Manfaat Sungai yang Berada di Daerah Kalimantan: Klotok dan Jukung

Jumat, 25 Juni 2021 | 17:46:35

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Manfaat Sungai Yang Berada Di Daerah Kalimantan: Klotok Dan Jukung

Foto: Twitter/SAHID

Sungai memiliki banyak peranan penting untuk masyarakat, salah satunya menjadi sumber kehidupan. Oleh sebab itu patut untuk kita menjaga kebersihan sungai.

Sungai adalah aliran air di permukaan yang besar dan berbentuk memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Sungai merupakan tempat mengalirnya air secara grafitasi menuju ke tempat yang lebih rendah, Sungai juga merupakan salah satu wadah tempat berkumpulnya air dari suatu kawasan.

Menjaga kelestarian sungai juga harus dilaksanakan oleh semua orang terlebih masyarakat yang tinggal di daerah banyak sungai seperti di Kalimantan.

Kalimantan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sungai sebagai salah satu sumber daya alamnya. Sebagai contoh di Kalimantan Selatan memiliki sungai terbesar dan terpanjang yakni Sungai Barito, yang mata airnya berasal dari pedalaman Kalimantan Tengah dan bermuara ke Laut Jawa.

Sehingga keberadaan sungai di Kalimantan sangatlah bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Berikut informasi mengenai manfaat sungai yang berada di daerah Kalimantan

Apa Saja Manfaat Sungai yang Berada di Daerah Kalimantan?

  1. Sarana Transportasi

Foto: Twitter/PangkalanBun310

Sejak dulu sungai di Kalimantan khususnya wilayah Kuin memegang peranan penting sebagai jalur transportasi di wilayah tersebut. Meskipun frekuensi transportasi sungai mulai berkurang, namun masih ada sebagian warga yang menggunakan jalur sungai.

Setiap pagi transportasi tradisional sungai, seperti jukung dan klotok (taksi klotok) yang hilir mudik di sungai. Jukung adalah istilah yang digunakan oleh seluruh masyarakat dataran rendah Barito dan digunakan untuk semua jenis perahu atau badan kapal.

Biasanya alat transportasi sungai yakni jukung dan klotok digunakan untuk mengangkut barang-barang dagangan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, dan lain sebagainya.

Transportasi klotok ini biasa dipakai untuk mengangkut para siswa yang akan menuju ke sekolahan masing-masing. Dalam konteks ini penggunaan transportasi klotok sama halnya menggunakan angkat atau bus sekolah. Ongkos klotok pun bisa terbilang murah jika dibanding dengan ojek motor.

  1. Sebagai Pasar

Foto: Twitter/SAHID

Jika Anda pernah melihat beberapa tayangan di televise ada kegiatan jual beli di sungai dengan perahu, itulah salah satu manfaat sungai yang berada di Kalimantan. Perahu yang digunakan untuk berdagang merupakan alat transporatasi yaitu klotok ataupun jukung.

Biasanya penjual tetap berada di dalam jukung atau kelotok-nya, sedangkan para pembeli berada di atas batang atau titian. Di tempat itulah terjadi traksaksi perdagangan.

Menurut beberapa orang, harga barang-barang tersebut lebih murah dibanding di pasar. Sebab penjual mengambil dagangannya langsung dari petani, bahkan bisa berasal langsung dari tangan pertama (produsen). Oleh karena itu barang-barang dagangan, seperti ikan, sayur, dan buah masih dalam kondisi segar.

  1. Kegiatan Mandi dan Mencuci

Banyak dari pedagang yang memanfaatkan waktu berjualan untuk mencuci. Ketika berada di klotok, biasanya para pedagang juga sambil membawa cucian. Artinya sambil mengerjakan pekerjaan mencuci, selain itu mereka bisa sambil berbelanja untuk keperluan konsumsi sehari-hari.

Jika sore hari, banyak anak-anak yang mandi dan berenang di sungai tersebut.

  1. Pengairan dan Irigasi

Salah satu manfaat utama sungai yakin pengairan dan irigasi yang banyak dilakukan di tempat-tempat pertanian. Irigasi merupakan satu hal yang sangat penting sebab banyak layanan masyarakat atau kegiatan cocok tanam masyarakat masih membutuhkan air. Air ini inilah yang di dapat dari sungai yang berada di kawasan Kalimantan.

Itulah 4 manfaat sungai yang berada di daerah Kalimantan.