Manfaat Daun Singkong Bagi Tubuh Saat Dikonsumsi, Baik untuk Ibu Hamil!

Jumat, 12 April 2024 | 00:00:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Manfaat Daun Singkong Bagi Tubuh Saat Dikonsumsi, Baik Untuk Ibu Hamil!

Ilustrasi Daun Singkong. (Pixabay.com)

Ladiestory.id - Singkong adalah ketela yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagian umbinya sangat sering dijadikan pengganti makanan pokok. Namun tak hanya umbinya saja, daun singkong juga banyak diolah menjadi berbagai menu masakan mulai dari lalapan, hingga aneka sayuran daun singkong.

Selain menjadi santapan, banyak orang Indonesia juga memetik daun singkong dengan alasan untuk memelihara kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit.

Dalam penelitian Awoyinka et al.(1995), dijelaskan bahwa jika dibandingkan daun singkong dengan sayuran hijau lainnya, nutrisi singkong akan berkurang. Namun daun tanaman ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nutrisi yang terdapat pada akar singkong.

Daun singkong mengandung nutrisi penting termasuk vitamin, protein, mineral dan asam amino alami, yang mana semuanya mengandung masing-masing manfaat.

Protein yang terkandung dalam daun singkong bermanfaat membentuk sel tubuh dan melancarkan sistem enzim dalam tubuh. Selain itu, masih banyak manfaat daun singkong lainnya untuk kesehatan tubuh.

Baik untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Daun Singkong. (Pixabay.com)

 

Ibu hamil diketahui membutuhkan banyak vitamin C dan folat. Kedua suplemen ini diresepkan sejak awal masa kehamilan. Kabar baiknya, folat dan vitamin C banyak ditemukan pada daun singkong.

Secangkir singkong mengandung 15 persen kebutuhan folat harian dan 47 persen kebutuhan kalsium harian. Oleh karena itu, mengonsumsi daun singkong dalam semur dan sup selama masa kehamilan meningkatkan kandungan vitamin C dan folat ibu hamil.

Memperkuat Imunitas

Ilustrasi Daun Singkong. (Pixabay.com)

 

Dilansir dari Stylecraze Online, dicatat bahwa folat dan vitamin C, yang ditemukan dalam daun singkong, sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dengan menyerang inti virus dan bakteri, sehingga menyebabkan kematian.

Ini juga menjaga kesehatan tulang dan merupakan antioksidan baik yang menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas diketahui mempunyai kaitan dengan kanker, dengan begitu kandungan folat bisa membantu produksi sel-sel dalam tubuh, sehingga membantu membuat materi genetik untuk kehidupan dan mencegah mutasi DNA.

Obati Penyakit Rematik

Ilustrasi Daun Singkong. (Pixabay.com)

 

Penyakit rematik adalah penyakit pada otot dan persendian. Seperti osteoporosis, artritis, spondilitis, dan lupus adalah beberapa contohnya.

Daun singkong kaya akan magnesium. Oleh karena itu, penelitian ini menemukan bahwa pola makan tinggi magnesium menyebabkan penurunan tingkat tekanan darah sehingga mengurangi kemungkinan penyakit rematik sepanjang hidup.

Mencegah Kanker

Ilustrasi Daun Singkong. (Pixabay.com)

 

Sebuah studi oleh Cléro et al.(2012) menemukan bahwa singkong membantu mencegah penyakit yang mengancam jiwa seperti kanker.

Hal ini disebabkan kandungan B17 pada daun ini membantu merangsang kandungan sel darah merah yang sering menyebabkan kanker.

Mengobati Stroke

Ilustrasi Daun Singkong. (Pixabay.com)

 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa daun singkong membantu mengobati stroke karena daun singkong memiliki kandungan isollavon yang efektif.