Moms, Ketahui 5 Manfaat ASI bagi Bayi

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Moms, Ketahui 5 Manfaat Asi Bagi Bayi

Manfaat ASI bagi Bayi. (Special)

Ladiestory.id - Perkembangan zaman sering membuat orang menjadi manusia yang malas. Hal ini juga terjadi bagi beberapa ibu yang enggan menyusui sang buah hati. Dengan berbagai alasan, mulai dari air susu ibu yang tidak keluar hingga memang tidak memiliki waktu untuk memberikannya.

Namun teknologi yang semakin maju berdampak pada mudahnya pemberian ASI untuk bayi. Seperti contoh, seorang ibu dapat memompa payudara dan menyimpan ASI di kulkas. Meskipun sang ibu bekerja atau tidak dapat direct langsung, sang bayi tetap dapat meminum ASI.

Manfaat ASI bagi Bayi. (Special)

Terlebih, memberikan ASI sering dirindukan oleh banyak calon ibu. Sebab itulah salah satu peran penting bagi mereka. 

Tak hanya itu, namun memang ASI terbukti memiliki banyak manfaat bagi ibu dan bayi. Agar semakin semangat memberikan ASI untuk buah hati, yuk ketahui lima manfaat ASI untuk bayi.

1. Bayi Memiliki Sistem Kekebalan Tubuh yang Kuat

Manfaat ASI bagi bayi yang pertama adalah membetuk sistem kekebalan yang kuat bagi si Kecil. Sebab di dalam ASI, terdapat zat antibodi yang dapat melawan virus dan bakteri.

Oleh sebab itu, jika si bayi diberikan ASI lebih intens, dia akan jarang sakit dibanding bayi yang diberikan susu formula. Bahkan terhindar dari beberapa penakit seperti asma, infeksi, diare, hingga alergi.

Selain itu, risiko mengalami obesitas dan diabeters tipe 2 lebih rendah dibanding bayi yang tidak diberi air susu ibu secara eksklusif.

2. Perkembangan Otak dan Fisik Bayi

Manfaat ASI yang selanjutnya adalah membantu proses perkembangan fisik dan otak bayi. Sebab bayi yang baru berusia 0 hingga 6 bulan belum boleh mengonsumsi apapun selain ASI. Nah, nutrisi yang di dapat hanyalah berasal dari air susu ibu.

Oleh sebab itu, bayi dengan usia 0-6 bulan sangat dianjurkan untuk diberi air susu ibu dibanding susu formula. Bahkan ada sebuah penelitian yang dapat menunjukan kalau bayi diberi ASI akan memiliki kecerdasan yang lebih tinggi.

Manfaat ASI bagi Bayi. (Special)

3. Berat Badan Bayi Ideal

Jika bayi diberikan ASI, maka mereka akan memiliki berat badan yang ideal. Sehingga sang bayi terhindari dari obesitas atau kelebihan berat badan.

Sebab para ahli mengatakan kalau air susu ibu lebih sedikit merangsang produksi insulin dibanding susu formula. Insulin inilah yang mampu memincu pembentukan lemak.

Selain itu, ASI juga memiliki kadar leptin yang lebih tinggi. Leptin sendiri merupakan hormon yang dapat menimbulkan rasa kenyang dan berperan dalam metabolisme lemak.

4. Membangun Kedekatan Ibu dan Bayi

Tidak bisa dimungkiri manfaat ASI begitu kuat hingga dapat membangun kedekatan antara sang ibu dan bayi. Sebab mau tidak mau, ketika seorang ibu memberikan ASI, maka akan terjadi skin to skin.

Inilah proses yang dapat membentuk ikatan dan kedekatan. Tentunya hal ini sangatlah penting bagi bayi maupun sang ibut.

Tak hanya itu, memberikan ASI kepada bayi dapat seolah mengatur detak jantung hingga pernapasan bayi. Bahkan memberikan air susu ibu dapat menjaga suhu tubuh bayi tetap sempurna.

Manfaat ASI bagi Bayi. (Special)

5. Meningkatkan Kesehatan Bayi Prematur

Lahir sebelum hari peringatan kelahiran atau lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu, biasanya disebut dengan bayi prematur. Tentunya bayi prematur sangat memerlukan perawatan.

Nah, terutama bagi bayi prematur sangat dianjurkan untuk diberikan ASI secara ekslusif. Sebab hal ini mampu meningkatkan kesehatan sang buah hati.

Bahkan terdapat sebuah penelitan yang mengatakan jika ASI dapat melindungi bayi prematur dari necrotising enterocolitis (NEC), sepsis, penyakit paru-paru kronis, dan kondisi fatal lainnya.