Mengenal Jenis-Jenis First Cleanser, Dari Cleansing Oil Hingga Cleansing Wipes

Senin, 1 November 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Mengenal Jenis-Jenis First Cleanser, Dari Cleansing Oil Hingga Cleansing Wipes

Foto: Shutterstock

Ladiestory.id - Double cleansing adalah sebuah teknik pembersihan wajah yang dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah membersihkan wajah dengan first cleanser untuk membersihkan sunscreen, kotoran, dan makeup.

Kemudian, tahap pembersihan dilanjutkan dengan second cleanser berupa facial wash atau facial foam untuk memastikan wajah benar-benar bersih dan siap menerima tahap skincare berikutnya.

Jenis-jenis First Cleanser Untuk Wajah

Teknik double cleansing berasal dari negara Jepang dan Korea. Di Jepang, teknik double cleansing pertama kali diterapkan oleh geisha untuk membersihkan makeupnya.

Sedangkan di Korea, double cleansing menjadi bagian dari 10-step Korean skincare routine. Jenis-jenis first cleanser ini sendiri terbagi menjadi beberapa macam seperti: 

Cleansing Oil

Cleansing oil
Foto: Ladiestory.id

Seperti namanya, cleansing oil berbahan dasar minyak. Minyak ini kemudian akan teremulsi dengan air dan teksturnya jadi lebih milky sehingga dapat membersihkan makeup dengan maksimal.

Cleansing oil cocok buat kamu yang sering menggunakan makeup, seperti foundation oil based, lipstick, dan maskara jenis waterproof.

Micellar water

Micellar water
Foto: laroche-posay

Micellar water memiliki tekstur seperti air yang ringan. Micellar water membersihkan kotoran di wajah dengan sebuah molekul kecil yang disebut sebagai micelles yang dapat menarik kotoran dari permukaan kulit wajah.

Umumnya, micellar water diaplikasikan menggunakan kapas ke seluruh wajah dan tak perlu dibilas. Cocok dipakai untuk kamu yang sering memakai makeup ringan atau menggunakan sunscreen saja.

Cleansing Balm

Cleansing balm
Foto: Ladiestory.id

Sebenarnya, cleansing balm adalah versi padat dari cleansing oil. Cleansing balm juga mampu mengangkat segala jenis makeup, bahkan yang berjenis waterproof sekalipun.

Fungsi dan cara pakainya sama. Tekstur cleansing balm yang padat menjadi lebih praktis dibawa ke mana-mana. Lalu, bentuk padatnya juga akan mengurangi risiko bocor atau tumpah.

Cleansing balm umumnya dilengkapi dengan moisturizing agent sehingga cocok dipakai oleh pemilik kulit normal dan kering.

Milk Cleanser

Milk cleanser
Foto: aveneusa

Milk cleanser memiliki tekstur seperti krim ringan yang terdiri dari air, minyak, dan pengemulsi. Milk cleanser biasanya dioleskan ke seluruh wajah dan diusap dengan kapas untuk membersihkan kotoran di wajah. Produk pembersih wajah ini biasanya juga terbagi dalam beberapa jenis sesuai dengan jenis kulit pemakainya. 

Cleansing Wipes

Cleansing wipes
Foto: Shoppe

Buat kamu yang suka menggunakan makeup tapi nggak mau ribet membersihkannya atau lagi terburu-buru, bisa menggunakan cleansing wipes untuk membersihkan makeupmu.

Bentuknya seperti tisu basah untuk menghapus makeup dan kotoran. Cleansing wipes dapat digunakan segala jenis kulit, kecuali kulit sensitif karena gesekan antara kulit dan tisu dapat menyebabkan kulit teriritasi. Bahkan, dalam jangka panjang bisa memunculkan kerutan di wajah.

Oiya, cleansing wipes sebaiknya tidak digunakan sering-sering, ya. Itulah jenis-jenis first cleanser yang ada di pasaran. First cleanser manakah yang jadi pilihanmu?