Jangan Skip! Ini 6 Manfaat Rutin Pakai Sunscreen yang Wajib Kamu Tahu

Senin, 11 Juli 2022 | 19:15:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

Jangan Skip! Ini 6 Manfaat Rutin Pakai Sunscreen Yang Wajib Kamu Tahu

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan sunscreen. (Special)

Ladiestory.id - Sunscreen atau tabir surya merupakan produk yang wajib digunakan dalam rutinitas skincare pagi. Pasalnya, produk skincare ini berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit.

Lantas, apa saja manfaat sunscreen? Ladiestory.id telah merangkum enam manfaat menggunakan sunscreen secara rutin.

Lindungi Kulit

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan sunscreen. (Special)

Manfaat utama sunscreen adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Kedua sinar UV tersebut bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti munculnya noda hitam, flek, atau kulit menjadi kemerahan, dan bisa menyebabkan kulit seperti terbakar.

Saat kamu beraktivitas di luar ruangan, sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen agar bisa menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Meskipun berada di dalam ruangan, kamu juga disarankan untuk tetap menggunakan sunscreen. Apalagi, saat ini sudah banyak produk kecantikan yang mengeluarkan sunscreen untuk dalam ruangan.

Cegah Penuaan Dini

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

Menjadi tua itu sebenarnya adalah hal yang pasti, tetapi menjaga kulit hingga usia tua pun tetap boleh dilakukan, lho! Bahkan, usia remaja saat ini pun sudah banyak yang mendapati kerutan atau flek pada wajahnya.

Untuk itu, kamu disarankan untuk menggunakan sunscreen secara rutin walau di dalam ruangan untuk meminimalkan risiko penuaan dini. Dengan begitu, kulit tetap sehat meskipun nanti di usia yang sudah tidak lagi muda.

Ratakan Warna Kulit

Ilustrasi warna kulit tidak rata. (Special)

Sunscreen juga bermanfaat untuk membantu meratakan warna kulit. Buat kamu yang merasa kulit wajah memiliki warna yang tidak rata atau belang, kamu bisa mulai untuk menggunakan sunscreen secara rutin. Jika kamu menggunakan sunscreen secara rutin, maka secara perlahan warna kulit akan kembali sama.

Kurangi Risiko Kanker Kulit

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan sunscreen. (Special)

Ternyata, sunscreen bisa mengurangi risiko terjadinya kanker kulit. Gejala dari kanker kulit sendiri, seperti kulit bersisik atau perih. Menggunakan sunscreen bisa menjadi langkah awal dalam menjaga kulit tetap sehat.

Cegah Kulit Kusam

Ilustrasi wajah kusam. (Special)

Tak sedikit orang yang memiliki masalah kulit kusam. Banyak orang merasa bahwa dirinya sudah menggunakan rangkaian skincare tetapi kulit wajah masih terlihat kusam.

Mungkin, kamu lupa untuk menggunakan sunscreen pada step akhir skincare! Ternyata, sunscreen dapat mencegah kulit menjadi kusam, lho. Kulit kusam bisa disebabkan karena terkena paparan sinar matahari secara langsung. Maka, kamu disarankan untuk rutin menggunakan sunscreen.

Manfaat sunscreen yang wajib kamu tau. (Spesial)

Manfaat lainnya dari menggunakan sunscreen yaitu, bisa menutrisi kulit. Dengan menggunakan sunscreen maka kulit akan lebih segar dan lembap karena ternutrisi oleh kandungan dalam produk tabir surya tersebut.

Setelah mengetahui manfaat penggunaan sunscreen secara rutin, sebaiknya kamu tidak melewatkan step terakhir dalam rangkaian skincare pagi ini.