7 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Selasa, 15 November 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Ilustrasi daun singkong. (Special)

Ladiestory.id - Daun singkong sangat akrab dengan masakan Nasi Padang. Banyak orang menyukai daun singkong tersebut. Namun, ada pula yang tak suka dengan daun singkong ini karena rasanya yang kurang nikmat. Padahal, daun singkong ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Yuk, langsung ketahui apa saja manfaat daun singkong. 

Bantu Proses Regenerasi Sel

Ilustrasi Olahraga (Special)

Daun singkong memiliki kandungan asam amino esensial. Kandungan ini mampu membantu proses regenerasi sel-sel di dalam tubuh manusia. Pasalnya, asam amino meruapakan salah satu protein. Protein ini berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Sehingga, sel-sel tersebut mampu berfungsi kembali. 

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Daun singkong bisa membantu untuk meningkatkan imunitas. Hal ini dikarenakan daun singkong memiliki kandungan vitamin C dan asam folat. Dua kandungan ini memang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C dan asam folat juga mampu menghancurkan bakteri. 

Kemudian, kedua kandungan ini juga mampu mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Terakhir, asam folat ini membantu meningkatkan produksi sel DNA dan membantu materi genetik.

Bantu Mengatasi Radang Sendi

Ilustrasi nyeri sendi. (Special)

Daun singkong sangat cocok dikonsumsi oleh oleh penderita radang sendi. Hal ini dikarenakan daun singkong memiliki kandungan magnesium tinggi. Diketahui, magnesium merupakan mineral penting. Sehingga, mineral bermanfaat bagi kesehatan terutama mengurangi peradangan.

Selain itu, mineral juga berfungsi untuk mengurangi risiko patah tulang. Pasalnya, mineral bisa membantu tulang dan perkembangan tulang. 

Obati Diare

Ilustrasi diare. (Special)

Untuk kamu yang sedang mengalami diare, tak perlu bingung. Pasalnya, kamu bisa mengonsumsi daun singkong tanpa harus meminum obat. Bahkan, poin ini telah dibuktikan oleh Journal of Ayurvedic and Integrative Medicine. Para peneliti menggunakan percobaan menggunakan tikus lab. 

Tikus tersebut mengalami diare. Kemudian, tikus tersebut diberi obat antidiare menggunakan daun singkong. Kamu cukup menggunakan 7 lembar daun singkong. Kemudian, rebus 7 lembar daun tersebut dengan 4 gelas air. Minum rebusan air tersebut sebanyak dua kali dalam sehari. Minumlah rebusan ini hingga penyakit diare sembuh. 

Baik untuk Wanita Hamil

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Biasanya, ibu hamil takut untuk mengonsumsi beberapa macam makanan hingga minuman. Namun, ibu hamil tak perlu khawatir saat memakan daun singkong. Pasalnya, daun singkong justru bagus untuk wanita hamil.

Daun singkong memiliki kandungan zat besi tinggi. Hal ini membantu untuk mengindari anemia. Selain itu, kandungan folat dan vitamin C yang tinggi sangat baik untuk wanita hamil.

Tingkatkan Fungsi Kognitif

Fungsi Otak (Special)

Mengonsumsi daun singkong mampu meningkatkan fungsi kognitif. Hal ini dikarenakan daun singkong memiliki senyawa antioksidan. Bahkan, daun singkong ini memiliki beta-karoten. Diketahui, beta-karoten ini berfungsi untuk memori dan otak. Namun, memang poin ini masih memerlukan studi lebih lanjut agar mengetahui keefektifan daun singkong.

Bantu Atasi Demam dan Sakit Kepala

Ilustrasi Demam. (Special)

Jika keluarga sedang sakit kepala atau demam, tak perlu bingung dan panik. Daun singkong dapat menjadi bahan alami yang bisa mengatasi dua masalah tersebut. Selain daunnya, mengatasi demam dan sakit kepala juga memerlukan akar pohon singkong. Kamu bisa merebus kedua bagian ini untuk dijadikan obat demam dan sakit kepala. 

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengonsumsi akar dan daun singkong. Pakai perbandingan 400 gram dengan satu liter air. Rebuslah kedua bahan ini hingga air berkurang. Setelah air berkurang menjadi setengah, dinginkanlah sebelum akhirnya diminum.