Mantan Karyawan BBC Ungkap Kasus Intimidasi DJ Tim Westwood

Rabu, 27 Juli 2022 | 15:00:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Mantan Karyawan Bbc Ungkap Kasus Intimidasi Dj Tim Westwood

DJ Tim Westwood (Spesial)

Ladiestory.id - Seorang mantan karyawan BBC mengungkapkan bahwa mereka dirinya diperingatkan untuk tidak mengambil tindakan lebih lanjut terkait tindakan intimidasi yang dituduhkan ke DJ Tim Westwood.

Desas desus mengenai DJ Tim Westwood yang dikatakan melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah perempuan mencuat pada awal tahun ini. Hal itu yang kemudian membuat DJ Tim Westwood mundur dari acara radio Capital Xtra.

Kasus itu kemudian diperkuat dengan kesaksian mantan karyawan BBC yang menyampaikan keresahannya terkait kasus tersebut. Dilansir dari The Guardian, ia mengatakan bahwa memang benar jika DJ Tim Westwood terlibat kasus yang dituduhkan. 

Saksi tersebut kemudian mengaku bahwa ia diperingatkan untuk tidak mengambil tindakan lebih lanjut. Ia diperingatkan untuk diam dan tidak berkata apa-apa lagi terkait kasus tersebut. Dia juga bahkan diingatkan untuk berhati-hati dengan ucapannya.

Tak hanya datang dari satu orang, mantan karyawan lainnya juga mengatakan bahwa sejumlah komplain resmi maupun tak resmi sudah dilayangkan kepada DJ Tim Westwood. Komplain tersebut terkait dengan perlakuannya sang DJ terhadap rekan kerjanya.

Kasus ini bahkan memiliki film dokumenter sendiri yang berjudul “Tim Westwood: Abuse of Power”. Dalam film dokumenter itu, para korban bersaksi atas perilaku DJ Tim Westwood yang menyalahgunakan kekuasaannya untuk eksploitasi seksual terhadap mereka.

Namun, juru bicara DJ Tim Westwood mengklaim jika sang DJ tak pernah mendapatkan keluhan atas kasus yang dituduhkan.

"Klien kami menegaskan bahwa tidak pernah ada keluhan yang dibuat terhadapnya, baik secara resmi maupun tidak resmi, terkait dengan klaim perilaku yang tidak pantas seperti yang dijelaskan,” jelas juru bicara DJ Tim Westwood.

Namun, kemudian direktur jenderal BBC, Tim Davie, mengkonfirmasi bahwa perusahaan telah menerima enam keluhan terkait dengan tuduhan intimidasi dan pelanggaran seksual diikuti dengan permintaan kebebasan informasi dari BBC News. Oleh karena itu, penyelidikan terhadap kasus tersebut masih terus berlanjut.