Manfaat Kombucha bagi Kulit, Bisa Bantu Bersihkan Wajah

Senin, 24 Oktober 2022 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Manfaat Kombucha Bagi Kulit, Bisa Bantu Bersihkan Wajah

barenbliss. (Special)

Ladiestory.id - Kombucha merupakan teh yang telah difermentasi dengan bantuan jamur dan bakteri baik, yang disebut bakteri probiotik. Setelah proses fermentasi, kombucha akan berkarbonasi dan mengandung enzim, berbagai jenis vitamin B, probiotik, cuka, dan kandungan asam yang tinggi. Kandungan inilah yang menjadikan kombucha sebagai bahan aktif dalam banyak produk skincare.

Sifat probiotik kombucha membantu mengurangi kondisi kulit yang meradang, seperti eksim, rosacea, hingga jerawat. Kombucha pada skincare pun dapat menghilangkan jerawat yang meradang, merah, dan nyeri saat disentuh. 

Ilustrasi kombucha. (Special)

Kandungan bakteri asam laktat dalam kombucha dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi hiperpigmentasi kulit. Pasalnya, asam laktat adalah pengelupas kulit yang lembut dan dipercaya tidak menimbulkan efek pengelupasan, seperti  kemerahan atau iritasi.

Karena manfaat kombucha yang bagus untuk kulit, barenbliss kini meluncurkan barenbliss K.O! Kombucha Omega Deep Cleansing Balm. Produk ini terdiri dari dua lapisan yang diklaim penuh nutrisi untuk kulit, dan mampu melelehkan makeup dan kotoran di wajah.

barenbliss. (Special)

Cleansing Balm ini mengandung Kombucha Black Tea Ferment yang menutrisi kulit dan kaya akan antioksidan. Produk ini diperkaya dengan Ceramide dan Omega 3-6-9 yang bagus untuk melindungi dan memulihkan skin barrier. Selain itu ada pula Nourishing Natural Complex yang dapat meningkatkan elastisitas kulit dan meningkatkan kesehatan kulit.

Kombucha black tea ferment kaya akan polisakarida, polifenol teh, asam amino, antioksidan, dan prebiotik. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak teh hitam memiliki perlindungan radiasi UV spektrum luas dan dapat digunakan dalam dosis besar pada permukaan kulit tanpa menimbulkan efek toksik pada kulit. Memiliki efek anti-aging yang bagus pada kulit sekaligus menutrisi kulit,” ungkap Fivyola Hendra, Marketing Director barenbliss Indonesia.

Teruji secara klinis, cleansing balm ini disebut tidak menimbulkan kemerahan, kekeringan, dan peradangan pada kulit setelah pemakaian. Diformulasikan dengan bahan minimal dan #noharm, produk ini diklaim tidak akan membebani kulitmu.

Selain K.O! Kombucha Omega Deep Cleansing Balm, barenbliss juga meluncurkan 10 Elements! Amino Acid Rich Foam Cleanser, pembersih kaya busa dengan pH rendah dan mengandung 10 bahan esensial.

barenbliss. (Special)

Menurut Fivyola, membersihkan makeup waterproof membutuhkan double cleansing untuk hasil yang maksimal. Agar double cleansing efektif, gunakan cleanser yang berbahan dasar minyak pada urutan pertama, kemudian tahap kedua gunakan cleanser berbahan dasar air.

Pembersih berbahan dasar minyak efektif untuk menghilangkan sisa noda yang membandel, seperti waterproof makeup, heavy makeup, sebum dan tabir surya. Langkah ini dapat membantu pembersih tahap kedua untuk bekerja menghilangkan kotoran dan keringat secara lebih efektif. Selain itu, double cleansing juga berfungsi merevitalisasi kulit yang kusam serta membantu penyerapan skincare.