Mengenal Bahan Jersey: Jenis, Karakteristik, Kelebihan Dan Cara Merawatnya

Friday, 18 Jun | 15:57:10

LS Fashion

Penulis : LS Fashion

Mengenal Bahan Jersey: Jenis, Karakteristik, Kelebihan Dan Cara Merawatnya

Foto: Ladiestory.id

Bahan jersey merupakan salah satu bahan yang sudah tidak asing lagi di telinga. Jersey kerap diidentikan dengan kaos olahraga atau kaos cendera mata.

Dalam dunia fashion, bahan jersey tidak hanya untuk pakaian olahraga saja, tetapi banyak digunakan untuk busana muslim, mulai dari gamis hingga kerudung.

Sebelum membahas lebih jauh tentnag bahan jersey, ada baiknya untuk tahu apa itu bahan jersey.

Pengertian Bahan Jersey

Bahan jersey adalah bahan yang terbuat dari hasil rajutan kombinasi antara bahan sintetis dan bahan katun. Kain ini berasal dari Pulau Jersey yang letaknya di antara Prancis dan Inggris.

Karakteristik Bahan Jersey

Bahan jersey cukup  populer karena memiliki karakteristik yang fleksibel dan elastis, sehingga mudah direnggangkan. Selain itu, bahan jersey juga tidak mudah kusut dan tetap terlihat rapi walau tidak disetrika.

Bahan  ini juga memilki tekstur yang lembut dan halus senhingga nyaman dan terasa dingin saat dikenakan. Bahan jersey dikenal mudah jatuh mengikuti lekuk badan namun tidak ketat.

Tingkat ketebalan dari bahan ini pun termasuk beragam. Kain jersey yang lebih tebal biasanya digunakan untuk membuat gamis, sementara yang lebih tipis umumnya dapat digunakan sebagai bahan kerudung.

Bahan jersey menawarkan berbagai macam warna, mulai dari warna gelap hingga warna-warna pastel.

Jenis Bahan Jersey

Sebagai salah satu bahan yang diminati masyarakat, bahan jersey memiliki beragam jenis dan variasi. Berikut ini, beberapa jenis bahan jersey yang beredar dipasaran.

      1. High-Twist

Bahan jersey jenis ini lebih ekonomis dengan beragam warna yang ditawarkan. Hasil rajutan dari kain ini terlihat rapi dan mengkilap karena dicampur dengan bahan polyester.

Jenis bahan ini dibagi menjadi dua, yakni tenun dan kaos. High Twist tennun kerap dijadikan untuk membuat jas atau blazer. Sedangkan high twist kaos krap dimanfaatkan untuk seragam olahraga, kaos bola, atau bahkan selimut.

Kekurangan dari baha ini ialah mudah panas saat dikenakan.

      2. Spandeks

Kualitas bahan jersey satu ini lebih baik dan lebih mahal dibandingkan dengan bahan jersey high-twist. Bahan ini tidak bergitu mengilap, ringan, dan tidak panas. Warna yang ditawarkan cenderung warna-warna kalem.

      3. Jersey stella

Kualitas jersey jenis ini berada ditengah-tengah antara jenis high-twist dan spandex. Bahannya tidak telalu panas dan tidak telalu mengilap, namun tidak seringan spandex. Harga bahan jenis ini cenderung lebih terjangkau tapi tetap berkualitas.

      4. Scarlet dan Serly

Kain jersey yang satu ini menjadi bahan jersey yang dijual paling murah. Hal ini dikarenakan jersey scarlet dan serly memiliki tingkat ketebalan paling tipis dan ringkih.

      5. Jersey etiway

Jersey etiway masuk dalam golonngan jersey jenis high-twist, namun lebih tebal. Karakteristik dari bahan jenis ini adalah sedikit mengilap, sifat bahannya jatuh, dan adem.

      6. Serena

Kualitas bahan jersey serena cukup mirip dengan kualitas brand kenamaan seperti Adidas dan Nike. Hal ini karena bahan ini memiliki karakteristik kain yang lebut dan padat. Selain itu, bahan ini juga memiliki tingkat elastisitas yang tinggi.

Bahan ini pun mudah kering, dapat menyerap keringat dengan baik, serta sejuk saat dikenakan. Tak heran jika bahan jenis ini kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kaos olahraga.

      7. Crepe

Ciri khas dari jersey jenis ini ialah teksturnya yang mirip seperti kulit jeruk. Bahan jenis ini tergolong banyak digemari konsumen untuk membuat gamis hingga kerudung.

      8. Rayon

Bahan jersey ini memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik.Tekstur bahan ini lembut dan lentur sehingga banyak digunakan oleh para produsen pakaian.

      9. Drifit

Jenis jersey ini dibuat dari kombinasi serat poluester, nilon dan campuran katun. Bahan jenis ini memiliki keunggulan karena sifatnya yang adem, ringan, dan nyaman saat dikenakan. Bahan ini kerap digunakan untuk pembuatan baju olahraga, seperti bulu tangkis, tenis, dan sepak bola.

      10. Paragon

Karakteristik jenis ini adalah tidak melar dan lebih hangat. Harga bahan jersey paragon terholong murah dan sangat ekonomis. Bahan ini sering digunakan untuk membuat seragam basket.

Kelebihan Bahan Jersey

Sebelum membeli kain berbahan jersey, ada baiknya kamu mepertimbangkan kelebihan dari kain bahan jersey ini.

      1. Tingkat ketebalan yang bervariasi

Jenis kain jersey menawarkan tingkat ketebalan yang bervariasi. Kamu bisa memilih sesuai jenis dan kebutuhan.

      2. Beragam pilihan warna

Pilihan warna yang ditawarkan kain jenis ini juga cukup beragam mulai dari yang gelap dan terang. Hal ini menjadi salah satu daya tarik bahan jersey sehingga diminati banyak konsumen.

      3. Elastis dan tidak mudah kusut

Kain jersey memiliki sifat yang elastsis dan jatuh membuat kain jenis ini nyaman, dapat menyesuaikan bentuk tubuh tapi tidak ketat.

Sifat kain jersey yang tidak mudah kusut juga menjadi kelebihan bahan ini. Bahan ini tetap terlihat rapi walau tidak disetrika sekalipun.

      4. Cepat kering dan mudah menyerap keringat

Karena terbuat dari campuran polyester dan katun, bahan jersey jadi cepat kering namun dapat menyerap keringat dengan baik.

      5. Tahan lama

Warna kain jersey tidak akan cepat pudar walau dikenakan dalam jangka waktu yang lama. Tentunya perawatan bahan ini juga memengaruhi kualitas warna.

Cara Merawat Bahan Jersey

Agar kain jersey tetap awet, kamu tidak boleh sembarangan merawat kain ini. Nah, berikut tips agar kain jersey tetap awet.

  • Sebaiknya dikucek dengan tangan
  • Jangan terlalu keras saat meremas pakaian
  • Hindari penggunaan pengering
  • Hindari menjemur di bawah terik matahari langusng
  • Atur suhu setrika agar tidak terlalu panas

Demikian ulasan tentang bahan kain jersey. Semoga informasi ini bermanfaat.