Tidak Hanya untuk Bayi, Ini 7 Manfaat Baby Oil untuk Wajah Orang Dewasa

Kamis, 7 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Tidak Hanya Untuk Bayi, Ini 7 Manfaat Baby Oil Untuk Wajah Orang Dewasa

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Baby oil adalah sejenis minyak mineral yang tidak memiliki bau ataupun warna. Sama dengan petroleum jelly, baby oil adalah produk sampingan dari minyak yang sudah disuling atau melalui proses tertentu.

Kandungan baby oil terdiri dari 98 persen minyak mineral dan 2 persen zat pewangi, selain itu produk ini juga bersifat hypoallergenic (tidak rentan menimbulkan alergi) dan bebas dari kandungan paraben, phthalate, dan zat pewarna.

Apa Manfaat Baby Oil untuk Wajah?

Salah satu manfaat baby oil untuk wajah adalah menghapus make up juga melembapkan wajah. Pernahkah terpikirkan olehmu bahwa baby oil bisa berguna bagi wajah?

Walaupun kegunaan baby oil awalnya ditujukan untuk melembapkan dan merawat kulit bayi, sebenarnya ada manfaat baby oil untuk wajah orang dewasa, lho. 

Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa manfaat baby oil untuk wajah di bawah ini masih belum teruji secara ilmiah mengenai keefektifannya. Maka dari itu, penggunaan baby oil pada wajah tetap memerlukan kehati-hatian.

Berbicara mengenai manfaatnya. Mungkin, salah satu dari kalian ada yang penasaran apa saja si manfaat baby oil selain untuk membersihkan make up dan melembabkan. Nah berikut manfaat baby oil untuk wajah dan cara menggunakannya.

1. Menghilangkan Noda di Kulit Wajah

Foto: Ladiestory.id

Manfaat baby oil untuk wajah selain melembapkan dan menghapus make up pada wajah, juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda di kulit wajah.

Misalnya, jika wajah kamu tidak sengaja terkena coretan spidol atau tinta, kamu bisa menghilangkan noda tersebut menggunakan baby oil.

2. Menyamarkan Kantung Mata

Manfaat lainnya dari baby oil adalah bisa menyamarkan kantung mata yang menghitam atau bengkak, pasti salah satu manfaat ini yang paling dicari kamu. Sebab banyak sekali masalah kantung mata, atau mata panda yang menjadi masalah besar bagi wajah.

Tak salah jika kamu mencoba cara tersebut. Sekarang jika kamu punya kantong mata atau mata panda kamu bisa gunakan baby oil untuk menyamarkannya. Namun, perlu diperhatikan pula jika pemakaian baby oil bisa menimbulkan milia.

3. Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Foto: Ladiestory.id

Manfaat baby oil untuk wajah selanjutnya bisa untuk mengatasi bibir kering dan pecah. Nah, bagi kamu yang bibirnya sering kering dan pecah-pecah, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan baby oil. Bibir kering dan pecah-pecah tentu dapat mengganggu penampilan.

Penggunaan lipstik pun jadi tidak terasa maksimal karena hal ini. Biasanya untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah, kamu bisa membuat scrub bibir alami dengan campuran beberapa tetes baby oil, perasan jeruk lemon segar, dan setengah sendok teh gula pasir dalam sebuah mangkuk kecil.

4. Merapikan Bulu Alis

Manfaat baby oil untuk wajah bisa digunakan untuk alis juga, lho. Jika kamu memiliki bulu alis yang sulit untuk dirapikan, cara menggunakan baby oil ini bisa menjadi pilihannya.  Kegunaan baby oil bisa membantu membentuk alis sesuai yang kamu inginkan dan membuatnya tampak lebih rapi.

5. Sebagai Pengganti Krim Cukur

Foto: Ladiestory.id

Ternyata, manfaat baby oil untuk wajah juga bisa digunakan sebagai pengganti krim cukur. Bagi sebagian pria, mencukur rambut di wajah harus dilakukan secara rutin guna menjaga penampilan.

Namun, mencukur tanpa menggunakan krim cukur bisa menyebabkan kulit wajah iritasi, ya. Jadi, jika kamu kehabisan krim pencukur, cara menggunakan baby oil bisa jadi solusinya. Kegunaan baby oil ini bisa membuat kulit terasa lembap dan kenyal sehingga memudahkan proses pencukuran.

6. Mengurangi Bekas Luka

Bagi kamu yang memiliki bekas luka di wajah, penggunaan baby oil bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kemunculan bekas luka. Dengan mengoleskan beberapa tetes baby oil secara rutin diyakini mampu mengurangi tampilan bekas luka dan kulit wajah terasa kenyal.

7. Meredakan Rasa Gatal akibat Kondisi Kulit Tertentu

Foto: Ladiestory.id

Manfaat terakhir dari baby oil untuk wajah bisa adalah dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman pada kulit, seperti rasa gatal. Ini mungkin umum terjadi pada orang yang memiliki kulit kering dan kondisi kulit tertentu, misalnya psoriasis.

Rasa gatal yang ditimbulkan secara signifikan dapat berkurang saat memijat area kulit dengan baby oil setidaknya selama 15 menit per hari selama 3 minggu berturut-turut.

Jika kamu tertarik ingin menggunakannya, kamu bisa melakukannya dengan mencuci muka menggunakan sabun pembersih yang kandungannya ringan dulu. Lalu keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.

Tuang beberapa tetes baby oil pada telapak tangan dan oleskan pada seluruh permukaan wajah secara merata menggunakan jari-jari tangan yang sudah bersih. Baby oil ini bisa digunakan pada pagi, siang, atau malam hari untuk mendapatkan manfaatnya. 

Nah, itu dia beberapa manfaat dari baby oil untuk wajah. Sebelum mencoba menggunakan baby oil untuk wajah, ada baiknya untuk melakukan patch test terlebih dahulu.