Melly Goeslaw Kesal dan Merasa di-Bully! 5 Cara Ini Bisa Kamu Pakai untuk Hadapi Perlakuan Bullying!

Senin, 4 November 2019 | 14:25:56

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Melly Goeslaw Kesal Dan Merasa Di-Bully! 5 Cara Ini Bisa Kamu Pakai Untuk Hadapi Perlakuan Bullying!

Beberapa hari lalu, penyanyi sekaligus pencipta lagu Melly Goeslaw kesal lantaran ia merasa gayanya diperolok oleh sesama teman artis. Hal itu terjadi ketika seorang makeup artist Bubah Alfian mencoba menirukan gaya berpakaian dan riasannya ketika menghadiri acara pesta kostum saat Halloween Day kemarin. Lalu, beberapa nama besar seperti Rossa dan Vidi Aldiano disebut-sebut menertawakan penampilan Bubah yang menirukan performance style Melly dalam sebuah video rekaman. Hingga akhirnya Rossa dan Vidi yang tadinya tidak mengira akan menyakiti hati Melly, kemudian meminta maaf atas perlakuannya terhadap vokalis band Potret tersebut. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan perilaku bullying itu? Lalu, bagaimana cara menyikapinya jika kamu mengalami hal yang serupa dengan Melly Goeslaw? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Pengertian bullying menurut situs terpercaya Stopbullying.gov, adalah suatu perilaku agresif yang tidak diinginkan. Biasanya, terjadi pada anak-anak sekolah, dimana terdapat satu kekuasaan atau kekuatan yang digunakan untuk menindas anak-anak yang lemah. Nah, penindasan yang dimaksud harus mencakup adanya ketidakseimbangan kekuasaan, pengendalian, pengulangan, dan ancaman atau serangan terhadap sesorang secara fisik dan verbal, sekaligus juga perlakuan membedakan atau mengecualikan seseorang dalam suatu kelompok secara disengaja. Jika dilihat dari pengertiannya itu, apakah perlakuan yang didapatkan Melly Goeslaw adalah sebuah bentuk bullying? Pantaskah Melly merasa geram, jika seseorang dirasa telah menyerang penampilan gayanya? Pantas, sebab tindakan seseorang itu telah mengganggu ketenteraman emosi dan psikologisnya. Lalu, apa saja cara menyikapi perilaku bullying tersebut jika kelak kamu mengalaminya, Ladies?

1. Tetaplah Percaya Diri dan Tunjukkan Karya-Karyamu

Teruslah percaya diri

Orang yang gemar melakukan bullying terhadap orang lain akan merasa menang dan senang, jika tindakan yang mereka lakukan itu memengaruhi keberhasilan korbannya. Tapi, jika kamu sebagai korban bullying malah terus menunjukkan sikap tidak takut dan percaya diri, maka mereka akan merasa perlakuan sewenang-wenangnya terhadapmu itu gagal. Apalagi, kalau kamu terus menunjukkan karya-karyamu, Ladies. Dijamin, orang-orang yang senang melihatmu menderita itu akan capek sendiri dengan sendirinya!

2. Teruslah Terhubung, Bergabung, dan Bersosialisasi dengan Banyak Teman

Bergabunglah dengan teman-teman dekatmu

Ketika kamu merasa diperlakukan tidak mengenakkan oleh seseorang atau sekelompok orang, janganlah kamu malah menyendiri atau menarik diri dari orang lain. Beberapa pelaku bullying akan berupaya membuat korban mereka merasa tidak berdaya dan sendirian. Sebab, biasanya orang yang kerap sendiri dan tidak punya teman akan dianggap kurang populer dan tidak menarik. Jadi, sebaiknya kamu tetap bergabung dalam sekumpulan teman-teman baikmu. Agar si pelaku mengira, bahwa apa yang dilakukannya itu sia-sia karena ternyata masih banyak orang yang akan menemanimu dan mendukungmu.

3. Hadapi dengan Sikap Santai, Kepala Dingin, dan Tidak Terburu-buru Emosi

Jaga emosimu

Jika kamu merasa seseorang telah mengintimidasimu atau mengolok-olok fisik dan penampilanmu, ada baiknya jika kamu menghadapinya dengan kepala dingin ya, Ladies! Hindarilah untuk terburu-buru emosi atau malah memancing emosi. Gunakan akal sehatmu untuk menyusun strategi yang lebih halus kalau ingin menegur atau mengungkapkan ketidaksukaanmu atas perbuatan mereka. Jangan sampai malah kamu yang terpengaruh dan dikira melakukan bullying terhadap pelaku bully yang sebenarnya, hanya karena kata-kata kasarmu atau tindakanmu yang represif.

4. Tetap Sopan Ketika Menegur Sesorang yang Melakukan Bullying, Mulai Berikan Batasanmu Terhadap Mereka

Tegurlah dengan sopan

Tegurlah, kalau kamu ingin menegur perbuatan orang-orang yang membuatmu sakit hati. Akan tetapi, kamu harus menegurnya dengan tetap menggunakan kata-kata yang sopan, tidak balik menyakiti, atau bahkan membalas dendam. Setelah peristiwa itu berlalu, kamu boleh kok memberikan batasan dan jarakmu dengan mereka yang telah melakukan bullying terhadapmu. Pilihlah orang-orang yang kamu rasa tidak palsu, jujur, dan menerima keadaanmu apa adanya sebagai teman baikmu. Kamu juga boleh menciptakan lingkungan pertemanan sehatmu sendiri, Ladies!

5. Abaikan dan Teruslah Berkarya!

Abaikan saja mereka yang tak penting

Bullying tidak boleh membuatmu menjadi pribadi yang gentar dan apalagi memengaruhimu jadi malas berkarya. Tunjukkan pada orang-orang yang kerap mengolok-olokmu bahwa karyamu patut diapresiasi dan berguna bagi banyak orang. Jika suatu saat kamu mendapat perlakuan bullying dari seseorang yang tidak menyukaimu, kamu bisa mengabaikannya dan teruslah lanjut berkarya saja! Sejujurnya, orang-orang yang menindasmu itu tidaklah penting. Mereka hanya ingin melihatmu jatuh dan tidak sukses lagi. Jadi, cuekin saja!

Ada banyak cara untuk menyikapi perlakuan bullying yang sebenarnya sangat menyebalkan itu, Ladies. Selain kelima kiat tadi, satu hal yang mesti kamu tanamkan di dalam pikiranmu, yaitu janganlah takut kepada pelaku bullying itu sendiri.

Source foto: Cover: Instagram melly_instagram, 1-5. Freepik.com