Resep Membuat Wedang Cor, Minuman Penghangat Badan Khas Jember

Rabu, 15 September 2021 | 04:46:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Resep Membuat Wedang Cor, Minuman Penghangat Badan Khas Jember

Foto: surabaya.tribunnews

Setiap daerah di Indonesia pasti punya kuliner khas masing-masing. Tidak hanya makanan, namun juga dengan minuman. Jika Yogyakarta punya wedang uwuh, maka Jember punya wedang cor yang tak kalah legendaris. Minuman hangat ini termasuk kuliner khas Jember, Jawa Timur.

Wedang Cor, Khas Jember

Foto: travelingyuk

Wedang artinya minuman hangat, sedangkan cor adalah campuran semen dan pasir. Tapi tentu saja minuman ini bukan campuran pasir dan semen yang diseduh dengan air hangat. Namun wedang cor sama seperti wedang jahe pada umumnya.

Minuman ini cukup sederhana tetapi sangat nikmat dan berkesan. Rasa manis khas tape ketan dan susu berpadu dengan hangatnya jahe. Wedang Cor biasanya terbuat dari campuran tape ketan, air jahe, dan susu kental manis, kemudian ditambahkan air panas hingga penuh baru masukkan susu kental manis.

Campuran dari wedang cor biasanya berwarna putih cenderung abu-abu. Dari proses pembuatannya dan warnanya yang menjadikan minuman legendaris.

Begitu racikan wedang masuk dalam mulut, paduan rasa manis tape dan susunya memang terasa sangat pas. Hangat dari jahe juga membuat badan dan lidah jadi hangat.

Wedang cor ini pertama kali berasal dari obrolan warga asli Jember karena alasan pendidikan atau pekerjaan, mereka sepakat bahwa minuman Wedang Cor itu pertama kali dikenal sekitar tahun 90-an.

Orang yang pertama kali menjual minuman hangat itu adalah Mbah As yang warungnya masih ada hingga kini di Jalan Pajajaran-Kebonsari, Jember.

Resep Wedang Cor khas Jember

Foto: surabaya.tribunnews

Jika kamu ingin mencoba merasakan minuman yang satu ini. Kamu gak perlu pergi ke Jember ataupun pergi ke luar rumah, kamu bisa membuat minuman ini di rumah saja. Bahan yang digunakan juga sangat mudah dicari, bahkan cara pembuatannya juga sangat sederhana.

Supaya kamu tidak kebingungan bagaimana cara pembuatan dan apa resepnya. Berikut resep dan cara pembuatan wedang cor khas jember yang bisa kamu pelajari untuk membuat wedang cor tersebut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

100 gram jahe (bakar dan memarkan).

150 gram tape ketan hijau.

800 ml air.

Susu kental manis secukupnya

Foto: Liputan 6

 

Cara Pembuatannya:

1. Pertama-tama kamu rebus air dan jahe sampai mendidih sampai airnya berkurang menjadi 700 ml.

2. Setelah itu kamu bisa siapkan tape ketan hijau kemudian ambil dan taruhlah di gelas, tak lupa berikan susu kental manis di dalamnya (untuk takarannya kamu bisa mencampurkannya sesuai selera).

3. Kemudia kamu bisa tuangkan rebusan air jahe yang sudah kamu rebus tadi, lalu aduk sampai semua bahan tercampur hingga rata. Setelah itu wedang cor siap disajikan.

Usahkan kamu meminum wedang ini selagi masih hangat. Tujuannya supaya manfaatnya sebagai minuman penghangat bisa berguna untuk kamu.

Tetapi jika kamu sedang ingin sekali menikmatinya tanpa harus bersusah-susah membuatnya. Kamu bisa cari toko atau warung yang menjual wedang cor. Tetapi biasanya di daerah luar Jember, wedang ini sangat langka. Apalagi jika tempatnya sudah sangat jauh dari kota Jember.

Jadi jika kamu sedang berkunjung ke Jember, kamu wajib menikmati wedang cor ini. Apalagi jika saat itu udaranya sedang sangat dingin karena hujan lebat atau memang faktor cuaca. Kamu perlu merasakan kehangatan dari wedang cor.

Namun, apabila kamu belum sempat untuk berkunjung ke Jember, kamu bisa membuatnya sendiri sesuai dengan resep dan cara pembuatan di atas. Selamat mencoba!