Mengenal Centella Asiatica dan Ragam Manfaatnya Buat Kesehatan Kulit

Selasa, 28 September 2021 | 11:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mengenal Centella Asiatica dan Ragam Manfaatnya Buat Kesehatan Kulit

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Sejak dulu Centella Asiatica dikenal sebagai tumbuhan obat yang memiliki manfaat buat kesehatan tubuh, antara lain untuk mengatasi insomnia, depresi juga menghilangkan stretch mark.

Namun, beberapa waktu belakangan tanaman ini jadi incaran para skincare enthusiast sebagai campuran produk kecantikan yang memiliki banyak manfaat buat kesehatan kulit. 

Lantas apa saja manfaat centella asiatica untuk kesehatan kulit? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Mengenal Centella Asiatica

Foto: Ladiestory.id

Sebelum kamu tahu manfaat dari tanaman centella asiatica buat kulit, kamu harus mengenal dulu nih daun ini. Centella Asiatica adalah tanaman yang banyak ditemukan di negara-negara  Asia. 

Korea Selatan adalah negara yang memprakarsai tanaman ini menjadi bahan campuran dalam produk skincare. Tanaman Centella Asiatica sendiri di Indonesia dikenal dengan daun pegagan, dan kini daun pegagan sudah banyak digunakan oleh bermacam merek produk kecantikan. 

Daun centella asiatica atau daun pegagan ini diyakini mengandung zat-zat yang mampu menunjang kesehatan dan kecantikan wajah. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian yang membuktikan bahwa tanaman ini baik buat kulit sensitif, meredakan peradangan hingga menstimulasi kolagen. 

Manfaat Centella Asiatica

Adapun ragam manfaat dari centella asiatica yaitu:

1. Melembutkan kulit

Foto: Ladiestory.id

Salah satu manfaat dari centella adalah melembutkan kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, biasanya wajah seringkali mengalami iritasi, gatal dan kemerahan. Nah, dengan yang mengandung bahan centella asiatica, akan membuat wajah lebih lembut,  halus, dan meredakan area yang kasar.

2. Melembabkan kulit

Centella asiatica mengandung asam amino, beta-karoten, dan fitokimia sehingga mampu menutrisi kulit dan menjaganya agar tetap terhidrasi dengan baik. Bila kamu mengalami kulit yang kasar dan iritasi maka dapat  diatasi dengan pemakaian skincare dengan bahan dasar centella asiatica.

3. Menstimulasi kolagen dan mencegah penuaan dini

Foto: Ladiestory.id

Penggunaan krim yang mengandung centella asiatica bermanfaat buat melancarkan peredaran darah dan membentuk kolagen. Stimulasi kolagen ini akan menghasilkan yang  kulit lebih kenyal, kencang, serta tampak awet muda.

4. Mempercepat proses penyembuhan luka

Selain dapat menunda penuaan dini, centella asiatica juga stimulasi kolagen yang bisa membantu pembentukan pembuluh darah dan sel kulit baru. Dengan begitu, berbagai luka seperti luka pascaoperasi, luka robek, luka bakar dapat segera disembuhkan dengan ekstrak tumbuhan ini.

5. Menghilangkan bekas jerawat

Foto: Ladiestory.id

Salah satu masalah kulit yang kerap dialami banyak orang adalah bekas jerawat yang membandel. Biasanya butuh waktu lama untuk menyamarkan atau menghilangkan noda hitam bekas jerawat tersebut. 

Nah, dengan memakai krim ekstrak daun pegagan bisa dengan cepat menyamarkannya. Bukan hanya bekas jerawat saja, Ladies,  bekas luka atau bahkan stretch mark, eksim, bisa juga segera dihilangkan dengan ekstrak centella ini.

6. Sebagai antioksidan

Centella Asiatica mengandung flavonoid dan madecassoside yang bermanfaat sebagai antioksidan. Kedua kandungan ini bekerja dengan cara melindungi kulit dari paparan sinar matahari, polusi udara,  serta  zat radikal bebas. 

Itulah informasi mengenai tanaman centella asiatica yang kini banyak digunakan sebagai bahan campuran dalam skincare dan memiliki berbagai manfaat buat kesehatan kulit. Semoga bermanfaat ya, Ladies. 

Berita Terkait