki Indonesia, serta pentingnya membangun koneksi dengan desainer muda berbakat melalui pendidikan, kolaborasi kreatif, dan peluang ekspansi merek ke pasar internasional melalui ajang pameran di Milan.
"Fokusnya pada pengembangan identitas nasional Indonesia yang kuat dalam desain fesyen, serta menciptakan kemitraan saling menguntungkan antara perusahaan Italia dan merek-merek Indonesia," kata Colamine.
Indonesia merupakan produsen alas kaki terbesar kelima di dunia dan pusat kekuatan ekonomi nan berkembang pesat, muda, dan penuh ambisi. Kolaborasi antara MICAM dan Indonesia Fashion Week bertujuan untuk meletakkan dasar bagi dialog konstruktif antara generasi desainer muda dan industri manufaktur Italia dan Eropa.
“Dalam konteks geopolitik diwarnai ketidakpastian ketika pasar cenderung menutup diri, MICAM memainkan peran mendasar sebagai platform untuk perbandingan antara produksi dan distribusi dunia di sektor alas kaki, antara industri kreativitas dan kemampuan menerjemahkan ide estetika menjadi produk jadi, kemudian mendukung masuknya koleksi alas kaki terbaik di pasar internasional,” papar Giovanna Ceolini selaku Presiden MICAM.
Mengembangkan desainer muda dan mewariskannya semangat menciptakan koleksi alas kaki berarti membangun ikatan untuk mengembangkan hubungan bisnis lebih kuat dan lebih langgeng di masa mendatang.
Acara cuplik kilas (teaser) akan diselenggarakan bersamaan dengan Jakarta Fashion Week menjadi kesempatan untuk bertemu dengan para pembeli, distributor, dan pengecer setempat. MICAM juga akan mempersembahkan kepada komunitas mode setempat perpanjangan dari Proyek Akademi MICAM untuk menjembatani Italia dan Indonesia, sebuah program beasiswa bergengsi ditujukan bagi dua mahasiswa desain mode Indonesia untuk mengikuti kursus intensif tingkat lanjut selama 10 minggu untuk desain koleksi alas kaki di sekolah Arsutoria di Milan, salah satu sekolah paling terkenal di dunia dalam bidang tersebut.\
Kolaborasi tersebut membuka babak baru bagi ekosistem fashion Tanah Air, terutama alas kaki nan jarang beroleh perhatian penuh, dan khususnya lagi menjadi peluang besar bagi desainer muda, pelaku kreatif, dan pengrajin lokal.
“Sinergi antara MIPEL dan MICAM, dua pameran dagang internasional unggul di sektor barang dari kulit dan alas kaki, merupakan kekuatan strategis luar biasa dengan tujuan untuk mempromosikan kreativitas dan inovasi dimiliki brand Italia dan juga merek internasional,” kata Claudia Sequi sebagai Presiden MIPEL.
Kolaborasi dengan Indonesia Fashion Week memungkinkan untuk lebih memperkuat visi sinergis dan merupakan peluang besar tidak hanya untuk visibilitas, tetapi juga untuk pertumbuhan bersama di sektor strategis bagi Italia dan Indonesia.\
Paolo Pinto, Direktur Badan Perdagangan Italia di Jakarta, menyimpulkan pada tanggal 29 Mei kita merayakan Hari Buatan Italia dalam rangka Pekan Mode Indonesia, salah satu acara internasional terpenting di sektor ini. Pada kesempatan ini, sebagai bagian dari kebijakan promosi terpadu Kedutaan Besar Italia, kami telah menyelenggarakan pertemuan di mana perwakilan Assocalzaturifici akan berbicara untuk mempromosikan industri alas kaki dan barang dari kulit Italia dan untuk meningkatkan perhatian Indonesia terhadap pameran sektor MICAM dan MIPEL, yang akan diadakan di Milan pada bulan September.