Mengenal Sosok Azalea Ayuningtyas Penggagas Kesejahteraan Perempuan

Sabtu, 4 September 2021 | 02:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Mengenal Sosok Azalea Ayuningtyas Penggagas Kesejahteraan Perempuan

Foto: generationt

Nama Azalea Ayuningtyas belakangan ini cukup populer di kalangan masyarakat setelah sukses menjadi seorang Sociopreneur atau yang sering disebut dengan wirausaha sosial. Lantas sebenarnya siapa Azalea Ayuningtyas? Bagaimana cerita awal hingga ia sukses menjadi wirausaha sosial di usianya yang masih sangat muda ini? 

Mengenal Apa Itu Sociopreneur 

Azalea Ayuningtyas
Foto: instagram.com/azalea.ayuningtyas

Sociopreneur atau yang sering disebut dengan wirausaha sosial kini mulai banyak digandrungi kaum milenial. Hal ini dipicu oleh anggapan bahwa generasi milenial kine lebih peka dan peduli dengan isu atau masalah sosial yang ada di sekitar mereka. Dengan kata lain, bisnis ini tidak hanya menguntungkan namun juga bermanfaat untuk orang lain. 

Dilansir dari Investopedia, Sociopreneur adalah mereka yang berupaya untuk menggunakan berbagai cara bisnis supaya dapat mengatasi berbagai masalah bersama. Orang yang terlibat dalam bisnis ini harus berani mengambil risiko serta berusaha untuk memberikan dampak positif dari apa yang telah ia lakukan. 

Mengenal Sosok Azalea Ayuningtyas 

Azalea Ayuningtyas
Foto: instagram.com/azalea.ayuningtyas

Dan salah satu orang Indonesia yang saat ini fokus mengembangkan wirausaha sosial atau Sociopreneur adalah Azalea Ayuningtyas. Menurut Instagram Kemenpora, Azalea Ayuningtyas adalah Co-founder sekaligus CEO dari Du Anyam.

Dimana Du'anyam sendiri merupakan distributor sekaligus pembuat kerajinan anyaman yang dihasilkan oleh sekelompok ibu-ibu dari Indonesia bagian Timur.  

Du'anyam sendiri merupakan sebuah usaha yang didirikan Azalea bersama kedua rekannya setelah berhasil merampungkan pendidikan di Harvard University. Ia mengaku bahwa bisnis ini adalah impiannya yang memang sudah tertarik dengan kegiatan sosial sejak ia duduk di bangku SMA. 

Azalea mengaku bahwa konsep dari Du Anyam adalah untuk membantu dan memberdayakan perempuan yang rata-rata memiliki peran yang cukup besar di dalam keluarga.

Tak hanya itu, dara kelahiran 15 November 1989 ini juga menjelaskan bahwa tujuan berdirinya Du Anyam adalah untuk mensejahterakan daerah terpencil di Indonesia khususnya bagian Timur.

Permasalahan Kesejahteraan Perempuan Menjadi Alasan Berdirinya Du'anyam 

Azalea Ayuningtyas
Foto: instagram.com/azalea.ayuningtyas

Ide awal dari berdirinya Du'anyam adalah untuk membangun kesejahteraan perempuan yang mengalami kesulitan ekonomi. Saat itu, permasalahan yang dialami adalah malnutrisi pada sebagian perempuan khususnya ketika melahirkan yang kemudian  penyebab lahirnya bayi stunting.

Dan semua permasalahan sosial tersebut berlandaskan pada ketidakmampuan untuk mencukupi nutrisi yang diakibatkan oleh sulitnya ekonomi. Berawal dari permasalahan itulah Du'anyam akhirnya memberikan kesempatan bagi para perempuan agar dapat menghasilkan uang sendiri guna mengatasi masalah-masalah seperti kebutuhan pangan, kesehatan, dan pendidikan.

Konsep dari Du'anyam sendiri tidak hanya bertujuan untuk mensejahterakan perempuan di daerah terpencil namun juga ingin memperkenalkan budaya-budaya Indonesia lewat anyaman dari berbagai daerah.

Du'anyam kini semakin berinovasi dengan membentuk beberapa program untuk mensejahterakan masyarakat dengan beasiswa bagi anak penganyam berprestasi, distribusi makanan bergizi, dan distribusi kacamata gratis untuk penganyam lansia. Dari tujuan mulia yang digagas oleh Azalea Ayuningtyas tersebut, kini Du’anyam semakin maju dan berkembang pesat.

Bahkan saat ini Du'anyam telah berhasil mendistribusikan lebih dari 100 ribu produk anyaman ke lebih dari 300 hotel, ekspoore hingga ke 8 negara, terus menjaring banyak pengayam hingga menjadi Official Merchandiser Asian Games pada tahun 2018 yang lalu. Bahkan Du'anyam juga telah mampu meningkatkan pendapatan penganyam hingga 40 persen.

Itulah ulasan tentang Azalea Ayuningtyas yang inspiratif. Semoga menginspirasi!

Berita Terkait