7 Manfaat Argan Oil bagi Kesehatan Kulit, Bisa Bantu Atasi Jerawat

Rabu, 31 Agustus 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Manfaat Argan Oil Bagi Kesehatan Kulit, Bisa Bantu Atasi Jerawat

Ilustrasi Argan Oil. (Pinterest)

Ladiestory.id - Argan oil merupakan olahan yang terbuat dari biji pohon argan, yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Selain itu, argan oil juga dapat digunakan secara alami atau ramuan herbal untuk kesehatan rambut, kulit serta kuku.

Berikut tujuh manfaat argan oil bagi kesehatan kulit yang bisa kamu dapatkan.

Bantu Lembapkan Kulit

Ilustrasi kulit lembap. (Pinterest)

Argan oil memiliki kandungan vitamin E, antioksidan yang dapat larut dalam lemak serta membantu melembapkan kulit tubuh. Argan oil juga digunakan sebagai bahan losion, sabun dan juga conditioner untuk rambut.

Kamu pun dapat mengoleskan argan oil ke bagian kulit untuk membantu melembapkan agar kulit tidak kering. Selain itu, kandungan omega 3 pada argan oil juga dapat membantu memproduksi kolagen pada kulit.

Atasi Jerawat

Ilustrasi Jerawat. (Pinterest)

Masalah kulit selanjutnya yang sering muncul adalah jerawat. Argan oil juga dapat membantu mengobati jerawat karena memiliki sebum yang memberi efek menenangkan pada kulit, serta membantu mengobati jerawat membandel. Selain itu, kandungan antioksidan dalam argan oil juga dapat meredakan peradangan kulit akibat jerawat.

Atasi Tanda Penuaan

Ilustrasi tanda penuaan. (Pinterest)

Bahan alami dari argan oil juga dapat membantu mengatasi masalah penuaan. Maka tak heran, argan oil pun telah lama digunakan sebagai bahan alami sejak dahulu untuk produk kecantikan dan kosmetik guna membantu mengatasi tanda penuaan. Argan oil juga dapat membantu perbaikan dan memelihara jaringan kulit untuk mengatasi munculnya masalah penuaan.

Cerahkan Kulit

Ilustrasi kulit cerah. (Pinterest)

Argan oil juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Selain itu, argan oil juga dapat memudarkan bintik hitam pada kulit wajah akibat bekas jerawat, hormon, dan juga paparan sinar UV.

Kurangi Minyak Berlebih

Ilustrasi kulit berminyak. (Pinterest)

Kulit wajah yang berminyak akan mudah memunculkan jerawat dan komedo. Selain itu, kulit yang berminyak juga akan menyumbat pori-pori wajah.

Argan oil dapat digunakan untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah dan mengatasi pori-pori yang tersumbat. Argan oil juga mampu menyerap minyak pada kulit wajah, dapat mengurangi masalah komedo serta meninggalkan residu pada permukaan kulit.

Atasi Dermatitis Atopik

Ilustrasi Dermatitis Atopik. (Pinterest)

Dermatitis atopik merupakan gejala kulit yang diakibatkan oleh rasa gatal, sehingga menimbulkan ruam merah pada kulit. Kandungan vitamin E dan sifat anti-inflamasi pada argan oil juga dapat membantu mengatasi gejala dermatitis atopik sehingga dapat memberikan efek yang menenangkan dan juga mengurangi rasa gatal pada kulit.

Atasi Stretch Mark

Ilustrasi Stretch Mark. (Pinterest)

Stretch mark dapat terjadi pada ibu hamil atau pada bagian paha. Untuk mengatasi stretch mark, kamu dapat memanfaatkan argan oil untuk meningkatkan elastisitas kulit.

Kandungan vitamin A dan E dalam argan oil juga dapat memudarkan bekas stretch mark. Kamu bisa mengoleskan argan oil ke permukaan kulit dengan cara memijat secara perlahan untuk membantu menhilangkan bekas stretch mark.

Walaupun dikenal sejak ratusan tahun lalu sebagai bahan alami untuk kecantikan dan kesehatan, tentunya penggunaan argan oil harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak berlebihan. Kamu dapat menghentikan penggunaan argan oil jika kulitmu mulai menunjukan ketidakcocokan, seperti ruam merah, iritasi kulit hingga gatal-gatal.