Mengenal Pencerah Wajah Selain Niacinamide, Sama Bagusnya!

Sabtu, 4 Desember 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Mengenal Pencerah Wajah Selain Niacinamide, Sama Bagusnya!

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Sebagian besar wanita tentu ingin memiliki kulit yang cerah dan sehat. Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bercahaya, banyak wanita mengincar skincare yang memiliki kandungan pencerah.

Salah satu bahan pencerah yang populer adalah niacinamide. Namun, ternyata tidak semua cocok menggunakan niacinamide. Kamu tak perlu khawatir jika kamu mengalami masalah serupa, ini ada alternatif pencerah wajah lainnya selain niacinamide yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit.

1. Vitamin C

Bahan pencerah wajah pertama yang bisa kamu gunakan selain niacinamide adalah vitamin C, yang bekerja dengan cara menghambat produksi pigmen melanin sehingga efektif menyamarkan bekas jerawat dan noda gelap.

Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan menstimulasi produksi kolagen di kulit wajah. Vitamin C cocok dipadukan dengan sunscreen untuk memberikan perlindungan maksimal bagi kulit dari sinar UV, polusi, dan radikal bebas.

2. Alpha Arbutin

Foto: Bukalapak

Alternatif niacinamide berikutnya yaitu alpha arbutin. Alpha arbutin diekstrak dari tumbuhan bearberry. Bahan pencerah wajah satu ini bekerja dengan mengendalikan produksi tirosinase yang bertanggung jawab dalam pembentukan melanin.

Alpha arbutin dapat dipakai oleh semua jenis kulit karena merupakan bahan pencerah alami yang minim iritasi.

3. Glutathione

Selanjutnya, ada glutathione yang punya fungsi untuk mencerahkan kulit wajah dengan cara mengubah dan memperlambat produksi melanin. Licorice juga dapat digunakan untuk melembapkan kulit wajah yang cocok untuk dipakai oleh pemilik kulit kering.

4. Azelaic Acid

Azelaic acid ampuh untuk mencerahkan kulit wajah dengan mengeksfoliasi wajah secara lembut. Sifat eksfoliasi azelaic acid yang lembut tidak menimbulkan irtitasi sehingga aman dipakai di kulit sensitif.

Azelaic acid yang diekstrak dari tumbuhan barley dan biji gandum ini mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Azelaic acid punya kandungan antioksidan, anti-inflamasi, dan anti bakteri yang mampu merawat kulit berjerawat.

5. Licorice

Foto: Ladiestory.id

Licorice memiliki dua bahan, yaitu liquiritin dan glabridin yang bekerjasama untuk menghambat produksi enzim tirosinase dan mengurangi produksi melanin sehingga kulit pun tampak cerah.

Selain untuk memudarkan noda gelap, licorice juga mampu untuk meratakan warna kulit. Licorice pun punya efek anti-inflamasi dan kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

6. Tranexamic Acid

Tranexamic acid merupakan bahan pencerah wajah yang tergolong baru namun cukup menjanjikan untuk mengatasi kulit kusam, bekas jerawat, flek, dan hiperpigmentasi yang disebabkan karena melasma atau hormon.

Tak hanya mencerahkan kulit wajah, tranexamic acid mampu memperkuat skin barrier dan menenangkan kulit. Menariknya, tranexamic tidak akan membuat kulit jadi sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Tranexamic acid memiliki kemampuan untuk menekan produksi enzim tirosinase yang berperan dalam pembentukan melanin. Jika kamu telah menjalani treatment laser, kamu bisa menggunakan skincare yang mengandung tranexamic acid untuk menenangkan kulit karena punya kandungan anti-inflamasi.

Kini, semakin banyak produk skincare, terutama skincare lokal sudah menggunakan tranexamic acid sebagai ingredients skincare mereka.