Mengenal Boutonniere dan 4 Fakta Menariknya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mengenal Boutonniere Dan 4 Fakta Menariknya

Foto : liveabout

Ladiestory.id - Saat kamu merasa semua persiapan untuk pernikahan hingga aksesorinya telah selesai, lalu bagaimana dengan pasanganmu? Selain ikat pinggang, sepatu, jam tangan masih ada lagi aksesoris pengantin pria yang banyak dilupakan sebagian calon pengantin yaitu boutonniere. 

Apa Itu Boutonniere?

Foto : bridestory

Boutonniere adalah aksesori atau bunga yang disematkan pada sebelah kiri bagian kerah jas pengantin pria. Aksesori yang satu ini kadang terlupakan dan baru disiapkan justru pas pernikahan di depan mata. 

Hal ini pastinya akan membuat pemilihan boutonniere terburu-buru dan  jadi tidak maksimal. Padahal kamu bisa persiapkan jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan tiba. Aksesori sang pengantin pria yang satu ini dapat dipilih secara custom sesuai dengan keinginan serta selera kamu dan pasangan. 

Fakta Menarik Mengenai Boutonniere 

Tahukah kamu jika terdapat fakta menarik mengenai boutonniere? Simak ulasan mengenai fakta menarik boutonniere berikut ini.

1. Dahulu Digunakan untuk Suporter Tim Olahraga 

Foto : sportsnola

Aksesori pengantin pria ini pada jaman dulu tidak identik dengan pernikahan tapi justru dipakai oleh suporter tim olahraga. Kok bisa?  

Jadi, awalnya dulu di Inggris boutonniere ini dipakai oleh orang-orang untuk mendukung tim olahraga yang tengah bertanding. Karena yang bertanding adalah saudara maka mereka punya logat dan gaya bahasa yang sama. 

Hal ini membuat mereka kesulitan membedakan mana lawan dan mana kawan satu tim. Akhirnya terpikirlah ide untuk menyematkan bunga pada pakaian mereka, dimana tim yang sama akan mengenakan bunga dengan warna yang sama. 

Lalu kenapa sekarang bisa dipakai untuk aksesori pada jas pengantin pria saat pernikahan? Konon, hal ini berawal dari anggapan bahwa bunga dapat menangkal kehadiran iblis, kejadian buruk, dan bau badan.

2. Diletakkan pada Bagian Dada Kiri Jas

Foto : Ladiestory.id

Aksesori ini diletakkan pada bagian dada kiri jas pengantin pria. Alasannya sangat sederhana, karena cinta hadir dari hati yang paling dalam yakni jantung dan jantung terletak pada dada sebelah kiri.  

3. Bukan Hanya Dipakai oleh Pengantin Pria Saja 

Foto : weddingku

Perlu kamu ketahui juga aksesori ini bukan hanya untuk pasangan kamu saja, tapi ayah kamu, ayah mertua, kakek dari kedua mempelai, pengiring pengantin dan tamu VIP pria juga mengenakan boutonniere ini. 

Tapi saat kamu memilihnya selain untuk pasangan kamu, pilihlah aksesori boutonniere yang terbuat dari bunga artificial atau bunga palsu, hal ini untuk membedakannya dengan sang pengantin

Jadi, hanya pengantin pria saja ya yang menggunakan boutonniere yang terbuat dari bunga asli. 

4. Selain Bunga, Bisa Juga dengan Bentuk Lainnya 

Foto : nevesta

Boutonniere bukan hanya dalam bentuk bunga tapi juga bisa dalam bentuk lainnya, ada beberapa rekomendasi bentuk yang bisa kamu pilih, yaitu: 

  • Ribbon cap

Aksesoris pengantin pria yang dibuat dengan tali tambang dan pita dengan warna senada ini memberikan kesan unik dan klasik. 

  • Miniatur

Miniatur dari mobil antik, gitar, burung merpati dan sebagainya bisa juga kamu pilih untuk konsep pernikahan yang santai yang biasanya digelar di outdoor. 

  • Artificial feathers

Bulu unggas yang dirangkai bersama dengan bebatuan dan mutiara mungil akan memberikan kesan elegan pada pernikahanmu. 

  • Pocket square

Mau boutonniere yang sederhana dan minimalis? Bentuk pocket square bisa kamu pilih dengan tetap menampilkan kesan formal dan rapi 

  • Decorative keys

Sekumpulan kunci klasik yang dicat dengan warna emas dan diberi bunga yang dirangkai dari pita sekelilingnya, bisa kamu jadikan pilihan buat boutonniere pasanganmu dengan konsep pernikahan yang klasik. 

Nah, itulah ulasan tentang Boutonniere dan 5 fakta menarik  tentang boutonniere. Jadi, boutonniere adalah  aksesori pengantin pria yang dikenakan pada jas sebelah kiri.