Miliki Kandungan Berbahaya, Salah Satu Produk Sunscreen Banana Boat Ditarik dari Pasaran

Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:15:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Miliki Kandungan Berbahaya, Salah Satu Produk Sunscreen Banana Boat Ditarik Dari Pasaran

Suncreen Banana Boat yang Ditarik dari Pasaran. (Spesial)

Ladiestory.id - Beberapa waktu lalu, sejumlah produk tabir surya atau sunscreen dari merk ternama Banana Boat kabarnya ditarik dari pasaran. Hal ini lantaran beberapa produk diduga mengandung bahan berbahaya, berupa benzena.

Produk-produk yang ditarik, salah satunya adalah hair & scalp sunscreen spray SPF 30 dalam kemasan kaleng yang diketahui cukup populer di kalangan publik. 

Menurut informasi yang beredar, kabar ini pertama kali diumumkan oleh  Edgewell, perusahaan perawatan diri yang menaungi merk Banana Boat lewat sebuah siaran pers, pada Jumat (29/7/2022) lalu. 

Penarikan produk tabir surya khusus rambut dan kulit kepala tersebut dilakukan untuk tiga tanggal kadaluarsa, yaitu Desember 2022, Februari 2023 dan April 2024. Tak hanya itu, konsumen pun bisa mengecek produk yang ditarik dari kode produksinya, 20016AF, 20084BF dan 21139AF untuk segera menghentikan penggunaan dan membuangnya.

Suncreen Banana Boat yang Ditarik dari Pasaran. (Spesial)

"Kami tahu bahwa Anda menyukai produk kami, dan kami melakukan penarikan ini karena sangat berhati-hati. Yang penting, tidak ada batch lain dari hair & scalp (baik sebelum atau setelah kode batch ini) dan tidak ada produk Banana Boat lainnya yang termasuk dalam cakupan penarikan ini dan dapat terus digunakan oleh konsumen dengan aman," ungkap perusahaan seperti yang dikutip dalam pernyataan resminya.

Dalam pernyataan tersebut, perusahaan pun menegaskan jika benzena bukan merupakan bahan dalam produknya. Kadar tersebut muncul secara tak terduga dari karsinogen yang ditemukan dalam propelan semprot.

Bagi para konsumen yang sempat membeli produknya, Edgewell menawarkan penggantian biaya yang sebelumnya dikeluarkan untuk membeli produk Banana Boat hair & scalp sunscreen spray SPF 30.

s