Mengajarkan Nilai-Nilai Pendidikan Moral Pada Anak Melalui Ibadah Puasa

Sabtu, 25 Mei 2019 | 19:20:55

Mengajarkan Nilai-Nilai Pendidikan Moral Pada Anak Melalui Ibadah Puasa

Tidak terasa? ramadan sudah memasuki hari ke-20. Bagi kita yang telah dewasa,? menjalankan ibadah puasa adalah hal biasa yang sudah rutin kita jalankan setiap tahunnya. Berbeda dengan anak-anak yang masih di usia balita atau belum baligh, puasa adalah hal baru bagi mereka.??

Mengajak anak untuk belajar menjalankan ibadah puasa sangatlah dianjurkan. Agar nanti ketika mereka di usia wajib berpuasa,? mereka bisa menjalankan dengan sempurna. Selain itu banyak nilai-nilai baik yang bisa kita ajarkan melalui ibadah puasa.??

Yang penting ketika kita mengajarkan anak untuk berpuasa, semua harus dilakukan secara bertahap, sesuai dengan kemampuan mereka. Tidak harus langsung full puasa seharian, tapi bisa dimulai dengan berpuasa setengah hari, baru kemudian ditingkatkan durasinya.?

Kuncinya, aktivitas puasa harus?menyenangkan. Dibuat kegiatan yang membuat mereka lupa dengan rasa laparnya.? Berkunjung ke rumah saudara atau kawan yang sama-sama belajar berpuasa juga bagus, atau membelikan buku bacaan favorit kesukaan anak yang membuat mereka memiliki kesibukan.?
Selain itu? pemberian reward berupa pujian atau hadiah baik juga untuk kita lakukan untuk menambah motivasi mereka.??

Adapun nilai-nilai pedidikan yang bisa kita ajarkan melalui ibadah puasa, diantaranya adalah :

1. Melatih Kepekaan Sosial
Dengan berpuasa,? mereka akan merasakan bagaimana tidak enaknya rasa lapar. Sehingga membuat jiwa sosial mereka terasah dan peduli untuk membantu sesama. Misalnya dengan membagi makanan kepada orang yang membutuhkan atau yang lainnya.

2. Mendidik Untuk Disiplin
Pada saat puasa,? ada waktu dimana si anak belajar kapan boleh makan,? dan kapan harus berhenti makan.? Menyegerakan berbuka begitu adzan maghrib berkumandang,? dan harus mau bangun dini hari untuk makan sahur. Semua aktivitas ini akan membentuk kedisiplinan anak untuk menghargai waktu dan mengikuti aturan.

3. Melatih Kejujuran dan Meningkatkan Ketaqwaan
Puasa adalah ibadah yang sesungguhnya tidak terlihat, hanya diri sendiri dan Tuhanlah yang tahu. Dengan melatih anak berpuasa,? kita bisa sekalian mengajarkan? kejujuran. Dimana meskipun si anak sedang sendirian dan bisa saja membatalkan puasa tanpa ada orang yang melihat,? tetapi sesungguhnya ada Allah yang yang selalu mengawasi. Nilai keimanan inilah yang bisa kita tanamkan kepada anak.

4. Melatih Kebersamaan dan Kesederhanaan
Bulan puasa identik dengan kegiatan buka bersama.? Banyak masjid yang menyenggarakan kegiatan takjilan.? Mengajak anak ke masjid untuk mengikuti kegiatan takjilan bagus untuk sosialisasi dan mengajarkan kesederhanaan serta memberikan pengalaman religius bagi anak.??

5. Melatih Sabar
Bagi anak-anak, menunggu waktu berbuka adalah hal yang sangat berat. Di sinilah peran kita untuk memasukkan pesan moral, bahwa kesabaran akan membuahkan sesuatu yang manis. Sabar menunggu buka, dan sabar menunggu lebaran tiba.?

Begitu banyak nilai-nilai kebaikan yang didapat anak dari belajar berpuasa, sangat sayang kalau dilewatkan. Jadi, yuk ladies ajari anak untuk belajar berpuasa mulai dari sekarang...?