Meski Wamil, Menteri Pertahanan Korea Selatan Izinkan BTS Tampil di Konser

Selasa, 2 Agustus 2022 | 19:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Meski Wamil, Menteri Pertahanan Korea Selatan Izinkan Bts Tampil Di Konser

BTS FESTA 2022. (Spesial)

Ladiestory.id - Setiap lelaki dewasa berusia 18-28 tahun di Korea Selatan, memiliki kewajiban untuk melakukan tugas militernya selama kurang lebih 18 bulan. Kegiatan ini wajib dilakukan tak terkecuali para artis ataupun idol di dunia musik Korea Selatan atau yang disebut K-Pop.

Pengecualian baru saja terdengar bagi para anggota boyband BTS. Belum lama ini, dilansir dari Billboard, pada Selasa (2/8/2022), Menteri Pertahanan (Menhan) Korea Selatan, Lee Jong Sup mengantongi izin untuk para anggota BTS agar tetap tampil dan menggelar konser meski tengah menjalani Wajib Militer (Wamil). Tak hanya itu, mereka pun akan diberikan izin untuk melakukan latihan untuk persiapan konser saat masa tugasnya. 

"BTS mungkin masih bisa tampil di luar negeri saat bertugas di militer Korea Selatan, bahkan jika mereka bergabung dengan militer, akan ada cara untuk memberi mereka kesempatan berlatih dan tampil bersama jika ada jadwal konser di luar negeri," jelas Lee Jong Sup.

Seperti diketahui, bahasan mengenai Wamil di kalangan masyarakat Korea Selatan memang merupakan isu yang sensitif. Terutama saat adanya revisi Undang-Undang Dinas Militer pada 2018 yang memungkinkan adanya penundaan dinas hingga usia 30 tahun dalam keadaan tertentu.

Syarat pengajuan penundaan tersebut, salah satunya adalah menerima medali pemerintah untuk meningkatkan pengaruh budaya Korea Selatan di dunia yang telah dipenuhi oleh BTS yang kini membawa pengaruh K-Pop yang besar di seluruh dunia. 

Meski kabar ini tengah menjadi polemik di kalangan publik Korea Selatan, hingga saat ini belum ada tanggapan apapun dari pihak BTS mengenai pengecualian yang diberikan oleh Menhan kepada para anggotanya. Sementara itu, salah satu anggota tertua BTS, yakni Jin diketahui akan segera berusia 30 tahun, yang berarti telah masuk masanya untuk menjalani Wamil.

s