Maudy Ayunda dan Suami Kenakan Busana Adat Jawa, Didiet: Kembali Ke Akar

Kamis, 9 Juni 2022 | 22:00:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Maudy Ayunda Dan Suami Kenakan Busana Adat Jawa, Didiet: Kembali Ke Akar

Maudy Ayunda dan Suami. (Instagram.com/maudyayunda)

Ladiestory.id - Setelah foto Maudy Ayunda dan Jesse Choi yang menggunakan hanbok (busana tradisional Korea) ramai menjadi perbincangan publik, kini potret pasangan pengantin baru itu yang tengah mengenakan busana adat Jawa menjadi sorotan.

Dalam foto unggahan Didiet Maulana, desainer Indonesia yang berfokus pada busana tradisional Indonesia, Maudy memakai kemben dan Jesse menggunakan beskap yang membuat keduanya terlihat memiliki kesan klasik khas Jawa. Busana yang mereka kenakan merupakan karya Didiet Maulana.

Didiet Maulana menjelaskan busana adat Jawa yang dipakai Maudy & Jesse (Instagram.com/didietmaulana)

"Kembali Ke Akar," tulis Didiet Maulana pada caption unggahannya di Instagram pada Rabu (8/6/2022).

Didiet menambahkan bahwa tampilan busana tradisional itu terinspirasi dari pakaian yang dikenakan oleh masyarakat Jawa era 1800an dan awal 1900an.

"Tampilan klasik untuk sepasang pengantin, Maudy dan Jesse, kami hadirkan sebuah tampilan fresh yang terinspirasi dari busana klasik yang kerap dipakai oleh masyarakat Jawa di era 1800an dan awal 1900an," jelas Didiet.

Tak hanya itu, untuk melengkapi kesan klasik Maudy, Didiet juga menyematkan aksesoris emas pada rambut Maudy dan bros sebagai aksen hiasan antik pada bagian dada. Walaupun bertemakan busana adat Jawa, namun Didiet juga menambahkan kain tenun dari Sumba sebagai ikat pinggang busana Maudy.

"Kain kemben klasik buatan tahun 1930 berpadu dengan kain motif bunga prada emas buatan tahun 1960. Maudy mengenakan aksesoris emas rambut klasik dengan bros antik 1800. Dan uniknya memakai ikat pinggang dari tenun Sumba," lanjut Didiet.

Sedangkan untuk Jesse, Didiet memilih kain tenun Tanimbar sebagai ikat pinggangnya. Motif kainnya pun tidak sembarangan. Motif Udan Liris yang melambangkan rejeki dan berkah.

"Jesse memakai kemeja dengan beskap berwarna tanah dengan ikat pinggang dari tenun Tanimbar, dengan pending emas antik. Jesse memakai batik motif Udan Liris, perlambang rejeki dan barokah," lanjut Didiet.

Pada akhir caption unggahannya, Didiet tak lupa untuk mengucapkan terima kasihnya kepada Maudy dan Jesse yang telah memercayakan Didiet sebagai desainer mereka.

Maudy sendiri juga tak lupa untuk turut mengunggah foto-foto pernikahannya kemarin. Salah satunya foto Maudy dan Jesse yang mengenakan busana hasil desain Didiet Maulana.

s