Menggugah Selera, Ini Deretan Menu Favorit Berbuka Puasa dari Seluruh Dunia

Kamis, 23 Maret 2023 | 14:12:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Menggugah Selera, Ini Deretan Menu Favorit Berbuka Puasa Dari Seluruh Dunia

Ilustrasi Hidangan Buka Puasa. (Special)

Ladiestory.id - Ramadan biasanya identik dengan menu hidangan makanan khas dan takjil yang banyak dijajakan disepanjang jalan pasar Ramadan. Saat berpuasa tentunya akan ada banyak hidangan di meja untuk disajikan mulai dari makanan hingga minuman yang menggugah selera baik menu pembuka maupun pencuci mulut. 

Begitu pula dengan negara-negara yang menyambut bulan suci Ramadan ini memiliki hidangan khas serta hidangan favorit untuk menu berbuka puasa yang menjadi andalan di negaranya, lho.

Berikut ini deretan menu favorit berbuka puasa dari seluruh dunia yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Rabdi Rasgulla

Rabdi Rasgulla, Menu Favorit Berbuka Puasa dari Seluruh Dunia. (Special)

 

Ladies, menu favorit untuk berbuka puasa yang pertama datang dari negara Turki. Yup, masyarakat Turki memiliki hidangan khas berbuka puasa dan menjadi salah satu menu favorit saat menjelang waktu berbuka puasa tiba yakni Rabdi Rasgulla.

Hidangan makanan ini terbuat dari keju dan kuah susu yang dibentuk menyerupai bola-bola kecil. Rasanya begitu manis dan juga sangat creamy, biasanya hidangan ini ditambahkan dengan toping kayu manis maupun kacang-kacangan.

Shahan Ful

Shahan Ful, Menu Favorit Berbuka Puasa dari Seluruh Dunia. (Special)

 

Shahan ful merupakan salah satu menu tradisional favorit yang dapat ditemui ketika bulan Ramadan khususnya bagi warga negara Arab, Mesir, Sudan dan Ethiopia.

Menu ini tak hanya dihidangkan pada saat berbuka puasa saja, namun cocok pula dinikmati pada saat sahur. Komposisi shahan ful terdiri dari kacang-kacangan yang dapat dinikmati dengan yoghurt beserta irisan tomat segar.

Harira

Harira, Menu Favorit Berbuka Puasa dari Seluruh Dunia. (Special)

 

Dari teksturnya makanan ini terlihat seperti bubur merah. Menu makanan khas berbuka puasa ini berasal dari negara bagian Afrika yakni Maroko dan Algeria. Harira merupakan jenis sup yang terbuat dari gandum, daging ayam dan juga potongan tomat. Sup ini tentunya sangat nikmat di makan dalam kondisi hangat.

Niu Rou Mian

Niu Rou Mian, Menu Favorit Berbuka Puasa dari Seluruh Dunia. (Special)

 

Masyarakat muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadan di negara Tiongkok, juga memiliki menu berbuka puasa yang menjadi favoritnya yakni Niu Rou Mian yakni hidangan makanan berupa mie kuah yang diisi dengan menu lengkap didalamnya seperti daging sapi hingga campuran rempah yang khas dan sangat menggugah selera.

Harees

Harees, Menu Favorit Berbuka Puasa dari Seluruh Dunia. (Special)

 

Menu berbuka puasa yang tak kalah menarik dan tentunya sangat nikmat adalah harees. Dari teksturnya terlihat seperti bubur kebanyakan, Harees merupakan jenis bubur yang biasa terbuat dari gandum, mentega, potongan daging dan juga di tambah dengan gula. Harees ini juga sangat terkenal sebagai menu berbuka puasa di negara Saudi Arabia, lho.

Qatayef

Qatayef. (Special)

 

Menu berbuka puasa lainnya yang juga menjadi makanan khas dari negara Yordania adalah qatayef. Makanan ini merupakan camilan yang teksturnya seperti pancake dan hanya ada pada saat bulan Ramadan saja, lho.

Qatayef sendiri terbuat dari tepung terigu dan disajikan dengan cara di goreng. Nggak hanya itu, qatayef juga dihidangkan dengan campuran kacang-kacangan seperti almond, kismis, keju dan lain sebaginya serta di tambah dengan madu pada bagian toppingnya sehingga membuat rasanya semakin nikmat.

Samosa

Samosa. (Special)

 

Ladies,  camilan paling hits di negara Pakistan ini teksturnya terlihat mirip seperti camilan yang ada di Indonesia yakni pastel atau korket. Jika pastel atau korket di negara Indonesia biasa di isi dengan bihun, kentang ataupun olahan lainnya, samosa ini sendiri di isi dengan daging cincang, tomat, bawang merah, daun bawang, kentang  serta keju di dalamnya.