8 Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Untuk Kesehatan

Kamis, 23 September 2021 | 11:33:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

8 Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Untuk Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Bukan hanya untuk menghilangkan haus, air putih juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Karena itu sangat dianjurkan konsumsi air putih rutin setiap hari sedikitnya 8 gelas atau 2 liter. 

Bahkan dalam kondisi tertentu seperti habis berolahraga, mengalami demam, muntah-muntah, diare hingga pada cuaca panas di sarankan lebih banyak lagi minum air putih.

Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Untuk Kesehatan

Inilah manfaat luar biasa yang akan kamu rasakan bila rutin setiap hari minum air putih minimalnya 8 gelas.

1. Mencegah Batu Ginjal

Foto: Ladiestory.id

Konsumsi air putih dengan cukup dapat mencegah terbentuknya batu ginjal atau mencegah kambuhnya kembali bagi seseorang yang pernah menderita penyakit tersebut. 

Hal ini karena dengan asupan cairan yang cukup maka dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme lewat urine serta mencegah terbentuknya kristal yang bisa menyebabkan batu ginjal.

2. Meningkatkan Stamina

Tubuh butuh energi untuk dapat menjalani aktivitas sehari-hari. Sumber energi bukan hanya didapat dari makanan. Dengan cukup konsumsi air putih juga bisa membuat tubuh tidak lemas selama beraktivitas.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Foto: Ladiestory.id

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan terganggunya fungsi otak, terutama kemampuan dalam konsentrasi. Hal ini akan berdampak pada aktivitas maupun produktivitas kamu sepanjang hari. Karena itulah, rutin mengonsumsi air putih, dapat membuat otak berfungsi dengan optimal.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan kulit kering. Karena itu, untuk mengembalikan kelembapan kulit serta agar kulit selalu terhidrasi, kebutuhan cairan dalam tubuh harus selalu terpenuhi dengan rutin minum air putih.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Foto: Ladiestory.id

Kekurangan cairan juga bisa mengganggu fungsi pencernaan. Sehingga mengakibatkan gangguan kesehatan, seperti sembelit. Untuk mencegah hal itu cukup dengan rutin konsumsi air putih minimalnya 8 gelas per hari.

6. Menjaga Tensi Darah Tetap Stabil

Air adalah bagian terbesar dari darah. Jika kamu kekurangan cairan tubuh, darah akan lebih kental dan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan elektrolit, seperti natrium dan kalium, yang terdapat di dalam darah.

Kurangnya cairan tubuh juga bisa berisiko pada menurunnya tekanan darah. Oleh sebab itu, rutin mengonsumsi air putih dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

7. Menjaga Kesehatan Otot dan Sendi

Foto: Ladiestory.id

Konsumsi air putih minimalnya 8 gelas per hari juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot dan sendi tubuh. Dengan begitu, otot tidak kaku dan tubuh pun tidak cepat lelah saat bergerak ataupun beraktivitas.

8. Menjaga Berat Badan Tetap Seimbang

Mengonsumsi air putih diketahui dapat meningkatkan metabolisme sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak dan membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Hal ini tentu saja akan membuat menurunnya berat badan.

Selain itu, minum air putih sebelum makan diketahui dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, asupan kalori ke dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkontrol.

Setelah kamu tahu manfaat luar biasa dari air putih, sudahkah kamu minum air putih 8 gelas hari ini?