Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | BEAUTY | MANFAAT AMPAS TEH UNTUK KECANTIKAN KULIT WAJAH WAJAH

Manfaat Ampas Teh Untuk Kecantikan Kulit Wajah Wajah

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Minggu, 25 April 2021 | 11:36:26
Durasi baca: 2 menit, 18 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Manfaat Ampas Teh Untuk Kecantikan Kulit Wajah Wajah

Teh merupakan minuman yang digemari banyak kalangan. Baik teh hijau maupun hitam, keduanya memiliki manfaat bagi tubuh. Teh biasanya didapatkan dari seduhan daun teh kering atau celupan kantung teh.

Khasiat teh masih bisa didapat dari ampas teh ini. Teh sebagai antioksidan yang kuat mampu merawat kulit dari efek radikal bebas. Ampas teh bisa digunakan sebagai masker, toner, atau mempermudah proses pengelupasan kulit mati. Berikut manfaat ampas teh untuk kecantikan.

Apa manfaat ampas teh untuk wajah?

Baca juga: 5 Warna Ombre Rambut Untuk Kulit Sawo Matang

kamu bisa memperoleh manfaat ampas teh celup untuk wajah dengan cara membuatnya menjadi masker. Adapun berbagai manfaat ampas teh untuk wajah adalah sebagai berikut.

Membuat kulit tampak lebih awet muda

Salah satu manfaat ampas teh untuk wajah adalah membuat kulit tampak lebih awet muda. kamu bisa memperoleh manfaat ini bila menggunakan teh hijau. Teh hijau mengandung molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG).

Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Medical College of Georgia di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa EGCG memiliki khasiat untuk meremajakan sel kulit mati. EGCG dapat melawan tanda penuaan dengan melindungi kulit dan memperbaiki sel kulit wajah, serta membantu mengatasi kulit kusam agar terlihat lebih sehat.

Meredakan kulit kemerahan dan iritasi

Manfaat kantong teh celup untuk wajah ternyata juga dapat meredakan kulit kemerahan dan iritasi. Beberapa hasil penelitian mengungkapkan potensi manfaat ampas teh hijau dipercaya dapat mengatasi iritasi dan pembengkakan akibat gejala penyakit kulit, seperti psoriasis, dermatitis, dan rosacea.

Tak hanya masker ampas teh hijau, kamu bisa memperoleh manfaat ini bila menggunakan kantong teh celup kamomil, lavender, dan teh hitam yang sudah tidak dipakai. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam NCBI, berbagai jenis teh tersebut memiliki zat antiradang yang dapat meringankan dan menenangkan kulit akibat gejala rosacea.

Baca juga: Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Berjerawat


Mengatasi jerawat

Manfaat ampas teh untuk mengatasi jerawat berasal dari sifat antioksidan, antimikroba, dan anti peradangan di dalamnya. Sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Antioxidants menyatakan bahwa kandungan polifenol dalam teh hijau dapat mengurangi produksi minyak berlebih di kulit.

Kamu mungkin sudah tahu kalau produksi minyak berlebih merupakan salah satu penyebab jerawat timbul. Kandungan polifenol juga mampu melawan infeksi dengan cara merusak membran bakteri.

Menghilangkan kantong mata

Manfaat ampas teh untuk wajah yang paling dikenal adalah menghilangkan kantong mata. Hal ini berkat kandungan kafein yang terdapat pada teh. Kafein berfungsi untuk mengecilkan pembuluh darah halus di bawah mata yang menyebabkan mata bengkak. Teh juga mengandung antioksidan bernama flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antiradang.

Meringankan mata merah

Manfaat ampas teh ternyata bisa meringankan mata merah. Mata merah dapat terjadi ketika pembuluh darah di bawah mata jadi iritasi. Kamu cukup menempelkan kantong teh celup dingin pada area mata untuk meringankan kondisi ini.

Sebuah penelitian kecil pada tahun 2005 terhadap 80 wanita menunjukkan peningkatan elastisitas kulit pada peserta yang diobati dengan rejimen kombinasi teh hijau topikal dan oral. Kandungan antioksidan pada teh mampu meremajakan kulit dan mencegah masuknya radikal bebas.

Baca juga: Ini 5 Produk Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Manfaat Ampas Teh Manfaat Ampas Teh Untuk Kecantikan Manfaat Ampas Teh Untuk Wajah Ampas Teh

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty