Micellar Water Dan Cleansing Oil. Mana Yang Lebih Tepat Untuk Wajah Kamu?

Senin, 4 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Micellar Water Dan Cleansing Oil. Mana Yang Lebih Tepat Untuk Wajah Kamu?

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Micellar Water dan Clensing oil. Kedua barang tersebut pasti tidak asing pagi pecinta dunia kecantikan. Ya kedua barang tersebut termasuk dalam produk skincare. Keduanya sama-sama berguna untuk membersihkan wajah. Tapi ada beberapa perbedaan diantara kedua barang tersebut, apa saja yuk kita bahas bersama.

Foto: Line Today

Micellar water merupakan salah satu pembersih make-up yang lagi hits saat ini. Micellar water terbuat dari kombinasi air murni, bahan-bahan pelembab, dan surfaktan ringan yang bergerombol menjadi bola-bola kecil yang disebut micellar. Namun dibandingkan dengan cleansing oil, mana nih yang lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu?

Micellar water

foto : watson
Foto : watson

Nah fungsi untama dari micellar water adalah untuk menarik kotoran seperti magnet. Produk skincare yang satu ini telah digunakan di Perancis selama waktu yang cukup lama. 

Dahulu orang Perancis  mencuci muka tidak hanya memakai air biasa karena kotor, jadi mereka lebih suka menggunakan micellar water untuk membersihkan muka.

Cara kerja micellar water itu seperti magnet yang menarik kotoran dan minyak di wajah. Micellar water juga sangat mudah digunakan dan cepat menghilangkan semua sisa make-up. Formulanya yang dibuat ringan membuat micellar water tidak perlu dibilas lagi.

Tetapi untuk membersihkan makeup seperti foundation, pensil alis, eyeliner, mascara, lipstick, bronzer dan lainnya. Perlu membutuhkan kapas yang banyak karena harus dilakukan berulang kali sampai wajah bersih.

Kekurangan dari produk yang satu ini yaitu tidak efektif untuk menghilangkan semua kotoran dari kulit. Setelah pemakaian, kulit masih perlu dibersihkan secara menyeluruh untuk melembabkan dan merawat kulit. Nah itu dia sedikit informasi mengenai micellar water.

Cleansing oil

Foto: Lazada

Nah kalo tadi micellar water hanya untuk membersihkan, berbeda dengan cleansing oil produk skincare yang satu ini dapat membersihkan sekaligus melembabkan kulit wajah lho. Setelah kamu membersihkan noda make-up, wajah harus tetap dibilas dengan air hangat.

Cara kerjanya produk ini akan melawan ‘minyak buruk’ yang diproduksi kulit, dengan ‘minyak baik’ dari pembersih. Minyak dalam cleansing oil dapat melembabkan kulit, serta berfungsi sebagai pelarut karena bersifat lipofilik.

Nah minyak pembersih sendiri secara alami dapat tertarik pada minyak lain, termasuk yang diproduksi oleh kulit atau bahan-bahan seperti minyak dalam makeup. Oleh karena itu, minyak dalam cleansing oil dapat melarutkan makeup dan minyak berlebih dengan cepat sambil melembutkan kulit pada waktu yang sama.

Untuk cara pengaplikasiannya tidak perlu menggunakan kapas, cukup dengan diusapkan langsung ke wajah sampai make-up luruh. Cleansing oil juga dapat digunakan segala jenis kulit, baik bagi kulit kering, berjerawat, kusam atau lainnya.

Lalu lebih tepat mana si? Micellar water atau Cleansing oil? Nah, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Jika micellar water hanya dapat digunakan untuk menghapus make-up ringan, sedangkan cleansing oil dapat digunakan untuk menghapus makeup berat maupun waterproof ya!

Selain itu micellar water juga bisa untuk memperbaiki make-up yang berantakan dan lebih nyaman saat dibawa travelling. Untuk harga, micellar water juga lebih murah dibanding cleansing oil, karena cleansing oil dapat dipakai juga sebagai tambahan perawatan kulit, jadi wajar saja jika harganya lebih mahal.

Nah itu dia perbedaan micellar water dan Cleansing oil. Aku jelasin lagi ya! Baik micellar water maupun Cleansing oil semuanya sama-sama sangat bermanfaat. Keduanya bisa membantu membersihkan kotoran dari wajah kamu. Pilih sesuai kebutuhan kulit kamu, dan tetap hati-hati.

Berita Terkait