Michelle Yeoh Jadi Artis Asia Pertama yang Raih Nominasi Oscar 2023

Rabu, 25 Januari 2023 | 12:30:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Michelle Yeoh Jadi Artis Asia Pertama Yang Raih Nominasi Oscar 2023

Michelle Yeoh di Film "Everything Everywhere All at Once". (Special)

Ladiestory.id - Aktris Michelle Yeoh berhasil meraih nominasi dalam ajang Piala Oscar 2023 berkat perannya sebagai Evelyn Wang dalam film “Everything Everywhere All at Once”. Nominasi tersebut menjadikan Michelle Yeoh sebagai artis Asia pertama yang meraih nominasi di Piala Oscar.

Melansir Screen Rant, Michelle Yeoh mengatakan bahwa hal ini menjadi tonggak sejarah yang penting bagi orang Asia atas validasi dan pengakuan yang pantas ia dapatkan karena perannya dalam film “Everything Everywhere All at Once”. Michelle Yeoh memanfaatkan hal ini untuk berbicara soal orang Asia yang dikucilkan dari ajang tersebut dan adanya kesenjangan yang terjadi ketika Hollywood mengakui mereka.

“Butuh waktu lama. Tapi saya pikir ini lebih dari saya. Pada saat ini, terus menerus, sepanjang waktu, orang-orang Asia berjalan ke arah saya sambil berkata, ‘Kamu bisa melakukannya, kamu melakukannya untuk kami’,” kata Michelle Yeoh, dikutip Rabu (25/1/2023).

“Ini seperti ‘Saya mengerti. Saya sangat mengerti’. Selama ini, mereka tidak dikenali, mereka tidak didengar,” sambungnya.

Michelle Yeoh di Film "Everything Everywhere All at Once". (Special)

Michelle Yeoh mengungkapkan bahwa dirinya telah mendalami dunia film selama 40 tahun. Namun, baru kali ini Michelle Yeoh merasa telah mendapatkan validasi atas apa yang telah ia lakukan selama ini.

“Ketika Anda mendapat validasi dari rekan-rekan Anda, semua itu seperti ceri di atas kue. Tapi alasan mengapa Anda membuat film dan menampilkan bayi Anda ke dunia adalah karena Anda ingin ceritanya diceritakan,” ujar Michelle Yeoh.

“Anda ingin orang-orang mengerti, apakah itu budaya Anda, apakah itu cerita yang sangat menyentuh, atau dongeng penting, untuk diberitahu. Saya pikir ini di luar saya. Ini mewakili begitu banyak orang yang berharap terlihat seperti ini, untuk duduk di meja, untuk mengatakannya,” sambungnya.

Diketahui, dalam film “Everything Everywhere All at Once”, Michelle Yeoh berperan sebagai Evelyn Wang, seorang imigran asal Cina dan pemilik usaha laundry. Evelyn Wang (Michelle Yeoh) menemukan keberadaan multiverse dan harus menghadapi beberapa ancaman multiversal.