5 Minuman Sehat Pengganti Kopi, Dijamin Bikin Segar dan Auto Melek!

Rabu, 1 Maret 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Minuman Sehat Pengganti Kopi, Dijamin Bikin Segar Dan Auto Melek!

Ilustrasi kerja. (Special)

Ladiestory.id - Kopi merupakan salah satu minuman andalan yang efektif untuk menghilangkan kantuk. Kopi mengandung kafein yang dapat membuat kamu tetap terjaga. Namun ternyata, jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh.

Efek samping tersebut di antaranya seperti detak jantung yang meningkat, keringat dingin, jam tidur terganggu, tremor, dan asam lambung meningkat. 

Oleh karena itu, kamu perlu membatasi konsumsi kopi. Selain kopi, sebenarnya ada beberapa minuman sehat yang dapat menghilangkan kantuk. Bahkan ,selain menghilangkan kantuk, minuman sehat ini juga dapat memberi energi yang baik bagi tubuh. Nah, Ladiestory.id telah merangkum lima pilihan minuman sehat pengganti kopi. 

Teh Hijau

Ilustrasi Green Tea dan Matcha. (Special)

Pilihan minuman sehat pertama yang bisa kamu jadikan sebagai pengganti kopi adalah teh hijau. Meskipun mengandung kafein, namun kandungan kafeinnya lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi. Sehingga, kamu akan menjadi lebih segar, bebas kantuk, dan tidak membuat asam lambung naik. 

Selain itu, teh hijau juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Teh hijau dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Terdapat juga kandungan zat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Air Lemon

Air Lemon. (Special)

Minuman yang menyegarkan juga dapat membantu menghilangkan kantuk. Salah satunya yang bisa kamu konsumsi adalah air lemon. Rasanya yang sedikit asam dan segar akan membuat kamu kembali bersemangat menjalani aktivitas dan bikin kamu melek.

Tak hanya menghilangkan kantuk, air lemon juga bermanfaat untuk menjaga berat badan dan meningkatkan daya tahan tubuh, lho. Hal ini berkat adanya kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam air lemon. 

Jahe

Ilustrasi minuman teh jahe. (Special)

Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sangat bermanfaat. Selain dijadikan bumbu dalam masakan, jahe juga kerap diolah menjadi minuman. Minuman jahe dapat memberikan efek menenangkan dan menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. 

Mengonsumsi segelas jahe hangat di pagi hari dapat membantu mengusir kantuk. Selain itu, kamu juga akan merasakan manfaat yang lain seperti menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mampu meningkatkan mood yang baik di pagi hari.

Dark Chocolate

Ilustrasi cokelat panas. (Special)

Minuman selanjutnya yang bisa kamu jadikan pilihan pengganti kopi adalah dark chocolate. Dalam minuman ini terdapat kandungan endorphin yang dapat membantu merangsang otak untuk tetap fokus dan bekerja.

Dark chocolate dapat membantu meningkatkan mood, sehingga kamu akan merasa senang dan bahagia. Minum segelas dark chocolate hangat di pagi hari, akan membuat kamu tetap terjaga dan semangat menjalani aktivitas. 

Jus Apel

Ilustrasi jus apel. (Special)

Jus apel juga bisa jadi salah satu alternatif minuman pengganti kopi. Jus apel dinilai lebih sehat jika dibandingkan kopi, karena dalam minuman ini tidak mengandung kafein. Namun, dalam jus apel terdapat kandungan gula yang sama dengan satu sendok gula dalam kopi.

Adanya kandungan gula tersebut dapat membantu menstimulasi kerja sistem saraf, sehingga kamu akan merasa lebih segar dan menjadi fokus. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan manfaat apel bagi kesehatan seperti menjaga kesehatan saluran cerna, menjaga berat badan agar tetap ideal dan juga mencegah bau mulut. 

Ladies, itulah beberapa minuman sehat yang bisa kamu jadikan alternatif pengganti kopi. Sebenarnya mengonsumsi kopi untuk menghilangkan kantuk aman untuk dilakukan, namun tentunya jika masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

Tetapi tidak ada salahnya kamu mencoba alternatif minuman sehat untuk menggantikan kopi. Selain bikin melek, kamu juga akan mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.