Mengenang Komedian Almarhum Rini S Bon Bon Lewat 5 Fakta Kehidupannya

Senin, 11 Juli 2022 | 19:30:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Mengenang Komedian Almarhum Rini S Bon Bon Lewat 5 Fakta Kehidupannya

Fakta Rini S Bon Bon. (Special)

Ladiestory.id - Kabar duka datang dari komedian lawas Rini S Bon Bon. Pelawak senior tersebut meninggal dunia pada Minggu (10/7/2022) sekitar pukul 17.00 WIB. Rini meninggal pada usia 51 tahun, setelah berjuang melawan penyakit diabetes mellitus.

Kabar kepergian Rini pun dibenarkan oleh sahabatnya, Qubil AJ melalui pesan WhatsApp. Meski sempat mengidap penyakit diabetes, namun hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab kematiannya.

Profil Singkat Rini S Bon Bon

Fakta Rini S Bon Bon. (Special)

Rini S Bon Bon memiliki nama asli Irni Yusnita. Wanita kelahiran 1971 tersebut merupakan seorang komedian yang puncak kariernya ada di era 90-an.

Saat itu, lawakan Rini dianggap membawa kesegaran baru sehingga dapat diterima oleh penonton. Kelucuannya membuat Rini bertahan lama di panggung lawak nasional. Bahkan ia menjadi salah satu pelawak yang mampu bertahan lama.

Perjalanan Karier

Fakta Rini S Bon Bon. (Special)

Selain menjadi pelawak, Rini juga melebarkan sayap karirnya di dunia hiburan Indonesia. Sehingga tak heran kalau wajah Rini kerap berseliweran di layar kaca televisi.

Pasalnya, Rini telah memulai kariernya sejak ia masih kecil. Kala itu, Rini kecil telah membintangi beberapa judul sinetron.

Bahkan, ia pun sempat menjadi pembawa acara di beberapa televisi. Salah satu program yang dibawakan oleh Rini adalah "Asep Show" yang ditayangkan di stasiun tv swasta, MNCTV.

Jika diingat kembali, Rini juga pernah tampil bersama pelawak ternama Warkop DKI. Kala itu, ia ikut beradu akting melalui film bertajuk "Lupa Aturan Main" (1990).

Meski namanya sudah tenar, namun di film tersebut Rini hanya sebagai pemeran pembantu. Pasalnya, banyak orang menilai kehadiran Rini semakin membuat film itu menjadi meriah.

Berjuang Lawan Diabetes

Fakta Rini S Bon Bon. (Special)

Sayangnya, masyarakat Indonesia tak bisa lagi melihat canda tawanya di televisi. Sejak 1996, Rini S Bon Bon memilih mundur dari panggung hiburan Indonesia. Hal ini dikarenakan ia harus menjalani pengobatan penyakit diabetes mellitus.

Penyakit tersebut pun membuat kondisi fisik Rini cukup memprihatinkan. Pasalnya, diabetes mellitus membuat tubuhnya semakin kurus. Bahkan, ia kerap bolak-balik ke rumah sakit untuk mendapat penanganan medis.

Penyakit diabetes mellitus itu menjadi musuhnya selama bertahun-tahun. Bahkan, berbagai upaya untuk sembuh pun telah ditempuh, seperti mencoba berbagai pengobatan di beberapa rumah sakit.

Namun sayangnya, semakin hari penyakit itu semakin menggerogoti tubuhnya. Hal tersebut membuat Rini nyaris melakukan tindakan amputasi pada kakinya yang mengalami pembusukan.

Meski begitu, Rini sempat dinyatakan sembuh. Kabar bahagia ini datang pada pelawak berkacamata tersebut pada 2014 lalu.

Rupanya penyakit tersebut merupakan faktor genetik. Dalam sebuah wawancara, Rini sempat mengatakan bahwa sang ayah juga mengidap penyakit diabetes mellitus.

Selain faktor genetik, penyakit diabetes mellitus itu disebabkan lantaran Rini memiliki badan yang kegemukan atau obesitas. Ia mengatakan berat badannya pernah mencapai 105 kilogram.

“Saya sempat dikasih sakit yang cukup panjang waktu itu adalah sakit diabetes. Saya tahu ayah saya kena diabetes, tapi ternyata faktor genetik yang membuat saya sakit gula.

"Pertama mungkin karena saya obesitas, kegemukan. Awalnya saya kegemukan, berat saya sampai 105 kilogram,” kata Rini beberapa waktu lalu dikutip dari YouTube Cumicumi.

Masih Aktif Berkegiatan Sebelum Meninggal

Fakta Rini S Bon Bon. (Special)

Diketahui Rini S Bon Bon masih melakukan beberapa kegiatan sebelum tutup usia. Bahkan beberapa kegiatan yang dilakukan mayoritas merupakan kegiatan agama dan kegiatan sosial. Hal tersebut pun diungkapkan oleh sang kekasih, Ujang Ronda.

"Hari Jumat dia ngadain Jumat berkah. Sabtunya puasa haji tuh sama saya. Dia sama saya korban sapi, tapi dia enggak mau lihat sapinya dipotong katanya enggak tega. Eh, sorenya meninggal," ungkap Ujang Ronda.

Pesan Terakhir Rini S Bon Bon

Fakta Rini S Bon Bon. (Special)

Sebelum tutup usia, Rini sempat memberikan pesan terakhir kepada sang kekasih. Rini menyampaikan pesan kepada Ujang untuk memberikan hartanya kepada saudara dan anak yatim. Bahkan, kabar tersebut pun telah dibenarkan oleh kakak Rini yakni Nur Aini.

Diketahui sebelum dimakamkan, jenazah Rini disemayamkan di rumah duka terlebih dahulu, yang terletak di  Jalan Kramat Lontar GG 12 No. E 402 RT 10/01, Kel. Paseban, Kec. Senen. Sementara jenazahnya dimakamkan pada Senin (11/7/2022) di TPU Kawi Kawi.

s